Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaran

Kamu udah tergoda juga belum, nih?

Mendekati hari raya Idul Fitri, banyak orang yang berbondong-bondong untuk berbelanja baju baru. Hal itu dilakukan agar ketika bersilaturahmi pada saat lebaran nanti, kamu bisa tampil lebih percaya diri. Namun, berbelanja baju lebaran bisa dikatakan bakal membuat keuanganmu berantakan.

Terlebih, jika perilaku belanja tersebut tidak bisa dikontrol, maka dompetmu pasti akan cepat kosong. Lantas, bagaimana cara agar uangmu tetap terjaga meskipun godaan untuk membeli baju lebaran sangat tinggi? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Berilah batasan perihal seberapa banyak baju lebaran yang akan kamu beli

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaranilustrasi memilih baju (pexels.com/Burst)

Sebelum belanja baju baru, cobalah untuk merencanakan terkait berapa buah yang bakal kamu beli. Hal semacam ini dilakukan agar kamu tidak terlalu berlebihan dalam membeli baju baru. Itu dilakukan agar pengeluaranmu tidak terlalu berlebihan.

Lagi pula, membeli baju lebaran itu tidak perlu banyak-banyak karena kamu sebelumnya sudah punya banyak pakaian bagus. Dengan begitu, dompetmu tidak akan terkuras dan kamu menjadi gak bingung memilih sebab koleksi baju yang cukup.

2. Jangan ragu untuk mencari barang yang ada diskonnya

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaranilustrasi diskon (pexels.com/Sora Shimazaki)

Biasanya, banyak tempat belanja yang menyediakan berbagai macam diskon untuk memanjakan para pelanggannnya. Kamu wajib memanfaatkan momen semacam itu untuk memangkas budget yang dikeluarkan guna belanja baju lebaran.

Meskipun diskonannya sebatas 20-30 persen, tentunya sangat berharga. Jangan pernah malu untuk memberi barang yang sedang banyak potongannya, karena itu bakal menguntungkan isi dompetmu setelah membeli.

Baca Juga: 5 Kesalahan Jarang Disadari Saat Belanja Baju Lebaran 

3. Gunakanlah e-commerce sebagai media berbelanjamu

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaranilustrasi berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu juga bisa menggunakan e-commerce sebagai tempat membeli baju lebaran. Di sana, pasti akan tersedia banyak diskon maupun cashback yang tentunya malah menguntungkanmu. Terkadang, di sana juga menawarkan barang berkualitas, tapi harganya ramah di saku.

Dengan pertimbangan semacam itu, cobalah untuk menggunakan teknologi dalam membeli baju-baju lebaran. Jika hal itu dilakukan, nantinya kamu bakal mendapatkan bonus-bonus yang bisa saja membuat dompetmu menjadi surplus.

4. Jangan simpan uangmu di dompet digital ataupun kartu ATM

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaranilustrasi kartu debit (pexels.com/Olya Kobruseva)

Jangan pernah menyimpang uang di dompet ataupun buku tabungan saat musim-musim belanja tiba. Menaruh uang di tempat semacam itu akan mendorongmu untuk terus-terusan membeli sesuatu sesuai kenginanmu. Tidak ada rem yang cukup ampuh jika keinginanmu sudah memuncak.

Solusinya, kamu bisa menyimpan uang dan digunakannya sebagai instrumen investasi. Kamu dapat memasukkannya ke dalam reksa dana atuapun semacamnya. Di sana, kamu tidak bisa mengambil uang tersebut dengan mudah karena membutuhkan proses beberapa hari.

5. Sesekali cobalah untuk berbelanja di thrift shop

5 Cara Menjaga Uang Walau Banyak Godaan Belanja Sebelum Lebaranilustrasi thrift shop (pexels.com/cottonbro)

Jika ingin tetap tampil kece namun kantong tidak bolong, kamu bisa mencoba berbelanja di thrift shop. Itu semacam sebuah tempat berbelanja yang menjual barang-barang bekas tetapi berkualitas bagus. Tak sampai di situ, harga di sana juga terbilang sangat murah.

Namun, kamu tetap membutuhkan pengetahuan perihal merk ataupun kemampuan tawar menawar. Hal itu dilakukan agar kamu bisa benar-benar mendapatkan barang yang sangat bagus dengan harga murah.

Tampil oke saat lebaran itu tidak selamanya harus dengan cara menghamburkan uang. Kamu bisa mempraktikkan kelima hal di atas agar dompetmu terus penuh.

Baca Juga: 5 Tipe Orang saat Bahas Soal Baju Lebaran, Kamu Termasuk yang Mana?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya