Comscore Tracker

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Apakah kamu masih sering iri terhadap kesuksesan orang lain?

Kamu pasti menginginkan untuk bisa sukses selama hidup di dunia ini. Namun kesuksesan tersebut tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan, melainkan dibutuhkan perjuangan keras serta kuat menghadapi hambatan-hambatan yang dapat meruntuhkan semangatmu dalam meraih mimpi.

Salah satu contoh hambatan yang paling berpengaruh dalam menyebabkan dirimu gagal adalah bersikap iri. Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki jalannya masing-masing dan tidak bisa digeneralisir. Oleh karena itu, sikap iri dalam hati haruslah dibuang jauh-jauh agar bisa sukses.

Memang cukup berat jika mengubah suatu hal yang menjadi kebiasaan, dibutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa benar-benar terealisasi. Berikut ini merupakan beberapa cara ampuh yang munngkin bisa menghilangkan sikap iri dalam dirimu.

1. Selalu percaya bahwa roda kehidupan pasti berputar 

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Hean Prinsloo

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Percayalah bahwa roda kehidupan itu pasti berputar. Ada kalanya kamu akan merasakan kesuksesan yang bisa saja melebihi pencapaian orang yang membuatmu iri.

Hal itu banyak dibuktikan oleh pengusaha-pengusaha kaya di dunia yang banyak merasakan kegagalan dalam perjuangannya. Sikap iri hanya akan mematahkan semangat dan bisa menjauhkanmu dari kesuksesan yang seharusnya kamu dapatkan.

2. Lebih berfokus pada proses perjuanganmu 

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Annie Spratt

Aspek terpenting dari sebuah kesuksesan adalah perjuangan yang dibarengi dengan semangat pantang menyerah. Namun banyak orang yang hanya berorientasi pada hasil saja sehingga rasa iri itu bisa timbul. Setiap orang yang berhasil sukses, pasti ada pengorbanan secara masif dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, janganlah memiliki sikap untuk selalu melihat keberhasilan orang lain, lihatlah proses apa yang mereka lalui sehingga bisa menggapai kesuksesan. Percayalah bahwa perjuangan yang baik pasti akan mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga: 6 Cara Salah Mengartikan Kesuksesan, Cuma Bikin Kamu Stres 

3. Senantiasa mensyukuri segala pencapaianmu meskipun belum maksimal 

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Brooke Cagle

Kunci utama untuk menanggulangi sikap iri dalam hati adalah dengan bersyukur. Ingatlah bahwa kamu telah berjuang sampai titik di mana dirimu sudah tumbuh menjadi pribadi yang kuat. Ketika sudah berhasil dalam mempertahankan konsisten saat dirimu berjuang, maka pastilah kesuksesan akan di raih pula. 

Ingatlah bahwa kamu sudah sampai di tengah jalan, ketika kamu memutuskan untuk menyerah maka dirimu harus memulai dari awal lagi. Ketika sikap selalu bersyukur kamu tanamkan dalam hatimu, segala bentuk iri dan dengki terhadap kesuksesan orang lain tidak akan muncuk dalam benakmu.

4. Selalu menanamkan kepercayaan terhadap kekuatan diri sendiri 

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Miguel Bruna

Sebenarnya sikap iti itu berasal dari rasa minder terhadap kemampuan orang lain sehingga mereka bisa meraih kesuksesan. Padahal jika kamu menekuni dalam pengembangan kemampuanmu, kesuksesan itu pasti akan mengikutimu tanpa disuruh.

Kamu harus tanamkan kepercayaan diri bahwa kemampuanmu itu lebih baik dari mereka. Ketika hal tersebut berasil kamu terapkan, tidak dimungkiri pula bahwa semua rasa iri dalam hatimu akan sirna dengan sendirinya.

5. Apresiasi terhadap perjuangan yang telah kamu lakukan 

Jika Rasa Iri Masih Sering Menyelimuti Hati, Coba Lakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Pablo Merchán Montes

Ketika perasaan iri terhadap kesuksean orang lain telah muncul dalam benakmu, pastinya ada dilema berlebihan untuk tetap berjuang atau mencari keburukan orang tersebut. Hal itu pasti terjadi akibat perjuanganmu yang tak kunjung memperoleh hasil.

Dalam mengatasi masalah yang begitu kongkrit tersebut, diperlukan adanya apresiasi terhadap perjuanganmu dalam meraih kesuksesan. Lihatlah betapa kuatnya dirimu dalam menghadapi segala rintangan dan berhasil melewatinya. Kamu patut mengapresiasi segala bentuk pengorbananmu agar rasa iri tidak muncul dalam diri.

Itulah kelima cara ampuh untuk mengatasi sikap iri dalam diri. Hilangkanlah kebiasaan iri dan dengki agar kamu bisa lebih tenang dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 5 Tanda Nasihatmu Bersumber dari Rasa Iri Hati, Kok Bisa Ya?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya