Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyaman

Apakah kamu sudah bisa menjadi pendengar yang baik?

Setiap orang memang dituntut untuk bisa menjadi pendengar yang baik. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kamu harus bisa membangun rasa empati dari dalam diri. Hal tersebut akan sangat berguna ketika sedang mengobrol, orang lain akan nyaman berada di dekatmu.

Kenyamanan dalam sebuah obrolan merupakan sebuah hal yang sangat vital. Jika kamu ingin disegani banyak orang, coba deh untuk melakukan lima hal berikut ini saat sedang mengobrol. Berani coba?

1. Cobalah untuk menatap matanya ketika obrolan sedang berlangsung

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyamanpexels.com/Armin Rimoldi

Menatap mata lawan bicara adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Orang lain pasti akan merasa sangat diperhatikan jika kamu menatap matanya saat dia sedang melontarkan semua isi hatinya. Hal tersebut akan membuat dia merasa nyaman.

Namun kebanyakan orang susah untuk melakukan hal seperti itu karena cenderung merasa canggung. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri untuk melakukannya demi hubungan sosial yang berjalan dengan baik.

2. Jangan pernah memotong pembicaraan saat dia sedang berbicara

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyamanpexels.com/gustavo fring

Kamu pasti membenci orang yang suka memotong pembicaraan 'kan? Maka dari itu cobalah untuk tidak melakukan hal tersebut agar orang lain tidak tersakiti karena tingkahmu. Coba dengarkan dia baik-baik dan jangan menyela jika tidak diminta.

Lagipula apa susahnya sih diam dan mendengarkan orang lain yang sedang berbicara? Dengan melakukan hal tersebut, orang lain pasti akan merasa nyaman ngobrol denganmu.

3. Jika dia curhat, tunjukkan rasa empatimu dengan tidak "mengadu nasib"

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyamanpexels.com/kampus production

Ketika ada teman yang sedang curhat, kamu pantang melakukan "adu nasib". Istilah tersebut memiliki artian ketika kamu malah menjelaskan semua kesulitan dalam hidup yang melebihi bebannya. Kamu merasa bahwa beban dia tidak cukup berat dibanding punyamu.

Berhenti berpikiran seperti itu karena orang lain pasti akan merasa kurang nyaman. Dia datang kepadamu hanya membutuhkan telinga untuk mengeluh, bukan bualanmu terkait bebanmu itu. Stop melakukan hal itu mulai dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Topik Asyik Guna Mencairkan Suasana saat Kamu Ngobrol dengan Gebetan

4. Cobalah untuk memberi saran terbaik jika dia memintanya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyamanpexels.com/Samson Katt

Ketika sedang berecerita, pasti dia akan memintamu untuk memberikan saran. Cobalah untuk menganalisis permasalahannya terlebih dahulu agar kamu bisa memberikan saran terbaik. Dengan melakukan hal tersebut, dia pasti akan sangat menghargai nasihat yang kamu berikan kepadanya. Dia juga pasti akan merasa nyaman jika berada di dekatmu untuk mengobrol.

5. Lakukan komunikasi dua arah dengan menanyakan hal-hal yang diucapkannya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Mengobrol Agar Orang Lain Merasa Nyamanpexels.com/gabby k

Melakukan komunikasi dua arah dalam sebuah obrolan adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Kamu hanya perlu mendengarkannya serta merespon dengan pertanyaan-pertanyaan kecil yang berkaitan dengan permasalahannya.

Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan paham terkait apa yang dirasakannya. Obrolanmu pasti akan nyambung sehingga kalian berdua bisa jadi teman curhat yang baik.

Itulah guys kelima hal yang bisa dilakukan agar orang lain bisa merasakan kenyamanan saat berada di dekatmu saat sedang mengobrol. Jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi pendengar yang baik, ya!

Baca Juga: Gak Konsen, 12 Kesalahan saat Ngobrol Ini Bikin Malu!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya