Comscore Tracker

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiri

Apakah kamu terlalu pelit terhadap diri sendiri?

Tidak hanya terhadap orang lain, sifat pelit itu gak boleh dipraktikkan kepada diri sendiri. Biasanya, hal semacam ini terjadi pada orang yang enggan mengeluarkan uang berlebih untuk dirinya sendiri.

Hal tersebut ditujukan agar goals keuangan yang sudah dirancang bisa dicapai secara perlahan. Namun, hal seperti ini pasti ada efek buruknya. Kamu pasti akan menjadi tidak bahagia sebab gak mencintai diri sendiri.

Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu? Pertanyaan tersebut akan terjawab jika ada lima tanda berikut ini di dalam dirimu. Simak baik-baik!

1. Kamu lebih mementingkan tabungan daripada isi perut

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiriilustrasi kaya (pexels.com/Godisable Jacob)

Siapa yang sering banget lebih memilih untuk menabung daripada mengisi perut? Hal semacam ini pasti banyak dilakukan oleh para millenials yang sudah bisa mencari duit sendiri.

Kamu pasti cenderung lebih pilih menabung sebab ada target yang harus dicapai. Namun, hal itu malah akan menjadi bumerang jika kamu mengorbankan isi perut.

Ingatlah bahwa makan adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu, jangan rakus untuk menabung semua uangmu sebab kamu masih butuh makan agar tetap hidup.

2. Kamu tak pernah memberikan self-reward dalam waktu yang lama

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiriilustrasi dompet (pexels.com/cottonbro)

Self-reward merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Namun, tidak sedikit orang yang enggan melakukan hal tersebut sebab gak mau boros.

Padahal, self-reward bisa menjadikanmu lebih bahagia dan mengapresiasi diri sendiri. Apakah kamu sudah lama tidak memberikan self-reward?

Jika iya, cobalah untuk buang pola pikir semacam itu. Boleh dibilang bahwa kamu terlalu pelit kepada diri sendiri jika tak memberikan self-reward. Janganlah kamu senantiasa mementingkan perihal masa depan jika kebutuhan materi dan emosionalmu tak terpenuhi saat ini.

Baca Juga: Stop Membalas Orang Pelit dengan Bersikap Sama Pelit, Ini 5 Alasannya!

3. Kamu lebih mementingkan urusan orang lain daripada punyamu sendiri

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiriilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bisa dikatakan bahwa terlalu baik kepada orang lain adalah hal yang salah. Apalagi jika berhubungan dengan uang, alangkah lebih baik jika kamu pikir ulang sebelum memberikan banyak materi kepada mereka.

Hal semacam ini bisa membuatmu dicap sebagai orang yang pelit kepada diri sendiri. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Terlalu mementingkan urusan orang lain perihal materi malah akan menyiksamu. Meskipun terkesan egois, hal semacam ini akan menjadikanmu tetap hidup ke depannya.

4. Kamu selalu membeli produk sehari-hari yang kualitasnya kurang

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiriilustrasi berbelanja (pexels.com/Anna Shvets)

Apakah kamu sering membeli produk-produk yang murah? Jika kualitasnya bagus, hal tersebut sejatinya tidak masalah.

Namun, sebuah produk murah yang berkualitas bagus itu hampir tidak ada. Apalagi jika hal itu berhubungan dengan produk sehari-hari, kamu wajib membeli yang terbaik.

Contohnya, ketika membeli sepatu, jangan cari yang memiliki harga murah sebab hal tersebut pasti tidak akan awet. Buanglah prinsip membeli barang murah jika itu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari. Hal semacam ini dilakukan agar kamu bisa lebih bahagia dalam menjalani hari-hari.

5. Kamu masih menggunakan pakaian yang sudah usang dan enggan membeli baru

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiriilustrasi berbelanja (pexels.com/cottonbro)

Tidak hanya perihal produk sehari-hari, kamu wajib membeli pakaian terbaik agar terlihat lebih terawat. Jika saat ini kamu banyak mengoleksi pakaian yang sudah usang, hal tersebut sejatinya wajib diganti semuanya.

Ingatlah bahwa pakaian merupakan sebuah hal yang banyak dijadikan patokan dalam menilai latar belakang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membelanjakan baju bagus dan nyaman.

Jangan anggurkan uangmu jika kamu benar-benar butuh untuk hal interaksi sosial. Hal sepele semacam ini wajib dijadikan dikhususkan sebab punya dampak yang besar ke depannya.

 

Setelah membaca kelima tanda di atas, apakah kamu termasuk sosok yang pelit kepada diri sendiri? Jika iya, cobalah untuk berhenti melakukannya sebab hal tersebut lambat laun malah akan menjadi bumerang bagimu. Lagipula, kamu harus ingat bahwa segala sesuatu yang sifatnya berlebihan itu gak baik.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini kalau Gak Mau Dibilang Pelit

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya