Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacau

Apakah kamu sedang mengalami masa-masa sulit?

Ketika banyak beban yang harus dipikul, pasti pikiranmu akan menjadi kalut. Hal tersebut biasanya kadang akan membuatmu menjadi mudah marah, kecewa, maupun bersedih. Dengan adanya hal itu, mau tidak mau kamu harus bisa memanajemen pikiran buruk dengan baik.

Apakah kamu sudah menemukan metode yang tepat untuk menghilangkan pikiran kacau? Sebenarnya ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan agar kamu mudah meredakan pikiran kalut. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan berikut ini.

1. Cobalah untuk menyendiri dan menjauh dari keramaian

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacauunsplash.com/@cferdo

Meyendiri merupakan sebuah hal yang dapat membuat hatimu menjadi tenang. Menjauh dari keramaian akan membuatmu bisa menjadi dirimu sendiri tanpa gangguan orang lain.

Hal tersebut akan sangat berguna ketika pikiranmu sedang kacau. Kamu pasti membutuhkan waktu untuk meratapi semuanya agar perasaan mengganjal bisa hilang.

2. Kurangilah berselancar di media sosial

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacauunsplash.com/tim mossholder

Media sosial dapat menjadi lumbung racun jika kamu bermain terlalu lama. Begitupula ketika pikiranmu sedang kalut, jangan sering berselancar di sana karena hanya akan memperkeruh suasana. Banyak konten-konten toxic yang akan membuatmu malah menjadi down.

Alangkah lebih baik jika kamu mencoba untuk mengistirahatkan diri daripada berselancar di media sosial. Matikan data internetmu dan mulailah bermeditasi demi ketenangan batin.

Baca Juga: Supaya Hidupmu Lega, 5 Beban Pikiran Ini Baiknya Kamu Lupakan Saja

3. Cobalah untuk menunda pekerjaanmu dalam beberapa saat

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacaufreepik.com/tirachardz

Ketika pikiran sedang kalut, cobalah untuk menanggalkan semua pekerjaan selama beberapa saat. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah waktu tidur ataupun beristirahat.

Lagipula, pekerjaan yang menumpuk akan membuat pikiranmu menjadi kalut, bukan? Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk beristirahat sejenak dari berbagai macam hal yang berbagai dengan pekerjaan demi kebaikan batin.

4. Cobalah untuk melakukan introspeksi diri

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacauunsplash.com/septian simon

Ketika pikiranmu sedang kacau, cobalah untuk memikirkan hal-hal yang dapat memantik masalah tersebut. Hal itu akan mudah didapat jika kamu mau melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk merefleksi setiap kejadian yang telah kamu lakukan. Hal tersebut semata-mata untuk membantumu dalam menemukan solusi terbaik.

5. Jika masih belum bisa mereda, pergilah ke psikolog

Lakukan 5 Hal Ini untuk Meredakan Pikiran yang Sedang Kacauunsplash.com/wocintechchat

Jika keempat hal di atas tidak menemui titik terang, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengunjungi psikolog. Merekalah yang akan membuatmu tetap bisa hidup meskipun disertai dengan cobaan-cobaan memberatkan.

Sisihkanlah sedikit uangmu untuk menyewa jasa psikolog demi kebaikan dirimu. Dengan melakukan hal semacam itu, percayalah bahwa kamu akan waras.

 

Menghilangkan pikiran kacau merupakan sebuah hal yang sangat melelahkan. Namun hal tersebut mau tidak mau wajib dilakukan demi ketenangan batinmu.

Baca Juga: 5 Tips Meredakan Stres secara Natural, Gak Perlu Uang Berjuta-juta!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya