Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimis

Apakah kamu sering bersikap pesimis saat berjuang?

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang pasti ingin hidupnya bisa dipenuhi dengan berbagai macam keberhasilan. Namun untuk mencapai titik itu, seseorang perlu memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh karena akan ada banyak hambatan yang menghadang.

Salah satu hambatan yang dimaksud adalah munculnya sikap pesimis karena gak yakin terhadap diri sendiri. Hal itu tentunya akan menghambat proses tercapainya kesuksesanmu sehingga harus disudahi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar sikap pesimistis tersebut bisa hilang. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Cobalah untuk sering melakukan refleksi pencapaian

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimispexels.com/evelina zhu

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan kebiasaan pesimis adalah dengan sering melakukan refleksi terhadap setiap pencapaian. Hal itu akan membuatmu menjadi lebih berkualitas karena tahu terkait apa saja yang perlu diperbaiki. Selain itu, merefleksi pencapaian akan membuat perjuanganmu menjadi lebih mudah.

Kamu pasti akan tahu terkait di mana letak kelebihan dan kekuranganmu. Dengan adanya hal tersebut, sikap pesimis pasti lambat laun akan luntur karena kamu sudah paham terkait kemampuan yang ada di dalam diri. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk merefleksi setiap pencapaian.

2. Jangan terlalu mengharapkan sesuatu di luar kemampuanmu

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimispexels.com/andrea piacquadio

Ingatlah bahwa segala sesuatu pasti ada batasannya masing-masing. Begitupula kemampuan seseorang, terkadang kamu harus paham terkait batasan yang ada di dalam dirimu. Kamu tidak bisa mengharapkan sesuatu di luar kemampuan karena hal tersebut merupakan kemustahilan.

Cobalah untuk lebih bersikap realistis agar kekecewaan yang mungkin timbul di depan dapat terminimalisir. Semakin bersikap realistis, maka persentase suksesmu akan tinggi karena tidak ada pencapaian yang berdasarkan keberuntungan sebab kamu sudah menguasainya.

3. Cobalah untuk mencari teman-teman yang memberikan aura positif

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimispexels.com/nappy

Saat sikap pesimis muncul, cobalah untuk mencari circle pertemanan yang memberikan aura positif. Hal itu akan membuatmu menjadi lebih berharga karena ada yang mendengarkan keluh kesahmu. Selain itu, orang-orang tersebut pasti akan mendorongmu untuk lebih optimis dalam menjalani hidup.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk bersikap selektif dalam mencari teman. Jangan sampai kamu terjebak di lingkungan toxic karena hal tersebut akan menghanyutkanmu ke lubang keburukan. Apakah sekarang kamu sudah berada di lingkungan sosial yang positif?

Baca Juga: 5 Cara Berpikir yang Bikin Kamu Gampang Pesimis, Jauhi!

4. Berhenti dari kebiasaan sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimispexels.com/min an

Terkadang rasa pesimis itu bisa muncul ketika kamu terlalu sering mebandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap orang itu memiliki jalan suksesnya masing-masing. Membandingkan pencapaian adalah hal yang hanya membuang-buang waktu.

Daripada melakukan hal yang tidak berguna tersebut alangkah lebih baik jika kamu belajar untuk meningkatkan kualitas diri. Ingatlah bahwa kamu diharuskan untuk terus melakukan upgrade diri agar kesuksesan yang ada di dalam angan dapat terealisasi dengan mudah.

5. Senantiasa mengingat bahwa hukum timbal balik pasti berlaku

Lakukan 5 Hal Ini jika Kamu Masih Sering Bersikap Pesimispexels.com/Daria Shevtsova

Semua orang pasti percaya bahwa hukum timbal balik pasti berlaku. Ketika melakukan hal yang positif, maka hasil yang didapatkan suatu saat nanti pasti akan baik pula. Saat memperjuangkan sesuatu, cobalah untuk melakukan hal-hal yang dapat menunjang keberhasilanmu.

Ingatlah bahwa tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha. Ketika kamu sudah berusaha secara maksimal, jangan takut gagal karena kesuksesan pasti akan menyertaimu. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk lebih serius dalam berjuang.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan jika kamu masih sering bersikap pesismis dalam berjuang. Jangan takut akan hasil buruk karena segala sesuatu yang terjadi itu pasti ada hikmahnya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menangani Tipe Pasangan yang Mudah Insecure dan Pesimis 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya