Comscore Tracker

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang Tangguh

Apakah kamu termasuk manusia yang tangguh? #IDNTimesLife

Menjadi seorang manusia tangguh merupakan sebuah keuntungan karena kamu akan mudah melewati hari-hari buruk. Namun, agar bisa dicap sebagai manusia tangguh, setiap orang perlu terbiasa menghadapi segala permasalahan hidup dengan tanpa mengeluh sedikit pun.

Apakah kamu tergolong sebagai manusia yang tangguh? Ada beberapa hal yang menandakan bahwa seseorang bisa tergolong sebagai manusia tangguh. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Coba cek!

1. Kamu tetap mau memaafkan seseorang yang mengecewakanmu

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang TangguhIlustrasi berbicara (pexels.com/alexander suhorucov)

Seseorang yang tangguh itu senantiasa memiliki jiwa besar. Maksudnya di sini adalah dia tidak segan-segan untuk memaafkan seseorang yang telah menyakitinya. Membuka pintu maaf bagi seseorang yang telah mengecewaakan diri sendiri memang bukan perkara mudah. Tetapi hal tersebut akan gampang dilakukan jika orang tersebut memiliki kekuatan hati yang besar.

2. Kamu terbiasa bersikap konsisten meskipun beban terasa semakin berat

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang TangguhIlustrasi merenung (pexels.com/andrea piacquadio)

Konsistensi diri merupakan sebuah hal yang bisa memengaruhi keberhasilan seseorang. Biasanya hal tersebut akan dilakulan oleh seseorang ketika dia mulai memperjuangkan sesuatu. Mempertahankan konsistensi diri itu gak semudah membalikkan telapak tangan sebab kamu perlu bertahan di dalam situasi sulit.

Apakah kamu termasuk orang yang terbiasa mempertahankan konsistensi saat sedang berjuang? Jika ya, dapat dipastikan bahwa kamu merupakan manusia tangguh. Hal tersebut tentunya akan menguntungkanmu dalam segi hasil akhir perjuangan nantinya.

Baca Juga: Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Kuat dan Tangguh

3. Kamu tidak gampang overthinking terhadap hal-hal yang gak perlu dipikirkan

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang TangguhIlustrasi dewasa (pexels.com/burst)

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering overthinking terhadap segala hal? Biasanya setiap orang pasti pernah memikirkan sesuatu secara berlebihan jika hal tersebut berhubungan dengan hidupnya. Entah itu perihal karier maupun asmara, kebiasaan overthinking akan mudah terjadi jika menyangkut hal tersebut.

Namun, jika kamu tidak terlalu mempermasalahkan sesuatu yang sepele dalam hal tersebut, dapat dipastikan bahwa kamu termasuk manusia tangguh. Hal itu karena kamu bisa menerima apapun sesuatu yang telah terjadi tanpa memikirkannya secara berlebihan. Gak semua orang mampu melakukan hal semacam itu, lho!

4. Ketika kehilangan orang terdekat, kamu berusaha untuk tetap kuat

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang TangguhIlustrasi tersenyum (pexels.com/cleyder duque)

Tidak ada yang lebih sakit dibandingkan kehilangan orang terdekat. Ketika hal itu terjadi, yang ada di dalam pikiranmu hanyalah sebuah kesedihan perihal mengapa dia pergi meninggalkanmu.

Namun, kepergian seseorang merupakan sebuah hal yang di luar kuasamu. Jika mau berusaha tetap kuat, dapat dikatakan bahwa kamu adalah manusia tangguh. Hal itu gak mudah dilakukan sebab kebanyakan orang cenderung berkutat dalam kesedihan.

5. Kamu terbiasa berdamai dengan keadaan yang berat

5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang TangguhIlustrasi tersenyum (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Dalam menjalani hidup, setiap orang pasti akan menghadapi yang namanya cobaan berat. Entah itu perihal keluarga, lingkaran pertemanan, maupun asmara, nantinya akan muncul permasalahan yang cukup memberatkan. Ketika hal itu terjadi, apa yang kamu lakukan?

Menangisinya secara terus menerus atau mencoba berdamai dengan keadaan? Jika kamu terbiasa memilih opsi kedua, dapat dikatakan bahwa predikat manusia kuat sudah cocok dipasangkan kepadamu. Tidak semua orang bisa berdamai dengan keadaan sebab kapasistas hati yany berbeda-beda.

Dari kelima penjelasan di atas, apakah kamu tergolong sebagai manusia tangguh atau tidak? Tidak masalah jika kamu masih lemah dalam merespons sesuatu. Yang terpenting adalah kamu tetap mau berusaha belajar agar bisa menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Dikelilingi Orang-Orang Baik, Wajib Disyukuri!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya