Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara Berlebihan

Apakah kamu sering mengharapkan sesuatu secara berlebihan?

Tidak bisa dimungkiri bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada takarannya. Apalagi dalam mengharapkan suatu hal, kamu gak boleh melakukan hal tersebut secara berlebihan. Hal itu dilakukan agar kamu bisa menghindari banyak dampak negatif.

Apakah kamu masih sering mengharapkan sesuatu secara berlebihan? Jika iya, cepat-cepat berhenti saja, deh! Coba simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa berpikir ulang jika ingin mengharapkan sesuatu secara berlebihan.

1. Kamu akan susah bangkit dari kekecewaan jika hal itu gagal didapatkan

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara Berlebihanpexels.com/karolina grabowska

Ketika mengharapkan sesuatu secara berlebihan, yang ada di dalam pikiranmu hanyalah sebuah keberhasilan. Padahal hidup itu tidak semudah apa yang kamu bayangkan. Saat harapan tersebut gagal tercapai, kamu pasti akan menderita kekecewaan yang cukup mendalam.

Rasa kecewa tersebut akan membuatmu malas bangkit dari keterpurukan. Dengan adanya hal itu, kamu pasti merasa bahwa hidupmu sudah tidak berguna lagi. Agar terhindar dari pikiran semacam itu, coba buang kebiasaan mengharapkan secara berlebihan mulai dari sekarang.

2. Kamu akan terbiasa mengharapkan hal yang kelihatannya mustahil

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara BerlebihanPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang pasti memiliki batasan kemampuan sendiri-sendiri. Mengharapkan sesuatu secara berlebihan akan membuatmu terbiasa bersikap tidak realistis. Kamu akan menginginkan hal-hal yang kelihatannya mustahil sehingga keberhasilan sangat susah didapatkan. Coba berpikir secara realistis mulai dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Mengharapkan Keburukan Datang dalam Hidupmu, Kok Bisa Ya?

3. Kamu akan menjadi orang yang keras kepala

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara Berlebihanpexels.com/andrea piacquadio

Jika kebiasaan tersebut sudah tertanam di hati, percayalah bahwa kamu akan menjadi orang yang keras kepala. Kamu gak akan mau mendengarkan kritikan atau saran dari orang lain. Hal tersebut tentunya akan membuatmu menjadi tersesat sehingga tidak tahu terkait benar atau salah.

Ingatalah bahwa terkadang kamu perlu mendengarkan perkataan orang lain. Hal itu dilakukan karena setiap pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan menjadi orang yang keras kepala jika keberhasilan ingin kamu dapatkan.

4. Kamu akan susah menerima kenyataan

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara Berlebihanpexels.com/darwis alwan

Saat harapan terus menggebu-gebu, kamu akan buta akan kegagalan yang mungkin saja didapat. Kamu hanya akan fokus terhadap keberhasilan, sama seperti yang ada di dalam otakmu. Ketika kegagalan pun diderita, kamu pasti akan susah menerima kenyataan.

Hal itu karena kamu terlalu berlebihan dalam menaruh harapan terhadap sesuatu yang bum tentu menjadi takdirmu. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk bersikap biasa-biasa saja dalam mengharapkan apa pun hal.

5. Kamu akan mudah overthinking dalam menjalani hidup

5 Hal yang Akan Terjadi jika Mengharapkan Sesuatu Secara Berlebihanpexels.com/min an

Harapan yang terlalu tinggi akan membuatmu mudah overthinking dalam menjalani hari-hari. Di dalam pikiranmu hanya terkait keinginan yang menggebu-gebu untuk meraih sebuah keberhasilan. Dengan adanya hal tersebut, hidupmu pasti tidak akan tenang.

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu menikmati hidup lho, guys! Jangan terlalu berlebihan dalam mengharapkan sesuatu jika ingin ketenangan hidup bisa kamu dapatkan. Kamu pasti ingin merasakan hidup tenteram, bukan?

Mengharapkan sesuatu sih boleh-boleh saja, namun jangan pernah melakukan hal itu secara berlebihan, ya! Biasakan diri untuk senantiasa bersikap realistis dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Terlalu Mengharapkan Orang Lain Membahagiakanmu

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya