Comscore Tracker

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplos

Hadapi dengan elegan saja, ya!

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang di dunia ini pasti memiliki sikap dan pola pikir yang berbeda-beda. Ada satu sikap yang terkadang membuat banyak orang merasa kurnag nyaman, yakni ceplas-ceplos. Bisa dikatakan bahwa sikap ini merujuk pada seseorang yang suka mengatakan sesuatu tanpa melihat situasi.

Alhasil, banyak orang yang merasa tersakiti akibat sikap 'jujur'-nya. Apakah kamu sering menemukan orang semacam itu? Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghadapi orang yang ceplas-ceplos agar kamu gak mudah makan hati. Simak pembahasannya baik-baik, ya!

1. Jika ia menyinggung permasalahan pribadimu, cobalah diingatkan

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplosilustrasi mengobrol (pexels.com/fauxels)

Seseorang yang ceplas-ceplos itu wajib banget diingatkan jika ia bertindak secara berlebihan. Ketika kamu menghadapi orang yang terlalu mengurusi hal pribadimu, jangan pernah biarkan mereka melakukannya secara terus menerus.

Hal itu karena mereka pasti malah akan menganggapmu remeh. Oleh karena itu jika menghadapi seseorang yang suka ceplas-ceplos namun menyinggung hati, cobalah untuk langsung membertahunya bahwa hal tersebut tidaklah sopan.

2. Jangan terlalu dekat-dekat dengannya jika kamu tak ingin makan hati

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplosilustrasi telepon (pexels.com/SHVETS production)

Jika ia memang tidak bisa dinasihati, cobalah untuk menjauh darinya. Terkadang, kamu memang perlu menyaring orang-orang yang akan dijadikan teman. Begitupula ketika menghadapi seseorang yang ceplas-ceplos, tidak ada salahnya kamu memutuskan untuk menjauhinya.

Lagipula, hal tersebut dilakukan demi kebaikanmu, kok! Jika hal tersebut bisa membuat hatimu menjadi lebih tenang, jangan pernah ragu untuk melakukannya. Bersikap tegas mulai dari sekarang, yuk!

3. Jika momennya pas, cobalah untuk menasihatinya

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplosilustrasi mengobrol (pexels.com/PICHA Stock)

Jika orang yang suka ceplas-ceplos itu teman baikmu, tidak ada salahnya kamu menasihatinya. Terkadang, bisa saja kamu merupakan satu-satunya orang yang bisa memperbaiki sikap buruknya. Meskipun susah, kamu wajib melakukannya jika ingin menyelamatkan temanmu.

Cobalah untuk mencari momen yang pas agar ia bisa membuka hatinya. Kamu bisa mengajaknya untuk deep talk agar setiap saran yang dilontarkan bisa masuk ke dalam hati terdalamnya.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Dikenal Suka Bicara Ceplas-ceplos, Jujur Apa Adanya

4. Kamu perlu bersikap tegas saat berbuat kesalahan karena ucapannya

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplosilustrasi menasihati (pexels.com/MART PRODUCTION)

Jika ingin sukses menghadapi orang yang suka ceplas-ceplos, kamu wajib banget melatih sikap tegas. Terkadang, orang semacam itu memang harus dibuat sadar dengan sedikit memarahinya. Meskipun kelihatannya bisa membuat ia makan hati, kamu harus tetap melakukannya demi kebaikanmu.

Tidak usah ragu untuk bersikap tegas jika ia memang sudah keterlaluan. Lakukan hal tersebut untuk mencegah kemungkinan kamu dirugikan jika nanti tindakannya melampaui batas wajar.

5. Jangan terlalu menoleransi jika ia sudah kelewatan

5 Sikap yang Bisa Ditunjukkan Saat Menghadapi Orang yang Ceplas-ceplosilustrasi marah (pexels.com/Vera Arsic)

Selain bersikap tegas, kamu juga gak boleh menoleransi tindakannya yang sudah berlebihan. Kebanyakan orang yang suka ceplas-ceplos itu gak bisa menjaga rahasia dengan baik. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus siap-siap untuk menegurnya saat kesalahan itu tiba-tiba terjadi.

Jangan mengasihaninya jika ia melakukan kesalahan yang di luar kewajaran. Kamu harus memberinya pelajaran dengan cara menasihatinya menggunakan kata-kata yang bisa membuat tersadar atas semua kesalahannya.

Berurusan dengan seseorang yang ceplas-ceplos memang terkadang bisa membuat makan hati. Namun, kamu bisa menangkis perbuatan buruknya dengan mempraktikkan kelima hal di atas.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Teman yang Ceplas-ceplos, Sudah Tahu?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya