Comscore Tracker

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baru

Setiap orang memang perlu bersikap adaptif di segala situasi

Beradaptasi di lingkungan baru merupakan sebuah hal yang cukup susah bagi setiap orang. Hal itu karena tidak semua orang mampu membuka diri di lingkungan baru dengan baik. Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu?

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu agar kamu bisa mudah beradaptasi di lingkungan baru. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Ingatlah bahwa kamu itu membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baruunsplash.com/Anthony Tran

Cobalah untuk menyadari bahwa kamu itu membutuhkan orang lain agar bisa tetap hidup. Jangan terlalu sering menyendiri meskipun itu di lingkungan baru.

Terkadang, kamu perlu memaksakan diri untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. Lawanlah rasa takutmu dengan cara melihat bagaimana dampak buruk yang terjadi jika kamu terlalu banyak menyendiri.

2. Rasa minder yang muncul saat berkenalan dengan orang lain hanya menghambatmu

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baruunsplash.com/zohre nemati

Rasa minder pasti adalah salah satu hal yang membuatmu takut untuk berkenalan dengan orang baru. Ingatlah bahwa setiap orang itu sejatinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jangan minder dengan apa yang kamu miliki saat ini. Cobalah untuk memberanikan diri untuk memulai pembicaraan tanpa diselingi pikiran buruk terkait pencapaian orang lain.

Baca Juga: 5 Tanda yang Buktikan Kamu adalah Orang yang Sulit Beradaptasi

3. Jika tidak beradaptasi, kamu akan kehilangan kenyamanan

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baruunsplash.com/Abigail Keenan

Sekali lagi ingatlah bahwa beradaptasi di lingkungan baru merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Hal itu dilakukan agar kamu bisa merasa nyaman meskipun jauh dari lingkungan lama.

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu memaksakan diri untuk tetap berkenalan agar bisa nyaman. Kamu itu makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, lho!

4. Kamu gak boleh terlalu pilih-pilih dalam berteman

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baruunsplash.com/Naassom Azevedo

Sebelumnya, sudah banyak disebutkan bahwa hakikat manusia itu makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal semacam itu, kamu dituntut untuk bisa berkenalan dengan siapapun orang dari berbagai latar belakang.

Apalagi jika berada di lingkungan baru, jangan terlalu menjadi orang yang terlalu pilih-pilih. Mulai sekarang cobalah untuk lebih terbuka pada siapapun, ya!

5. Kamu harus bisa menemukan zona nyamanmu sendiri

Pahami 5 Hal Ini jika Kamu Susah Beradaptasi di Lingkungan Baruunsplash.com/Helena Lopes

Membangun zona nyaman yang baru merupakan sebuah hal susah. Namun hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan agar kamu bisa menikmati hidup. Ketika berada di lingkungan baru, cobalah untuk mencari zona nyamanmu sendiri.

Lagipula di tempat barumu itu ada banyak hal menarik yang wajib dijelajahi. Dengan menemukan zona nyaman, kamu pasti akan terus bahagia dalam menjalani hari-hari meskupun bersama orang-orang baru.

 

Memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dapat memudahkan keberlangsungan hidup. Cobalah untuk membangun pribadi yang cukup menyenangkan agar kamu bisa mudah mendapatkan banyak teman.

Baca Juga: 5 Tips Cermat Beradaptasi di Tempat Kerja Baru, Anti Canggung!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya