Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada Bersyukur

Masih ada banyak hal yang bisa disyukuri, lho!

Tidak bisa dimungkiri bahwa hidup itu memang tak selalu berjalan mulus. Terkadang kamu pasti akan mendapati cobaan berat yang mendorongmu untuk mengeluh terhadap keadaan. Namun yang harus kamu ketahui adalah mengeluh bukanlah satu-satunya jalan untuk menghadapi kenyataan pahit.

Kamu juga perlu bersyukur terhadap apa yang telah terjadi meskipun tidak sesuai harapan. Apakah kamu sudah terbiasa mensyukuri apa yang telah terjadi daripada mengeluh? Pertanyaan seperti itu akan terjawab jika kelima hal ini tidak kamu lakukan.

1. Kamu tidak pernah mengapresiasi keberhasilan kecil yang telah diraih

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada BersyukurIlustrasi merenung (pexels.com/george milton)

Hal pertama yang menunjukkan bahwa kamu terlalu banyak mengeluh adalah kurangnya sikap apresiatif terhadap diri sendiri. Maksudnya di sini adalah kamu tidak bisa mensyukuri pencapaian-pencapaian yang telah berhasil diraih meskipun itu kecil.

Kamu cenderung menyayangkan terkait mengapa goals utama tidak kunjung terealisasi. Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, kurangilah secara perlahan, ya!

2. Kamu sering kehilangan kepercayaan diri saat sedang menginginkan sesuatu

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada BersyukurIlustrasi merenung (pexels.com/Ike louie Natividad)

Sebuah keberhasilan pasti akan didapatkan jika kamu mau memperjuangkannya secara maksimal. Namun hal tersebut cenderung menjadi hambatan bagi seseorang yang sering mengeluh. Kamu pasti cenderung tidak percaya terhadap kemampuan diri sendiri karena melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang mustahil.

Padahal sejatinya sebuah hasil pencapaian itu akan terbukti jika kamu mau berusaha. Maka dari itu mulai sekarang coba deh untuk mengurangi kebiasaan mengeluh agar ada kemauan kuat di dalam dirimu dalam meraih semua pencapaian.

3. Kamu terlalu sering membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada BersyukurIlustrasi merenung (pexels.com/Whicdhemein One)

Apakah kamu sering membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain? Jika iya, hal tersebut merupakan salah satu pertanda kuat bahwa kamu tidak pernah bersyukur terhadap apa yang terjadi. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah sebuah hal yang bisa berpengaruh baik bagi masa depanmu.

Terkadang kamu perlu tetap fokus terhadap apa yang harus dihadapi tanpa melihat ke kiri dan ke kanan. Mulai sekarang cobalah untuk berhenti melakukan hal buruk semacam itu sebab hanya membuang-buang waktu.

Baca Juga: 5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!

4. Kamu sering menyalahkan keadaan buruk yang terjadi sebagai kesalahanmu

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada BersyukurIlustrasi stres (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Ketika hal buruk terjadi padamu, apakah kamu sering menyalahkan diri sendiri? Hal semacam itu sebenarnya gak boleh dilakukan karena hanya akan memperburuk keadaan. Menyalahkan diri sendiri bukanlah langkah yang bijak untuk diambil sebab kamu akan menjadi stres. Coba deh sesekali mencoba untuk bersyukur meskipun keadaan yang terjadi tidak sesuai ekspektasi.

5. Kamu cenderung sulit menerima kegagalan meskipun hal tersebut wajar terjadi

5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada BersyukurIlustrasi stres (pexels.com/Özgür ÜNAL)

Menerima kegagalan memang bukan sebuah perkara yang mudah. Apalagi ketika harapan tersebut sudah dipupuk sejak jauh-jauh haru, pasti akan ada rasa kecewa yang menyelimuti diri. Namun kamu tidak diperkenankan untuk menyesali semua hal yang telah terjadi.

Cobalah membiasakan diri untuk menerima kegagalan yang sudah terjadi. Terkadang hal tersebut perlu dilakukan agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih kuat. Percayalah bahwa kegagalan itu merupakan sebuah hal yang wajar, kok! Ingatlah bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu.

Setelah membaca penjelasan di atas secara saksama, apakah kamu termasuk orang yang sering mengeluh daripada bersyukur? Jika iya, cobalah untuk berubah demi kebaikan hidupmu ke depannya. Kurangi kebiasaan mengeluh mulai dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Dampak jika Kamu Sering Memandang Hubunganmu Gak Bahagia

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya