Comscore Tracker

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Terkadang kamu perlu menyesuaikan diri di lingkungan sosial!

Apakah kehidupan sosialmu berjalan sesuai keinginanmu? Sebagai makhluk sosial, kamu dituntut untuk bisa berinteraksi dengan orang lain secara baik. Namun dalam praktiknya, hal tersebut sangat susah dilakukan karena seseorang perlu beradaptasi di lingkungan sosial.

Hal itu karena setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang harus dihilangkan ketika berada di lingkungan sosial. Tujuannya adalah agar orang lain bisa menerimamu sebagai seorang teman. Ada beberapa kebiasaan yang wajib dibuang agar tidak menghambat kehidupan sosial. Untuk penjelasannya, coba deh simak pembahasannya berikut ini.

1. Suka telat bila sedang ada janji

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Iniunsplash.com/matheus ferrero

Apakah kamu termasuk orang yang suka ngaret? Percaya deh bahwa hal tersebut sangatlah menjengkelkan bagi orang lain. Orang lain pasti akan menjauhimu karena sejatinya manusia itu tidak suka jika disuruh menunggu.

Jika ada janji dengan orang lain, jangan pernah lupa untuk datang tepat waktu. Semakin kamu sering menghargai waktu, maka orang lain pasti akan memperlakukanmu dengan baik.

2. Tidak pernah konsisten terhadap omongannya sendiri

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Iniunsplash.com/Alek Kalinowski

Kamu pasti gak suka dengan orang yang tidak bisa konsisten terhadap omongannya sendiri 'kan? Percayalah bahwa orang lain juga memiliki pemikiran yang sama. Jadilah orang yang memiliki pendirian jika ingin dihargai.

Cobalah untuk konsisten terhadap semua omongan yang kamu lontarkan kepada orang lain. Ketika sudah bisa bersikap konsisten, setiap orang pasti akan menganggap semua omonganmu penting.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Tak Bahagia Sepenuhnya

3. Sering berutang namun susah untuk membayarnya

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Iniunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Apakah kamu terbiasa berutang kepada orang lain? Hal itu sebenarnya tidak ada salahnya namun kamu harus membayarnya tepat waktu. Ketika dipercayai oleh orang lain dalam hal berutang, jangan pernah sesekali mengacaukannya.

Seseorang yang sering berutang namun suka lupa untuk membayarnya adalah sangat menjengkelkan. Kamu harus berani bertanggung jawab untuk membayar utang tepat waktu agar orang lain tetap menghargaimu.

4. Sering membicarakan keburukan orang lain di belakang

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Iniunsplash.com/jeremy bishop

Semua orang pasti gak suka jika ada yang membicarakan keburukannya di belakang. Maka dari itu, kamu pantang melakukan hal tersebut karena hanya akan berdampak buruk bagi kehidupan sosialmu. Lagipula bergosip itu hanya membuang-buang waktu saja lho.

Alangkah lebih baik jika kamu fokus terhadap diri sendiri aja deh. Kurangi kebiasaan hal tersebut jika kamu ingin dihargai orang lain, ya!

5. Tidak pernah mau bersosialisasi dan suka menyendiri

Biar Gak Dijauhi Orang Lain, Stop Mempertahankan 5 Kebiasaan Buruk Iniunsplash.com/Andrew Neel

Apakah kamu termasuk orang yang lebih suka menyendiri daripada bersosialisasi? Jika iya, coba ubah kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang. Ingatlah bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpda bantuan orang lain.

Jangan terlalu menjauh dari lingkungan sosial karena suatu saat kamu pasti akan mendapatkan akibatnya. Ingatlah bahwa merekalah yang akan membantumu di kala susah!

Itulah guys kelima hal kebiasaan yang harus berhenti dilakukan. Mulailah memperbaiki diri dalam hal bersosial agar keberlangsungan hidupmu sehari-hari bisa terjamin.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuatmu Sukses Menjadi "Tangan Kanan" Seseorang

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya