Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudah

Meskipun susah, bersikap ikhlas adalah sebuah keharusan

Kebahagiaan itu bisa ditinjau dari banyak aspek yaitu mendapatkan cinta sejati, tercapainya cita-cita, bahkan memiliki hidup tenteram bisa termasuk sumber dari kebahagiaan dalam hidup. Namun kamu harus siap-siap untuk merasakan kegagalan jika ingin bahagia. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk memiliki jiwa yang ikhlas jika ingin melewatinya.

Tapi memang mengikhlaskan segala sesuatu yang diimpikan namun gagal bukanlah perkara mudah. Hal itu harus tetap dilakukan agar kamu bisa merasakan kebahagiaan yang sebenarnya. Jika dirimu masih bingung mengapa ikhlas cukup sulit untuk dilakukan, cobalah untuk menyimak penjelasan berikut ini dengan teliti.

1. Kamu perlu memiliki jiwa yang besar untuk melakukannya

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudahpexels.com/karabo lengwadi

Aspek ini merupakan yang paling dasar di antara lainnya. Semua orang pasti setuju bahwa memiliki hati yang selalu ikhlas itu membutuhkan jiwa besar. Merasakan kegagalan adalah hal yang paling menyakitkan dan dapat membuat rasa kekecewaan yang begitu mendalam dalam hidupmu.

Namun hal itu harus kamu lewati agar kamu bisa merasakan bagaimana makna kehidupan yang sebenarnya. Ingatlah bahwa kehidupan bukanlah perkara memperjuangkan kebahagiaan, melainkan bagaimana kamu konsisten menjalankan proses menuju kebahagiaan itu sendiri.

2. Melupakan adalah hal yang paling sulit dilakukan dalam hidup

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudahpexels.com/rene asmussen

Perihal asmara, ditinggalkan seseorang yang sangat kita cintai merupakan hal sulit. Memori-memori indah yang tercipta di dalamnya membuat seseorang sangat sulit melupakannya. Apalagi sebuah hubungan yang sudah berjalan cukup lama, kamu memerlukan tenaga ekstra untuk melupakannya.

Bayangkan saja ketika seseorang yang selalu menemani kehidupan sehari-hari, tetapi memutuskan untuk pergi. Hal itu akan susah dilupakan tetapi kamu harus berusaha untuk mengikhlaskannya. Biarkanlah waktu yang membiasakanmu untuk terbiasa hidup tanpa dia dan menghapus segala kenangan yang tercipta.

Baca Juga: 5 Film Patah Hati yang Membuatmu Belajar Ikhlas dan Move On

3. Ingatlah bahwa tidak ada kebahagiaan yang sifatnya instan

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudahpexels.com/bruno salvadori

Untuk mencapai sebuah kebahagiaan, seseorang pasti perlu berkorban agar hal tersebut bisa terealisasi. Kata "ikhlas" dan "berkorban" memang memiliki makna yang cukup sama. Ingatlah sekali lagi bahwa di dunia ini tidak ada kebahagiaan yang sifatnya instan. Kamu harus melewati semua tantangan berat yang ada di depan jika ingin merasakan kebahagiaan abadi.

Namun konsekuensinya adalah kamu harus siap untuk merasakan kegagalan karena hal itu pasti membayang-bayangimu. Oleh karena itu, persiapkanlah sebuah kemampuan yang berhubungan dengan keikhlasan hati. Ingatlah bahwa semua orang pasti memiliki jalan suksesnya masing-masing. Jangan berkecil hati jika saat ini belum berhasil sukses.

4. Proses menuju kedewasaan memang cukup berat ketika dilakukan

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudahpexels.com/marcelo chagas

Seiring berjalannya waktu, umur seseorang pasti akan bertambah. Suatu saat kamu akan merasakan masa-masa tua yang menuntutmu untuk memiliki sikap yang dewasa dalam melihat suatu masalah kehidupan. Namun ingatlah bahwa proses menuju kedewasaan bukanlah perkara yang mudah karena keluar dari zona nyaman itu sulit.

Memang saat ini kamu masih nyaman dengan masa remajamu yang sifatnya lebih fleksibel karena dirimu tak memiliki tanggung jawab lebih. Namun lambat laun kamu harus belajar mengenai esensi untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Selalu ikhlaslah dalam menjalani hidup karena hal itu akan sangat membantumu dalam memudahkan proses menuju kedewasaan.

5. Terkadang, pikiranmu yang selalu merasa insecure membuat hal itu terus terjadi

5 Alasan Logis Mengapa Mengikhlaskan Bukanlah Perkara yang Mudahpexels.com/andrew neel

Memiliki sikap untuk selalu ikhlas memang bukan perkara mudah. Biasanya hal itu terjadi karena pikiranmu yang selalu merasa insecure terhadap suatu kegagalan. Ingatlah bahwa gagal itu merupakan hal biasa dalam perjuangan meraih kesuksesan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai hal tersebut karena roda kehidupan pasti berputar.

Cobalah untuk lebih berpikiran terbuka agar tidak ada perasaan yang kurang nyaman dalam pikiranmu. Sebuah hal buruk bisa saja terjadi oleh karena pikiranmu yang buruk. Oleh karena itu, berpikir positif merupakan sebuah hal yang dapat menunjangmu dalam memunculkan rasa ikhlas dalam diri.

Itulah kelima alasan mengapa mengikhlaskan sesuatu memang bukan perkara yang mudah. Segala hal yang telah berlalu biarkanlah terlewat. Jangan diungkit-ungkit jika kamu ingin bahagia. Semangat ya!

Baca Juga: 7 Fase Berat Menuju Ikhlas, Setelah Putus Cinta di Usia 25-an

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya