Comscore Tracker

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lain

Jangan jadi orang yang gak bisa memegang janjinya, ya!

Memberikan janji kepada orang lain bukanlah sebuah hal yang bisa diremehkan. Ketika sudah memberikan janji, kamu memiliki tanggung jawab untuk menepatinya. Hal tersebut dilakukan agar orang lain tidak kecewa terkait apa yang kamu katakan kepadanya.

Namun menepati janji juga bukanlah hal yang cukup gampang. Kamu perlu menjaga konsistensi dalam bertindak agar janji tersebut bisa terealisasi. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memberi janji ke orang lain. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Pastikan bahwa kamu memang benar mampu memenuhinya

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lainunsplash.com/DocuSign

Sebelum memberi janji ke orang lain, pastikan bahwa kamu memang benar-benar mampu untuk memenuhinya. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak mengingkari janji tersebut sehingga orang lain tak akan merasa kecewa. Maka dari itu mulai sekarang coba cek terlebih dahulu kekuatanmu dalam merealisasikan janji tersebut.

2. Pastikan semua persiapan untuk pemenuhan janji sudah matang

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lainpexels.com/Marcus Aurelius

Sebelum memberikan janji, cobalah untuk mematangkan persiapan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kendala yang dapat memicu kegagalan dalam pemenuhan janji. Persiapannyang cukup matang dapat membuatmu mudah menepati janji.

Jangan asal mengucap janji jika semua persiapan kamu abaikan. Percayalah bahwa hal tersebut hanya akan membuatmu gagal dalam menepatu janji karena semuanya tidak tertata dengan baik.

3. Pastikan orang yang kamu janjikan tidak mudah tersinggung

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lainpexels.com/Canva Studio

Sebelum menebar janji, coba pastikan bahwa orang tersebut tidak mudah tersinggung. Hal itu perlu diperhatikan agar ketika janji tersebut tidak bisa ditepati, dia pasti akan mengerti. Kita 'kan memang tidak pernah tahu kendala apa yang terjadi di depan sana.

Memberi janji ke orang yang tidak mudah tersinggung akan membuatmu terasa aman dan nyaman. Namun jangan pernah memanfaatkan kebaikan orang semacam itu dengan sering mengingkar janji, ya!

Baca Juga: 6 Trik Menghindari Rasa Tidak Enakan Saat Berjanji Pada Orang

4. Buatlah rencana cadangan jika janji tersebut tidak terealisasi

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lainunsplash.com/Brooke Cagle

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kita gak akan tahu apa kendala yang akan mempengaruhi dalam merealisasikan janji di depan sana. Agar hal tersebut tidak membuat orang lain kecewa, cobalah untuk membuat rencana cadangan dan sampaikan kepadanya.

Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa tetap menepati janji meskipun plan awal susah terealisasi. Lakukan hal tersebut agar ketika keadaannya mendesak, kamu bisa tenang dan tetap merealisasikan janji.

5. Lihatlah rintangan yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum merealisasikan janji

Pastikan 5 Hal sebelum Memberi Janji pada Orang Lainpexels.com/andrea piacquadio

Sebelum membuat janji, coba perhatikan terlebih dahulu terkait rintangan apa saja yang akan kamu lewati saat berusaha merealisasikan hal tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengecek mampu tidaknya dirimu dalam menepati semua janji.

Ketika sudah mengetahui seluk beluk tantangan yang akan dilewati, kamu bisa memutuskan untuk tetap berjanji kepadanya atau tidak. Hal itu harus disesuaikan oleh kemampuanmu dalam menepatinya.

Sebuah janji memanglah harus ditepati agar orang lain bisa percaya dengan semua omonganmu. Persiapkan kelima hal di atas agar kamu tidak mengingkari janji yang sudah diucapkan.

Baca Juga: Sesulit Apa pun, Kamu Harus Berjanji 5 Hal Ini Pada Dirimu Sendiri

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya