Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diri

Yuk, sudah saatnya untuk berhenti insecure!

Minder merupakan salah satu emosi pada seseorang yang merasa bahwa dirinya belum bisa mampu menjadi terbaik seperti pengakuan orang lain. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan orang lain dalam hidupnya seperti keinginan untuk disukai. 

Tapi hal tersebut bisa menjadi masalah ketika seseorang benar-benar menaruh pengakuan orang lain atas dirinya sendiri. Hal tersebut membuat seseorang tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya supaya bisa dipuji oleh orang lain.

Maka dari itu cobalah kelima cara berikut ini untuk menghilangkan rasa minder atas kemampuan diri supaya kamu bisa menjadi versi terbaik sesuai dirimu.

1. Pahami bahwa dirimu cukup berharga

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diripexels.com/andrea piacquadio

Pengakuan yang paling penting yaitu berasal dari diri sendiri. Ketika merasa bahwa dirimu sudah cukup berharga, pastinya kamu tidak akan memerlukan pengakuan dari orang lain yang justru bisa menjatuhkanmu. Jadikan pengakuan dari orang lain sebagai bonus dan cara untuk memperbaiki diri supaya lebih baik.

Jangan menelan mentah-mentah pengakuan dari orang lain tetapi kamu harus bisa memilah mana yang lebih baik dan buruk. Hal itu dikarenakan jika kamu keseringan mengikuti kata orang nantinya bisa membuat rasa minder tersebut tidak kunjung hilang.

2. Melihat diri sendiri secara akurat

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diripexels.com/andrea piacquadio

Cara ini biasa dikenal dengan self awareness yaitu kemampuan seseorang dalam menerima diri apa adanya. Hal tersebut membantu seseorang supaya bisa menerima kekurangan dan kelebihan atas kemampuan dalam dirinya.

Ketika merasa kemampuan diri masih kurang, maka kamu akan mencoba untuk memperbaikinya. Sebaliknya jika merasa kemampuan diri sudah lebih baik maka kamu akan mempertahankannya. Sehingga dari self awareness tersebut kamu bisa memiliki konsep hidup yang kuat dan tidak mudah termakan oleh stimulus dari orang lain.

3. Berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diripexels.com/huy ProShoot

Rasa minder muncul biasanya karena terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. Akibatnya kamu akan merasa kurang dan tidak percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. Ketidakpercayaan diri tersebut bisa membawa ketakutan yang besar sehingga menghambat kamu untuk berkembang menjadi lebih baik.

Maka dari itu hilangkan rasa minder dengan berhenti untuk membandingkan kemampuan diri. Terlalu memandang kekurangan diri juga tidak baik, maka yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengasah kemampuan supaya bisa berkembang.

Ingatlah jangan terlalu fokus terhadap kekurangan tetapi kamu harus bisa melihat kelebihanmu dan memperbaiki kelemahanmu.

Baca Juga: 5 Hal Baik bagi Kita jika Gak Minder Melihat Teman yang Sukses Duluan

4. Lakukan kegiatan pengembangan diri

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diripexels.com/Quang Anh Ha Nguyen

Ketika kamu merasa insecure pastinya ada suatu kekurangan yang perlu diperbaiki. Maka dari itu kamu harus aktif mengikuti kegiatan yang menunjang kemampuanmu tersebut. Jangan hanya meratapi kekurangan yang lama-kelamaan akan membuatmu semakin tidak percaya diri.

Dengan melakukan kegiatan tersebut tentunya kamu akan semakin tahu kekurangan dan kelebihanmu. Sehingga kamu lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan diri menjadi lebih oke yang secara tidak langsung membuatmu semakin percaya diri.

5. Tentukan goals besar dan kecilmu

Lakukan 5 Cara untuk Mengatasi Rasa Minder Kemampuan Diripexels.com/Breakingpic

Minder biasanya disebabkan ketika kamu merasa tidak cukup baik dalam melakukan sesuatu. Membuat goals besar dan kecil ini sangat penting ketika kamu akan melakukan sesuatu yang dituju. Hal itu dikarenakan bisa membantumu dalam menentukan target kedepannya.

Alasan adanya goals besar dan kecil ini sebagai tanda bahwa dalam kurun waktu tertentu kamu sudah melakukan suatu pencapaian yang lebih baik. Ketika goals besarmu belum tercapai, kamu sudah pernah melakukan pencapaian dari tujuan kecilmu tersebut. Sehingga ketika gagal kamu tidak fokus pada kekurangan tetapi progres dari pencapaian.

Jadi jika kamu ingin meningkatkan kemampuan diri mulai sekarang berhenti terus-terusan merasa minder. Yuk, coba lakukan kelima cara tersebut agar kamu lebih memahami kelemahan dan kekurangan diri sehingga menjadikanmu semakin berkualitas.

Baca Juga: Tanamkan 5 Pola Pikir Positif Ini saat Minder sama Pencapaian Orang

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya