Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-sia

Jangan anggap sepele jika tidak ingin menyesal!

Jika dirimu saat ini sedang merajut mimpi dan berharap bisa terealisasi, maka beberapa hal ini harus kamu ketahui agar meminimalkan timbulnya penyakit hati ketika gagal.

Kamu pasti setuju bahwa setiap orang pasti memiliki mimpi dalam hidupnya. Namun sebuah mimpi jika ingin tergapai, dibutuhkan sebuah perjuangan yang cukup ekstra. Perjuangan-perjuangan itu harus dilakukan dengan bumbu-bumbu konsistensi agar tidak sia-sia.

Tetapi ada kalanya sebuah perjuangan tidak mampu membendung mimpi yang gagal. Hal itu bisa saja terjadi karena takdir setiap orang berbeda-beda. Namun, percayalah bahwa ada beberapa faktor yang ada dalam dirimu yang membuat mimpimu menjadi gagal. Untuk pembahasan lebih lanjut, simak penjelasan ini.

1. Tidak ada titik terang yang kunjung didapatkan

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-siaUnsplash/ Kevin Lee

Jika kamu terus-terusan berjuang tanpa henti tetapi tak menemui titik terang dalam perjuanganmu, maka menyerah itu lebih baik. Menyerah dalam sebuah perjuangan tidak selamanya buruk karena kapasitas kemampuan seseorang pastilah berbeda-beda, tak terkecuali dirimu.

Ingatlah bahwa takdir setiap orang tidak ada yang tahu. Bisa saja dengan kegagalanmu itu malah membuatmu dapat meraih hasil yang lebih besar. Satu hal yang kamu harus tahu bahwa hasil bisa saja mengkhianati usaha.

2. Semua yang kamu lakulan hanya menjadi penyebab munculnya masalah baru

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-siapexels.com/david garrison

Jika semua perjuanganmu itu hanya menyebabkan masalah baru muncul, maka kemungkinan jalanmu memang bukan di situ. Jangan egois dan tidak memikirkan kesehatan diri.Cobalah berpikir realistis bahwa kehidupan tidak hanya sebatas meraih satu mimpi saja.

Banyak mimpi yang harus kamu realisasikan di luar sana. Jika sanubarimu mendorong dirimu untuk menyerah, maka ikut sajalah dan jangan memaksakan diri. Tetaplah ingat bahwa selalu ada pelangi setelah hujan badai.

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Menyerah dalam Mencari Kerja

3. Konsistensimu tiba-tiba mulai terganggu

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-siapexelsc.com/claudia barbosa

Kunci utama sebuah mimpi dapat terealisasi adalah dengan menjaga konsistensi diri. Konsisten yang dimaksud adalah ketika kamu berani menerjang segala halangan tanpa terlintas kata menyerah di dalam pikiran. Namun, ketika konsistensi yang ada dalam dirimu mulai kendor, dapat disimpulkan kegagalan akan menerjangmu.

Jangan takut dengan kegagalan karena hal itu adalah awal mula dari sebuah kesuksesan. Kamu bisa belajar dengan kegagalan yang kamu raih agar tidak ada kata itu lagi muncul di hidupmu pada masa depan. Tidak apa-apa menyerah jika kesehatan raga dan hatimu mulai terganggu karena berjuang.

4. Fokusmu mulai terbagi

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-siapexels.com/craig adderley

Selain menjaga konsistensi, tetap fokus pada tujuan merupakan salah satu aspek penting seseorang bisa merealisasikan mimpi. Tapi ingatlah bahwa mimpi seseorang tidak hanya satu, ada banyak mimpi yang harus digapai meskipun itu harus satu-satu.

Ketika dirimu sudah tak bisa fokus terhadap jalan yang kamu lalui dalam meraih mimpimu itu, maka dapat disimpulkan bahwa bau-bau kegagalan akan menyertaimu sebentar lagi. Perjuangan yang kamu lakukan akan berakhir sia-sia tanpa menemui hasil yang bermakna.

5. Tidak ada support dari orang-orang terdekatmu

Hati-hati, Ini 5 Tanda Perjuanganmu akan Berakhir Sia-siapexels.com/adrien olichon

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kamu pasti memiliki orang-orang terkasih di sekitarmu yang selalu memberi semangat kepadamu ketika dirimu mulai lelah dengan kenyataan. Namun, ada kalanya mereka tidak memberi semangat lagi karena tidak setuju terhadap jalan yang kamu pilih.

Ingatlah bahwa kamu tidak boleh egois dalam menentukan jalanmu sendiri karena banyak orang di sekitar yang harus kamu hidupi. Jika mereka mulai mengendurkan support terhadapmu, maka hal itu merupakan salah satu tanda-tanda perjuangan akan berakhir sia-sia.

Itulah kelima tanda bahwa perjuanganmu bisa saja berakhir sia-sia. Kegagalan atau keberhasilan tidaklah penting, yang terpenting adalah tekadmu untuk merealisasikannya. Belajarlah dari kegagalan agar tidak gagal lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Sudah Saatnya Menyerah Saja dengan Perjuanganmu

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya