Comscore Tracker

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati Tinggi

Apakah kamu sudah memiliki empati yang tinggi?

Empati merupakan sebuah sikap kepedulian yang harus dimiliki oleh setiap seseorang. Jika memiliki sikap empati, kamu pasti akan mudah melihat bagaimana sebuah permasalahan dari sudut pandang lain. Selain itu, kamu juga akan lebih bijaksana dalam melihat sebuah fenomena yang ada.

Pada dasarnya, tidak semua orang itu memiliki empati yang tinggi. Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa kamu memiliki empati tinggi. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal itu, simak pembahasan berikut ini. Coba komparasikan dengan dirimu juga, ya!

1. Kamu tidak pernah menghakimi orang lain ketika dia sedang bercerita

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati TinggiIlustrasi berbicara (pexels.com/armin rimoldi)

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki empati tinggi adalah ketika dia tidak pernah menghakimi orang lain saat sedang berbicara. Biasanya orang tersebut cenderung menjadi pendengar yang baik sebab dia ingin mengetahui bagaimana seluk beluk permasalahan secara mendalam.

Apakah kamu termasuk seseorang yang suka mendengarkan cerita orang lain tanpa menghakimi? Jika iya, dapat dikatakan bahwa kamu telah memiliki empati yang tinggi. Jika belum, cobalah untuk belajar lebih mendengarkan orang lain saat sedang berbicara tanpa menyela.

2. Kamu berusaha untuk selalu ada jika orang lain butuh

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati TinggiIlustrasi berbicara (pexels.com/charlotte may)

Seseorang yang memiliki empati tinggi itu cenderung berusaha untuk selalu ada saat orang lain butuh. Meskipun kedengarannya dia tidak mementingkan kepentingan pribadi, namun itulah ciri seseorang yang berempati tinggi. Tidak ada salahnya membantu orang lain karena hal itu merupakan hakikat seorang manusia. Maka dari itu mulai sekarang yuk tingkatkan kepedulian antar sesama dimulai terhadap teman dekat.

3. Hatimu gampang tersentuh hanya karena mendengarkan cerita orang lain

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati TinggiIlustrasi berbincang (pexels.com/liza summer)

Seseorang yang memiliki empati tinggi itu pasti mudah tersentuh meskipun hanya karena mendengarkan sebuah cerita. Hal semacam itu sebenarnya wajar terjadi karena orang yang berempati tinggi sering bersikap gak tegaan. Apakah kamu termasuk seseorang yang gampang tersentuh?

Banyak orang yang menganggap bahwa hal tersebut dapat dikatakan sebagai sikap baperan. Namun hal itu sebenarnya tidak disalahkan sebab setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda. Jangan takut untuk menjadi seseorang yang berempati tinggi, ya!

Baca Juga: 5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki Empati

4. Kamu gampang memberikan nasihat kepada orang lain yang sedang ada masalah

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati TinggiIlustrasi berbincang (pexels.com/alexander suhorucov)

Tidak hanya ganpang tersentuh, seseorang yang berempati tinggi senantiasa mudah memberikan nasihat kepada orang lain. Nasihat itu biasanya ditujukan ketika seseorang sedang menghadapi permasalahan pelik. Sebuah kelebihan yang semacam itu tentunya bisa menjadi daya tarik orang lain untuk berteman denganmu. Apakah kamu gampang memberikan nasihat yang solutif terhadap permasalahan orang lain?

5. Hatimu selalu tergerak untuk membantu orang-orang yang sedang menderita

Coba Cek! 5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Empati TinggiIlustrasi donasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Bukan hanya perihal sikap, seseorang yang berempati itu sering menunjukkan kepeduliannya lewat tindakan. Salah satu bentuk tindakan yang dilakukan adalah dengan membantunya secara langsung. Hal tersebut tentunya sesuatu yang sangat positif sebab hakikat manusia memanglah harus saling membantu.

Jika kamu belum terbiasa melakukan hal tersebut, cobalah untuk menyisihkan sebagian kecil uangmu agar berguna bagi seseorang yang membutuhkan. Percayalah bahwa semua hal kecil yang kamu lakukan nantinya akan berdampak besar bagi para penerima.

Dari kelima ciri tersebut, apakah kamu dapat dikategorikan sebagai seseorang yang memiliki empati tinggi? Membangun rasa empati di dalam diri emang membutuhkan proses panjang, kok! Jangan pernah menyerah untuk menjadi orang baik dengan meningkatkan rasa empati, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Keraguan akan Vaksinasi Harus Dihadapi dengan Empati

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya