Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlu

Memaafkan adalah awal mula menuju kedamaian hidup

Tidak semua orang yang ada di dunia ini memiliki pemikiran dan sudut pandang sama terhadap melihat suatu isu. Oleh karena itu, perselisihan di antara dua orang pasti rentan terjadi. Tidak selamanya perselisihan itu berdampak buruk bagi kehidupan, ada banyak dampak baik yang akan didapat dari perbedaan pendapat tersebut.

Namun perselisihan pasti akan menimbulkan salah satu hati tersakiti. Hal tersebut sebenarnya lumrah adanya karena setiap orang pasti punya pendapat mengapa hal itu dianggap benar. Ketika salah satu hati telah tersakiti, diperlukan adanya meminta maaf terlebih dahulu agar penyakit hati tidak muncul dari orang yang tersakiti tersebut.

Banyak orang yang setuju bahwa memaafkan itu bukanlah perkara mudah. Hal itu terjadi karena kekecewaan yang begitu mendalam terhadap orang lain yang sampai menyakitinya. Namun, memaafkan itu tetap harus dilakukan agar tidak ada lagi dendam dalam hati. Jika kamu sulit untuk memaafkan kesalahan orang, simak penjelasan berikut ini.

1. Hidup tanpa beban merupakan hal yang paling membahagiakan

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlupexels.com/julian jagtneberg

Percayalah bahwa memendam dendam akan menambah beban dalam hidupmu. Hal itu terjadi karena perasaan kecewa dan marah menjadi satu serta meracuni pikiranmu untuk bisa membalas perbuatannya. Jika diteruskan hal itu pasti akan berdampak buruk pada kesehatan mentalmu.

Ingatlah bahwa dunia ini begitu luas dan indah jika tidak dijelajahi. Ketika kamu hanya mengurusi satu masalah yang akan membebankan hidupmu saja, pastinya dirimu tidak akan berkesempatan untuk mengeksplorasi keindahan dunia dan tetap berfokus pada memupuk penyakit hati.

2. Waktumu terlalu berharga jika hanya mengurusi dendam belaka

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlupexels.com/george ketselashvili

Semua orang di dunia ini pasti memiliki tujuan hidup, begitu pula dirimu. Ingatlah bahwa mimpimu itu tidak hanya satu, banyak mimpi yang harus kamu raih agar hidupmu bisa lebih bahagia daripada sebelumnya. Tidak menyimpan dendam merupakan kunci utama dari kebahagiaan.

Bayangkan saja jika hari-harimu habis untuk berusaha membalas dendam dalam benakmu, pasti akan banyak waktu berharga yang terbuang sia-sia. Lebih baik maafkanlah dia dan mulailah untuk fokus dalam merajut mimpi agar bisa terealisasi

Baca Juga: Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini

3. Selalu memaafkan merupakan cermin kedewasaan

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlupexels.com/two dreamers

Setiap hari umurmu pasti akan bertambah. Oleh karena itu, adaptasi sikap ke arah lebih dewasa sangat diperlukan agar bisa menunjang kehidupanmu. Ingatlah bahwa kamu tidak bisa bersikap seperti remaja ketika berada di lingkungan dewasa.

Cara yang paling ampuh untuk memulai membangun fondasi kedewasaan dalam diri adalah selalu memaafkan terkait setiap masalah yang datang di hidupmu. Ketika kamu terbiasa untuk memaafkan, maka kebijaksanaan akan timbul dengan sendirinya. Kebijaksanaan adalah aspek dari kedewasaan

4. Semua hal baik yang kamu lakukan pasti akan dibalas kebaikan pula

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlupexels.com/André Lisatchok

Banyak orang yang setuju bahwa semua hal yang dilakukan di dunia ini pasti akan mendapat ganjaran yang setimpal bahkan lebih di kemudian hari. Tidak hanya tentang hal buruk, kebaikan pun bisa saja terbalas oleh hal yang sama di kemudian hari.

Ketika kamu berusaha untuk selalu bisa memaafkan kesalahan orang lain, maka itu tandanya ada satu kebaikan yang kamu tanam dan akan bisa dipanen di waktu lain. Semua hal baik pasti akan kembali pada dirimu sendiri ketika konsisten dalam melakukan kebaikan.

5. Perasaan dendam bisa saja menjadi bumerang untukmu

5 Alasan Mengapa Memiliki Sifat Pemaaf Itu Perlupexels.com/vlad bagacian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua hal yang kamu lakukan di dunia ini pasti ada konsekuensinya. Jika dirimu memutuskan untuk tetap memendam dendam yang ada dalam dirimu, pastinya hal tersebut akan menjadi bebanmu di kemudian hari.

Contoh kasus yang paling nyata adalah ketika dirimu sangat membutuhkan bantuan orang yang kamu dendamkan sebelumnya, dia pasti akan meremehkanmu dan bisa saja malah balik menyerangmu. Oleh karena itu, maafkanlah dia sebesar apa pun masalahnya agar hidupmu lebih damai.

Itulah kelima alasan logis mengapa menjadi seorang yang pemaaf sangat diperlukan. Semua hal yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, terutama kebencian.

Baca Juga: 6 Sifat yang Dimiliki Orang Pemaaf, Kamu Punya yang Mana?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You