Comscore Tracker

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih Ikhlas

Penyesalan memang datangnya di akhir

Menyesali sesuatu yang telah terjadi merupakan hal yang tidak mengenakkan. Hal itu karena kamu menganggap semua persiapan yang dilakukan secara matang, namun malah digagalkan oleh kenyataan. Ketika hal itu terjadi, yang ada di dalam pikiran adalah upaya untuk menyalahkan diri sendiri.

Sebenarnya hal itu gak boleh dilakukan sebab sejatinya segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki ada hikmahnya. Ada beberapa cara yang bisa membuatmu ikhlas saat sedang menyesali sesuatu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih IkhlasIlustrasi kegagalan (pexels.com/ivan samkov)

Satu hal yang wajib dilakukan agar rasa penyesalan bisa hilang adalah dengan tidam menyalahkan diri sendiri. Anggaplah semua hal yang telah terjadi itu sebagai masa lalu yang telah lewat. Menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu lebih menyesali semuanya. Coba deh tetap bersikap tenang dan ambil hikmah yang bisa dipetik. Maka dari itu mulai sekarang tetaplah berpikir positif, ya!

2. Anggaplah semua yang telah terjadi sebagai pelajaran hidup

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih IkhlasIlustrasi merenung (pexels.com/alexandr podvalny)

Sebelumnnya telah disebutkan bahwa segala sesuatu yang sudah terjadi itu harus dianggap sebagai masa lalu. Maksudnya di sini adalah kamu gak boleh menyesali apapun yang sudah berlalu karena tidak akan bisa diperbaiki. Yang harus kamu lakukan hanyalah menganggapnya sebagai pelajaran hidup.

Dengan adanya hal itu, kamu bisa lebih berhati-hati agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi di masa depan. Selain itu, kamu juga akan menjadi seseorang yang jauh lebih bijaksana sebab sudah merasakan pelajaran berharga.

3. Tenangkan diri terlebih dahulu untuk beberapa saat

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih IkhlasIlustrasi merenung (pexels.com/JESSICA TICOZZELLI)

Ketika penyesalan dalam diri terus menggebu-gebu, cobalah untuk beristirahat sejenak. Tenangkan dirimu dengan cara melakukan refleksi terhadap semua yang telah terjadi. Buang semua pikiran negatif dan fokuskan diri untuk bisa mengendalikan perasaanmu.

Dengan melakukan hal tersebut, rasa sesal itu lambat laun pasti akan sirna seketika. Hal itu karena kamu sudah bisa mengikhlaskan semuanya sebab sikap tenang yang membantumu dalam membuang semua pikiran-pikiran negatif.

Baca Juga: Hindari Lakukan 5 Hal Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari 

4. Cobalah berkomitmen untuk tidak melakukannya lagi

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih IkhlasIlustrasi merenung (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ketika semuanya sudah agak terkendali, cobalah berkomitmen untuk tidak melakukannya lagi. Intinya adalah kamu sudah mengetahui konsekuensi jika kesalahan itu terjadi lagi. Dengan berkomitmen tinggi, kamu pasti akan lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut. Jaga komitmen itu baik-baik agar nantinya kamu bisa lebih tenang.

5. Hiburlah dirimu dengan melakukan hobi

Sedang Menyesali Sesuatu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Lebih IkhlasIlustrasi belanja (pexels.com/alexandra maria)

Melakukan hobi merupakan salah satu cara yang bisa membuang semua penyesalan untuk beberapa saat. Kamu pasti akan melupakan semuanya yang telah terjadi karena merasa terhibur saat melakukan hobi. Meskipun hanya bersifat sementara, hal itu dirasa cukup ampuh agar kamu bisa lebih tenang.

Lagipula mempertahankan rasa sesal secara berlarut-larut bukanlah sesuatu yang baik. Kamu harus bisa meredam semua rasa sesal itu dengan cara apapun. Jalankan hobimu agar kamu bisa terhibur meskipun hati terasa rapuh karena penyesalan.

Terlepas dari rasa penyesalan memang bukanlah hal yang gampang. Lakukan kelima hal di atas agar pikiranmu menjadi lebih terbuka meskipun rasa penyesalan sedikit masih ada.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Bisa Didapat bila Kita Ikhlas saat Menolong Orang Lain

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya