Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan Bumi

Selamatkan bumi mulai dari sekarang, yuk!

Akhir-akhir ini, keselamatan bumi pun terancam karena ulah manusia itu sendiri. Menurut organisasi non-pemerintah The Borgen Project, dalam situsnya menyebutkan bahwa Indonesia termasuk negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua yang di lautan. Menurut data pada situs tersebut, terdapat 6,8 juta ton sampah plastik yang masyarakat Indonesia sumbangkan.

Angka tersebut diprediksi akan terus bertambah karena semakin banyaknya produk-produk baru yang membutuhkan plastik sebagai kemasannya. Berdasarkan data tersebut, kita bisa lihat bahwa sekarang bumi berada di kondisi yang tidak aman. Jika hal itu dibiarkan, maka lambat laun bumi akan mengalami kehancuran akibat ulah manusia sendiri.

Kurangnya awareness kita sebagai manusia terhadap isu lingkungan membuat keadaan bumi juga akan semakin parah. Dengan adanya hal tersebut, kita sebagai manusia harus ikut andil dalam usaha penyelamatan bumi. Ada beberapa macam gaya hidup positif yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi. Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Membiasakan diri untuk menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan BumiIlustrasi bersepeda (pexels.com/Sebastian Voortman)

Kendaraan bermotor memang dapat memangkas waktu tempuh kita jika ingin pergi ke tempat lain. Namun hal yang kelihatannya positif semacam itu ada dampak buruknya juga, lho! Semakin banyak kendaraan bermotor yang digunakan, maka udara pun akan menjadi tidak aman.

Apalagi menurut badan yang meneliti kualitas udara di dunia yaitu IQAir menyebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam daftar terburuk. Dengan rata-rata nilai 114 membuat Indonesia berada di 10 besar negara yang memiliki kualitas paling buruk. 

Dengan adanya hal itu, kamu wajib banget membiasakan diri untuk menggunakan sepeda, guys! Coba deh setiap kali pergi bekerja ataupun kuliah, kamu mulai menggunakan sepeda. Di samping menjaga bumi tetap aman, hal tersebut tentunya akan membuat tubuhmu sehat. Udara di lingkungan kita pun menjadi bersih sehingga kamu akan lebih nyaman dalam menjalani hidup.

2. Jika tidak ada tempat sampah ketika di jalan, taruhlah wadah bekas di kantong

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan BumiIlustrasi sampah plastik (pexels.com/RF._.studio)

Apa yang kamu lakukan jika tidak ada tempat sampah ketika ada plastik bekas makanan di genggamanmu? Membuang sampah secara sembarangan sebenarnya adalah hal yang gak boleh dilakukan karena akan menimbulkan dampak buruk.

Entah itu bencana banjir ataupun pencemaran air, semuanya itu bersumber dari sampah yang dibiarkan menggunung. Agar bisa menyelamatkan bumi dari bahaya, kamu harus membiasakan diri untuk menyimpan bekas plastik di kantong terlebih dahulu jika tidak ada tempat sampah.

Hal tersebut tentunya akan membuatmu turut andil dalam #onegreenstep karena telah menyelamatkan lingkungan. Lagipula yang bisa menyelamatkan bumi itu adalah penghuninya sendiri. Jadilah manusia yang bertanggungjawab agar semuanya bisa merasakan kenyamanan hidup, ya!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!

3. Memakai wadah bekas yang digunakan sebagai tempat sampah

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan BumiIlustrasi wadah cat bekas (pexels.com/ksenia chernaya)

Banyak orang yang langsung membuang barang-barang tidak terpakai. Padahal sebenarnya hal tersebut dapat dijadikan sebuah barang yang bisa membantumu untuk mengelola sampah. Salah satu contohnya adalah menggunakan kembali wadah cat yang tidak terpakai sebagai tempat sampah.

Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa mewarnainya atau melukis gambar-gambar unik di luar permukaan wadah cat tersebut. Selain membuatmu berhemat untuk tidak membeli tempat sampah baru, kamu juga turut andil dalam menyelamatkan bumi, lho! Hal itu karena kamu tidak membiarkan satu barang bekas pun yang terbuang begitu saja.

4. Menggunakan produk-produk ramah lingkungan yang tidak membahayakan bumi

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan BumiIlustrasi memakai produk kecantikan (pexels.com/ivan samkov)

Sampah plastik merupakan salah satu hal yang sangat susah diurai karena membutuhkan waktu lama. Menurut organisasi internasional non-pemerintah WWF, mereka menyebutkan bahwa durasi penguraian plastik itu berkisar antara 20 hingga 500 tahun. Hal tersebut membuat permasalahan sampah plastik cukup kompleks dan wajib dipandang serius.

Dengan adanya hal itu, Garnier pun turut hadir untuk mengajak masyarakat luas agar lebih peduli terhadap lingkungan melalui kampanye #GarnierGreenBeauty. Hal itu tentunya bukan omong kosong belaka. Sebelumnya, pada tahun 2019, Garnier berhasil menghemat 32 ton virgin plastic karena semua kemasan produknya sekarang sudah menggunakan bahan yang bisa didaur ulang.

Dalam merealisasikan komitmennya secara lebih lanjut, Garnier juga bekerja sama dengan aplikasi penjemput sampah berbasis daring yaitu eRecycle agar masyarakat dipermudah jika ingin turut andil dalam menyelamatkan lingkungan. Jika kamu penasaran seperti apa sih program Garnier Green Beauty secara lebih lengkap, coba cek di https://www.garnier.co.id/green-beauty deh!

5. Mulai menanam tanaman-tanaman hijau di sekitar rumah

#GreenBeauty 5 Gaya Hidup Ini Bisa Diterapkan untuk Selamatkan BumiIlustrasi menanam bunga (pexels.com/cottonbro)

Untuk membuat perubahan yang besar, tentunya kamu harus memulainya dengan langkah kecil. Dalam hal menyelamatkan bumi dari kerusakan, sebenarnya kamu bisa banget memulainya dengan menghijaukan halaman rumahmu. Hal tersebut termasuk bagian dari #onegreenstep yang tentunya akan membuat bumi tetap aman.

Kamu bisa mulai menanam tumbuhan-tumbuhan yang dapat membuat rumahmu menjadi lebih asri. Apalagi sekarang 'kan lagi ada tren mengoleksi bunga-bunga yang menawan. Coba deh sesekali ikuti tren positif semacam itu karena bisa menguntungkan. Salah satu contoh keuntungannya adalah hal itu akan membuat halaman rumahmu menjadi sedap dipandang, lho!

Menjaga keselamatan bumi adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. #GarnierxIDNTimes mengajakmu untuk lebih peka terhadap isu lingkungan karena hal tersebut sejatinya demi kebaikan kita sendiri. Yuk, mulai peduli terhadap keselamatan bumi dengan mempraktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: #GreenBeauty Lubuk Larangan: Kearifan Lokal Suku Batak Jaga Lingkungan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya