Comscore Tracker

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok Pintar

Apakah kamu termasuk orang yang 'sok pintar'?

Setiap orang memang dituntut untuk senantiasa belajar agar menjadi pintar. Namun hal tersebut sering dicap malas oleh orang-orang karena cukup membosankan. Dengan adanya hal tersebut, banyak orang yang ingin tetap terlihat pintar namun tidak ada usahanya.

Mereka malah cenderung memanipulasi kepintaran dengan cara bersikap 'sok pintar'. Apakah kamu termasuk seseorang yang melakukan hal buruk semacam itu? Pertanyaan tersebut akan terjawab jika ada beberapa hal ini di dalam dirimu. Simak pembahasan ini baik-baik!

1. Ketika berbicara, kamu selalu memakai bahasa yang sulit dipahami

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok PintarIlustrasi berbincang (pexels.com/anna shvets)

Apakah kamu sering menggunakan bahasa yang sulit dipahami saat sedang berbicara hanya untuk menunjukkan kepintaranmu? Jika iya, dapat dikatakan bahwa kamu termasuk orang yang 'sok pintar'. Hal itu terjadi karena kamu ingin dianggap sebagai orang yang pintar karena menggunakan bahasa tingkat tinggi.

Padahal orang yang benar-benar pintar itu senantiasa menjelaskan sesuatu dengan simpel. Hal itu ditujukan agar lawan bicara bisa mengerti apa yang diucapkannya. Stop melakukan hal itu mulai dari sekarang, yuk!

2. Kamu selalu menolak jika dikritik orang lain

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok PintarIlustrasi bertengkar (pexels.com/liza summer)

Seseorang yang tidak mau terlihat buruk itu di mata orang lain biasanya dicap 'sok pintar'. Salah satu bentuk sikap 'sok  pintar' yang dilakukan adalah dengan menolak jika dikritik. Jangan lakukan hal semacam itu karena tidak ada orang yang sempurna di dunia ini.

Baca Juga: 5 Sikap Sok Pintar yang Justru Bikin Kamu Berhenti Berkembang

3. Kamu tidak bisa menganalisis sesuatu menggunakan perspektif dua sisi

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok PintarIlustrasi berbicara (pexels.com/george milton)

Senantiasa menganalisis sesuatu menggunakan perspektif dua sisi merupakan salah satu ciri orang yang benar-benar pintar. Hal itu karena dia merasa bahwa semua fenomena yang terjadi di dunia itu kebenarannya ditentukan oleh perspektif tertentu.

Seseorang yang 'sok pintar' itu cenderung kolot dan memaksakan pendapatnya. Padahal agar menemukan jawaban terbaik, kamu perlu mengkomparasikan dengan perspektif-perspektif lainnya. Biasakan diri untuk menganalisis sesuatu menggunakan perspektif dua sisi, yuk!

4. Jika ditanyai sesuatu yang belum dipahami, kamu selalu berusaha agar kelihatan bisa

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok PintarIlustrasi berbicara (pexels.com/sam lion)

Kebanyakan orang yang 'sok pintar' itu biasanya cenderung berusaha menjawab pertanyaan apa pun meskipun di luar kapasitasnya. Hal tersebut dilakukan tentunya dengan harapan orang lain dapat mengaggapnya memiliki pengetahuan yang mumpuni. Jika belum mengetahui jawaban terhadap suatu pertanyaan, tak apa-apa untuk menjawab tidak tahu. Hal itu dilakukan agar kamu tidak menyesatkan orang lain.

5. Kamu selalu meremehkan orang lain

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Termasuk Orang Sok PintarIlustrasi bertengkar (pexels.com/thirdman)

Di awal telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat mutlak dan tidak boleh dibuat bahan candaan. Apalagi jika meremehkan, kamu bisa dicap sebagai orang yang 'sok pintar'.

Sebelum mengucapkan kata-kata yang dapat menyinggungnya, cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk lebih fokus terhadap pengembangan pemikiranmu agar kamu bisa benar-benar menjadi orang yang pintar.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu termasuk orang yang 'sok pintar? Cobalah untuk bersikaplah seadanya dan teruslah belajar agar kualitas dirimu bertambah.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Tidak Dinilai sebagai Orang Sok Pintar, Gak Baik!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya