Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauan

Mulailah dengan melakukan hal-hal baik

Supaya bisa mendapatkan kehidupan yang layak, terkadang seseorang memilih untuk merantau. Biasanya, hal tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama atau bertahun-tahun agar bisa mendapatkan hasil memuaskan. Saat berada di perantauan, kamu pasti ingin banget menyempatkan pulang ke kampung halaman.

Alhasil, kamu pun mulai menentukan waktu cuti yang pas agar bisa kembali ke tanah kelahiran. Sesampainya di rumah, kebahagiaan pasti akan menghiasi benakmu karena bisa bertemu orang yang dikasihi. Setelahnya, lima hal berikut pun bisa kamu lakukan sesaat setelah pulang dari perantauan.

1. Perbanyak mengobrol dengan keluarga di rumah

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauanilustrasi mengobrol (pexels.com/Askar Abayev)

Pertama, kamu wajib memperbanyak waktu untuk mengobrol dengan keluarga di rumah. Hal ini merupakan sesuatu yang wajib dilakukan agar mereka bisa mendengarkan ceritamu saat di perantauan. Lagipula, kamu dan mereka pasti sama-sama punya rasa rindu yang menggebu-gebu setelah beberapa tahun gak ketemu.

Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang malah memilih untuk menyendiri di kamar dengan alasan lelah. Hal tersebut gak boleh dilakukan karena bisa dikatakan bahwa kepulanganmu adalah sesuatu yang sia-sia. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk memperbanyak intensitas mengobrol dengan keluarga.

2. Kamu bisa mengajak keluarga untuk makan bersama di luar

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauanilustrasi makan bersama keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Biar lebih seru, kamu bisa mengajak keluarga untuk makan bareng di luar. Selepas dari perantauan, kamu mungkin memiliki uang yang cukup banyak. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk kegaiatan yang bermanfaat. Mentraktir keluarga untuk makan bareng adalah salah satu hal yang cukup bijak.

Kamu bisa mengunjungi tempat makan favorit keluargamu. Ketika berada di sana, obrolan pasti akan terasa lebih seru sebab kalian juga bisa bernostalgia. Jangan pernah merasa perhitungan jika itu hubungannya dengan keluarga. Apalagi kamu baru balik dari perantauan, sebisa mungkin untuk menggelontorkan uang.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga bagi Tumbuh Kembang Anak

3. Jangan lupakan tanggung jawab untuk membantu pekerjaan rumah

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauanilustrasi bersih-bersih (pexels.com/Nathan Cowley)

Setelah beberapa hari di rumah, jangan pernah lupakan tanggung jawabmu untuk membantu keluarga. Maksudnya, kamu juga harus melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih ataupun semacamnya. Hal seperti ini pasti gak pernah kamu lakukan setelah bertahun-tahun merantau di kota orang.

Oleh karena itu, kamu wajib membangun kembali tanggung jawab yang sebelumnya telah hilang. Saat kembali ke rumah, boleh dibilang kamu harus balik patuh ke peraturan bersama. Dengan begitu, keluargamu pasti akan merasa terbantu dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kamu juga harus membangun komunikasi kembali dengan para tetangga

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauanilustrasi berkumpul dengan tetangga (pexels.com/Craig Adderley)

Selain dengan keluarga, kamu juga wajib membangun kembali komunikasi yang baik dengan tetangga. Bisa dikatakan bahwa tetangga merupakan sosok pertama yang bakal membantumu ketika ada hal yang tidak terduga terjadi di rumah. Kamu pun wajib menjaga hubungan baik dengan mereka.

Setelah pulang dari perantauan, cobalah untuk berkumpul dengan para tetangga. Jika kamu laki-laki, maka bisa mengikuti kegiatan pos ronda untuk sesekali saja. Hal tersebut pasti akan membuat para tetangga merasa bahwa kamu tidak melupakan asalmu dari mana.

5. Tak lupa kamu wajib bertemu dan nongkrong dengan kawan lama

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sesaat Setelah Pulang dari Perantauanilustrasi kumpul bersama teman (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Terakhir, kamu bisa mulai mengajak kawan-kawan lama bertemu. Meskipun sudah sukses di perantauan, melupakan teman lama adalah sesuatu yang pantang dilakukan. Hal itu karena mereka memiliki andil untuk membentuk pola pikirmu sehingga bisa menjadi seseorang yang seperti sekarang.

Lagipula, bertemu dengan teman lama adalah sesuatu yang cukup asyik. Kalian bisa bernostalgia sembari bergurau bersama. Dengan kehadiran mereka, kamu pasti tidak akan merasa kesepian saat berada di kampung halaman. Maka dari itu, mulailah mengajak mereka untuk nongkrong bareng.

Sudahkah kamu melakukan kelima hal di atas setelah pulang dari perantauan? Sebisa mungkin cobalah untuk melakukan hal-hal yang cukup positif bagi kehidupan di sekitarmu, ya.

Baca Juga: 5 Lika-liku Perantauan, Anak Rantau Pasti Sering Ngalamin!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya