Comscore Tracker

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Lalu

Apakah kamu sudah berdamai dengan masa lalu?

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti punya masa lalu. Namun bagi sebagian orang, berdamai dengan masa lalu merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Biasanya hal tersebut terjadi karena kenangannya sangat membekas di hati.

Hal semacam itu sebenarnya wajar karena setiap orang memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang menunjukkan kamu masih belum bisa berdamai dengan masa lalu. Untuk penjelasan selengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu gampang memikirkan hal tersebut saat sedang tak mengerjakan apa-apa

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Laluilustrasi berpikir (unsplash.com/jaikishan patel)

Jika masih sering memikirkan hal itu saat sedang gabut, bisa dikatakan bahwa kamu belum berdamai dengan masa lalu. Memang susah untuk melupakan setiap kenangam yang sudah tercipta. Namun, hal tersebut perlu dilakukan agar hidupmu bisa lebih damai.

Berangkat dari hal tersebut, mulai dari sekarang cobalah untuk lebih berusaha menghilangkan semuanya. Buanglah semua kenangan yang ada jika hal tersebut bisa berdampak buruk bagi hidupmu. Jangan ragu untuk melakukannya jika itu menurutmu adalah yang terbaik.

2. Jika ada yang membicarakannya, perasaanmu cenderung sensitif

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Laluilustrasi berbincang (unsplash.com/Priscilla du Preez)

Seseorang yang belum berdamai dengan masa lalu itu cenderung memiliki perasaan sensitif. Ketika ada orang yang membicarakan hal tersebut di depanmu, tiba-tiba kamu akan baper hanya karena pembahasan itu. Hal itu wajar terjadi bagi seseorang yang tak bisa berdamai dengan masa lalu.

Ketika pikiran buruk itu muncul, cobalah untuk mengingat bahwa apapun yang terjadi di masa lampau adalah sebuah kenangan. Jangan jadikan kenangan buruk sebagai hal yang dapat menghancurkan ketenangan hidupmu.

Baca Juga: 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri dari Kesalahan, Move On!

3. Kamu masih merasa menyesal terhadap kesalahan yang dulu telah dibuat

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Laluilustrasi lelah (unsplash.com/christopher lemercier)

Terkadang, setiap penyesalan memang senantiasa datang belakangan. Meskipun rasa sesal di dalam diri terus menggebu-gebu, kamu tidak boleh mempertahankannya karena hal itu tak dapat diulang kembali. Kamu hanya bisa menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga.

Jika ada perasaan menyesal yang muncul secara tiba-tiba, cobalah untuk merasa biasa-biasa saja dalam mengingatnya. Ingatlah bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Meskipun dulu kamu salah ambil keputusan, suatu saat keadaannya pasti bakal berubah.

4. Kamu masih sering menceritakan masa lalumu ke orang-orang terdekat

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Laluilustrasi mengobrol (unsplash.com/Eitenne Boulanger)

Menceritakan setiap kenangan masa lalu ke orang yang terdekat merupakan salah satu bukti kamu belum bisa berdamai. Memang, bercerita merupakan sebuah hal yang bisa membuat hati merasa tenang.

Sebenarnya, sah-sah saja kamu menceritakan masa lalu ke orang lain. Namun, kamu pantang melakukan hal tersebut secara berlebihan. Ingatlah bahwa sejatinya kamu masih memiliki kehidupan yang harus dijalani.

Jangan terlalu berpatokan pada masa lalu karena hal tersebut bakal menjadi bumerang untukmu secara perlahan.

5. Kamu masih belum memiliki rencana hidup untuk beberapa waktu ke depan

5 Tanda Menunjukkan bahwa Kamu Masih Belum Berdamai dengan Masa Laluilustrasi malas (unsplash.com/Sinitta Leunen)

Bukti terakhir yang menunjukkan seseorang tidak bisa berdamai dengan masa lalu adalah saat ia belum memiliki rencana hidup ke depan. Terkadang, orang tersebut cenderung fokus terhadap bagaimana keadaan di masa lalunya. Alhasil, tidak ada satu pun impian yang mulai terbangun kembali.

Senantiasa mengingat bahwa setiap orang pasti punya masa lalu yang buruk. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatanmu untuk berkembang. Cobalah untuk mau melawannya karena perjalanan hidupmu masuh panjang.

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu termasuk orang yang belum berdamai dengan masa lalu? Jika iya, cobalah untuk berusaha menghilangkannya karena kamu berhak melanjutkan hidup.

Baca Juga: 6 Hal Ini Wajar Kamu Rasakan saat Berusaha Move On, Nikmati Prosesnya

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya