Comscore Tracker

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginya

Yuk saatnya berhenti jadi kaum rebahan!

Rasa malas yang muncul dalam diri seseorang sangat menghambat produktivitas bekerja. Pasalnya, jika seseorang bekerja dengan rasa malas tentu saja hal itu tidak akan bisa maksimal. Melawan rasa malas memang sangatlah sulit kalau sudah terlanjur memiliki kebiasaan rebahan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk melawan rasa malas tersebut. Tulisan ini hadir sebagai pendorong agar seseorang bisa beranjak dari kebiasaan rebahan dan mulai produktif dalam bekerja. Tak perlu khawatir jika rasa malas sering muncul karena hal itu masih manusiawi. Namun yang paling penting yaitu bagaimana cara menyingkirkan rasa malas dalam diri. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Mandi pagi

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginyapexels.com/Andrea Piacquadio

Mandi pagi sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan aktivitas otak. Biasanya udara dingin di pagi hari membuat seseorang enggan untuk bangun dari tempat tidurnya dan memilih untuk bermalas-malasan. Ketahuilah, hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas bekerja seharian bisa saja rasa malas yang ada di pagi hari terbawa hingga siang.

Maka dari itu lakukan mandi pagi saat bangun tidur agar otak segar kembali dan badan juga sehat. Manfaat mandi pagi sangat banyak yaitu melawan penyakit, meredakan gejala depresi, meningkatkan sirkulasi darah, dan meringankan nyeri otot. Yuk mulailah dengan mandi pagi agar terhindar dari malas sekaligus menambah kesehatan otak dan badan.

2. Olahraga atau meditasi

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginyapexels.com/Pixabay

Aktivitas olahraga sangat membantu seseorang untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga memiliki manfaat sebagai pengurang stres yang efektif karena memompa endorfin ke seluruh tubuh. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan mood dan sebagai meditatif.

Bayangkan saja ketika seseorang melakukan aktivitas sehari-hari dengan rasa badmood. Pastinya akan malas dan bosan untuk melanjutkan aktivitasnya. Maka dari itu, untuk menghilangkan hal tersebut langkah preventifnya yaitu dengan melakukan olahraga di pagi atau sore hari agar terjaga daya tahan tubuh dan membantu dalam meningkatkan energi.

Baca Juga: Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan 

3. Kurangi tidur berlebihan

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginyapexels.com/Ivan Oboleninov

Kebanyakan tidur sering membuat kepala pening dan malas yang berlebihan. Kebiasaan banyak tidur membuat seseorang sangat nyaman rebahan di kasur. Umumnya waktu ideal tidur berkisar antara 7-9 jam (dewasa), sedangkan 7-8 jam (lanjut usia).

Tidur berlebihan sangat berisiko terhadap gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, gangguan mental, obesitas, diabetes. Apalagi jika memiliki kebiasaan tidur di pagi hari atau sehabis waktu salat subuh. Hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi aktivitas seseorang dalam bekerja. Kebiasaan tidur berlebihan ini sangat berpengaruh terhadap rasa malas. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal tersebut kurangi tidur berlebihan dan perbanyak aktivitas bermanfaat.

4. Jangan makan berlebihan

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginyapexels.com/nathan cowley

Tidak salah jika sesuatu yang berlebihan sangat dihindari karena hal itu ternyata memiliki dampak buruk terhadap seseorang. Hal tersebut juga berlaku ketika seseorang akan menyantap makanan. Jika terlalu berlebihan dalam makan akan mengakibatkan efek negatif terhadap tubuh seseorang, seperti gangguan penyakit, peningkatan berat badan, dan gangguan kesehatan mental.

Makan terlalu berlebihan akan menimbulkan rasa lelah dalam diri sehingga sangat malas untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu, hindari hal tersebut agar bisa menjaga kesehatan badan dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. 

5. Nikmati pemandangan alam

Susah Melawan Rasa Malas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Memeranginyaunsplash.com/NeONBRAND

Menikmati pemandangan alam dan udara segar sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan jika seseorang terlalu lama dalam sebuah ruangan akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Malas juga timbul karena rasa bosan dalam diri muncul seketika. 

Ketika sudah mulai merasakan hal tersebut cobalah dengan keluar untuk sekadar menikmati pemandangan rumput-rumput dan udara sejuk. Kegiatan menikmati alam dengan melihat tanaman bisa mengembalikan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih jernih. 

Yuk, mulailah dengan lima kebiasaan tersebut agar terhindar dari rasa malas yang berlebihan. Ketahuilah rasa malas yang berlebihan juga sangat menentukan bagaimana seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Tetaplah lakukan kebiasaan yang menurutmu cocok untuk mendukung produktivitas bekerja.

Baca Juga: Kenapa Orang Malas Bisa Lebih Sukses dalam Berkarier? Ini 5 Alasannya!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya