Comscore Tracker

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lain

Apakah kamu masih sering melakukannya?

Sebagai makhluk sosial, manusia memang ditakdirkan untuk saling membantu satu sama lain. Namun, hal itu bukan berarti kamu harus menggantungkan hidupmu sepenuhnya kepada orang lain. Sebab itu tentunya akan membahayakan hidupmu.

Terlebih, kamu terkadang akan kehilangan seseorang yang dipercaya sehingga itu mewajibkanmu untuk berjuang sendiri. Berikut beberapa dampak negatif yang bakal didapat, jika kamu menggantungkan hidupmu ke orang lain.

1. Jika tidak ada dia, kamu akan sulit menghadapi realita hidup

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lainilustrasi stres (pexels.com/Alex Green)

Jika orang tersebut tiba-tiba pergi, maka kamu gak akan bisa apa-apa. Hal itu terjadi karena kamu sudah sepenuhnya bergantung kepadanya. Hidupmu tidak akan berjalan seperti biasa sebab kamu cenderung stuck menghadapi permasalahan saat ini.

Sebelum momen semacam itu terjadi, mulai sekarang cobalah untuk berhenti menggantungkan hidup ke orang lain. Percayalah, bahwa semua yang kamu ekspektasikan ke orang tersebut suatu saat pasti bakal sirna begitu saja.

2. Kamu tidak akan mengerti bagaimana potensi dirimu

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lainilustrasi kecewa (pexels.com/RODNAE Productions)

Percayalah, kalau kamu tidak akan mengetahui bagaimana potensi dirimu jika terlalu menggantungkan hidup ke orang lain. Hal seperti ini terjadi sebab kamu sama sekali tidak menggali apa yang sejatinya bisa digunakan lewat dirimu sendiri.

Padahal, hal semacam itu sejatinya wajib dilakukan sebab suatu saat kamu diharuskan untuk hidup sendiri. Jika tidak mengerti potensi diri, lantas bagaimana caramu untuk bertahan hidup? Intinya, berusahalah untuk tetap percaya kepada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Menggantungkan Kebahagiaan ke Pasangan, Gak Sehat

3. Kamu tidak akan punya pendirian yang tangguh

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lainilustrasi bekerja (pexels.com/Anete Lusina)

Seseorang yang suka menggantungkan hidup ke orang lain cenderung tidak punya pendirian yang tangguh. Hal seperti ini terjadi, karena segala macam keputusan yang harus diambil itu cenderung atas dasar orang lain. Kamu tidak percaya dengan diri sendiri.

Ingatlah, bahwa sejatinya sebuah keputusan yang memberikan pengaruh besar terhadap hidupmu itu harus kamu ambil sendiri. Jangan pernah libatkan orang lain sebab kamu sendirilah yang mengetahui bagaimana baik ataupun buruknya versimu.

4. Kamu akan gampang dibodohi oleh orang lain

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lainilustrasi mengobrol (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Orang-orang pasti akan mudah membodohimu jika kamu cenderung menggantungkan hidup kepadanya. Mereka sudah memegang kendali penuh terhadap hidupmu, karena kamu telah percaya seratus persen kepadanya.

Jika orang tersebut ingin berniat jahat kepadamu, ia bakal dengan senang hati melakukannya. Bukankah hal itu malah akan merugikanmu? Maka dari itu, mulai sekarang berhenti melakukan hal tersebut demi kebaikan diri sendiri.

5. Kamu tidak akan mengetahui bagaimana definsi perjuangan hidup sebenarnya

5 Dampak Negatif jika Terlalu Menggantungkan Diri Kepada Orang Lainilustrasi merenung (pexels.com/Keira Burton)

Setiap orang memang wajib mengetahui bagaimana kerasnya kehidupan. Entah itu mereka yang terlahir kaya ataupun miskin, suatu saat mereka pasti akan sadar bagaimana ditampar oleh realita. Jika menggantungkan hidup dengan orang lain, kamu gak akan pernah merasakannya.

Kamu cenderung menginginkan segala sesuatu dengan instan sehingga sebuah perjuangan tidak akan dilakukan. Itu nantinya bakal berpengaruh buruk bagi pola pikirmu untuk ke depannya. Coba perbaiki mulai dari sekarang demi kebaikanmu.

Setelah membaca kelima dampak negatif di atas, apakah kamu ingin tetap menggantungkan diri ke orang lain? Percayakan sepenuhnya kepada diri sendiri sebab itu bakal memberikan sesuatu yang lebih baik.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Bahaya Jika Menggantungkan Hidup Sepenuhnya pada Pasangan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya