Comscore Tracker

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Ini

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam menjalani hidup!

Memiliki hidup yang bahagia adalah impian semua orang. Namun hal tersebut sangatlah susah untuk diwujudkan karena banyak cobaan yang datang seiring berjalannya waktu. Dengan adanya cobaan tersebut terkadang kamu malah merasa menderita karena beban yang berat.

Beban yang dipikul tersebut sebenarnya adalah manusiawi. Tetapi terkadang kamu terus-terusan mengeluh karena hal tersebut sungguh membuat diri menjadi stres. Ada beberapa hal yang perlu direnungkan jika kamu merasa hidupmu terlalu menderita. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Ingatlah bahwa roda kehidupan itu pasti akan terus berputar

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Iniunsplash.com/conner ching

Tidak dapat dimungkiri bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Jika saat ini banyak beban berat yang harus dipikul, percayalah bahwa hal itu hanya bersifat sementara. Kamu tidak akan terus-terusan berada di titik terbawah seperti itu.

Yang harus kamu lakukan hanyalah berusaha keras untuk bangkit. Jangan menyerah hanya karena dirimu merasa semuanya memang begitu takdirnya. Ingatlah bahwa segala hal pasti bisa diubah jika kamu mau berusaha memperbaikinya.

2. Ingatlah bahwa sejatinya keberhasilan itu tidak ada yang sifatnya instan

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Inipexels.com/lukas rychvalsky

Beban yang datang silih berganti tersebut biasanya timbul ketika kamu mulai memperjuangkan sesuatu. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat dirimu dalam mempertahankan tekad agar mimpi bisa terealisasi.

Kamu harus ingat bahwa tidak ada keberhasilan yang sifatnya instan. Semuanya memang membutuhkan proses yang cukup panjang agar bisa berhasil. Meskipun rasanya sangat tidak mengenakkan, namun bertahanlah demi kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Cara Biar Kamu Bisa Gerak Cepat ke Arah yang Lebih Baik dalam Hidup 

3. Di luar sana banyak orang yang lebih menderita darimu

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Inipexels.com/david cassolato

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya masing-masing. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus berkaca pada kehidupan orang lain yang mungkin lebih menderita denganmu.

Kamu pasti akan lebih bersyukur karena masih bisa diberi kekuatan untuk berjuang. Maka dari itu mulai sekarang jangan terlalu banyak mengeluh dan coba lihat orang lain yang berada di bawahmu. Banyak-banyaklah bersyukur dalam menjalani hidup ya!

4. Ingatlah bahwa semua hal yang direncanakan itu gak selalu berjalan mulus

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Inipexels.com/Dương Nhân

Setiap orang pasti memiliki rencana yang indah. Namun di tengah perjalanan pasti ada badai yang menyerang sehingga tekad untuk merealisasikannya bisa luntur. Begitu pula dengan keadaanmu saat ini, semuanya keberhasilan pasti membutuhkan proses.

Cobalah untuk melihat lebih jauh ke depan dan renungkan bahwa ada banyak kebahagiaan yang akan diraih jika kamu tetap bertahan. Meskipun susah untuk dilakukan, cobalah untuk bertahan demi kedamaian hidup di masa mendatang.

5. Cobalah untuk lebih sedikit bersyukur agar beban hidup dapat berkurang

Ketika Merasa Hidupmu Terlalu Menderita, Coba Renungkan 5 Hal Inipexels.com/pixabay

Jika banyak beban yang membuat diri menjadi stres, coba biasakan diri untuk lebih mudah bersyukur. Semua hal tersebut dapat membuat tingkat stres bisa berkurang. Meskipun terdengar cukup sederhana, namun hal itu memang benar adanya.

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri terkait apa yang telah terjadi. Ingatlah bahwa setiap orang juga pasti pernah berada di posisimu saat ini. Hadapi semua kesulitan dengan lapang dada. Percayalah bahwa bersyukur adalah langkah terbaik.

Pandai-pandailah bersyukur dalam menjalani hidup karena sedih maupun bahagia itu tergantung bagaimana kamu menjalaninya.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Logis Kamu Gak Perlu Iri sama Hidup Orang Lain di Medsos

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya