Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!

Belajarlah dari mana saja #IDNTimesLife

Setiap manusia memang ditakdirkan untuk senantiasa belajar dan mengembangkan kemampuannya. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan dijauhkan dari yang namanya kebodohan. Biasanya sebuah kebodohan agar berdampak langsung bagi keberlangsungan hidupmu.

Di dunia yang serba digital ini, seseorang bisa saja menjadi pintar ataupun sebaliknya. Orang yang menjadi bodoh karena perkembangan teknologi itu disebabkan oleh kurangnya benteng dari dalam diri. Ada beberapa hal yang bisa menyelamatkanmu dari kebodohan secara efektif. Simak pembahasan ini baik-baik!

1. Cobalah untuk banyak-banyak membaca buku

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!Ilustrasi baca buku (pexels.com/andrea piacquadio)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa membaca buku dapat membuat seseorang menjadi pintar. Dengan adanya hal tersebut, kamu dituntut untuk rajin-rajin membaca buku meskipun hanya sekali dalam sebulan.

Namun, terkadang kegiatan itu merupakan sesuatu yang sangat membosankan. Alhasil banyak orang yang tidak terlalu suka membaca buku sehingga tidak memiliki benteng pengetahuan dalam dirinya.

2. Berkumpullah dengan orang-orang yang berkualitas

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!Ilustrasi diskusi (pexels.com/anna shvets)

Banyak yang percaya bahwa circle pertemanan bisa memengaruhi kualitas seseorang. Jika ingin terhindar dari kebodohan, kamu perlu menemukan lingkaran pertamanan baru yang bisa mengasah pemikiranmu. Jangan berteman dengan orang yang bebal ataupun kolot, sebab kamu gak akan berkembang.

Mulai dari sekarang cobalah untuk lebih selektif dalam memilih teman, sebab kamu berhak menentukan jalan hidupmu. Jangan habiskan sisa-sisa waktumu hanya untuk berkumpul dengan orang-orang yang membuatmu tidak berkembang.

3. Jangan jadi orang yang antikritik agar bisa mudah memiliki pengetahuan baru

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!Ilustrasi berbicara (pexels.com/alexander suhorucov)

Agar tidak menjadi orang bodoh, terkadang kamu perlu terbiasa memiliki pemikiran yang terbuka. Maksudnya di sini adalah kamu harus lebih fleksibel dalam meenrima pendapat-pendapat yang berbeda di luar sana. Terkadang banyak orang yang berusaha mempertahankan argumennya meskipun salah.

Kamu harus mau jika dikritik karena tidak selamanya penegtahuanmu itu benar. Cobalah untuk lebih mau mendengarkan orang lain agar kamu menegtahui segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Bisa Kamu Tuntut dari Orang Lain dalam Hidup Ini

4. Jangan pernah menerima informasi dari media sosial secara mentah-mentah

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!Ilustrasi bermain ponsel (pexels.com/Jep Gambardella)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa seiring berkembangnya teknologi, seseorang akan mudah menjadi bodoh. Hal itu biasanya terjadi ketika ada informasi palsu yang ditelan secara mentah-mentah. Padahal sebagai manusia yang bijak, kamu diharuskan untuk mengomparasikan informasi tersebut dengan sumber-sumber kredibel. Jangan pernah percaya apa pun yang disebar di media sosial, ya!

5. Batasi penggunaan gawaimu untuk hal-hal yang gak bermanfaat

5 Hal yang Bisa Menyelamatkanmu dari Jurang Kebodohan, Wajib Tahu!Ilustrasi berbicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika sebuah gawai bisa membuat seseorang bodoh, maka berusahalah untuk mengurangi pemakaiannya. Alangkah lebih baik jika kamu fokus dalam pengembangan diri di kehidupan nyata. Lagipula kamu biasanya menggunakan gawai untuk sesuatu yang tak penting, bukan?

Cobalah untuk hidup di dunia nyata daripada di media sosial. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan menjadi seseorang yang benar-benar memiliki kualitas, sebab sudah ditempa dalam berbagai polemik di kehidupan nyata.

Dari kelima hal di atas, sudahkah kamu melakukan salah satunya? Ingatlah bahwa mau tidak mau kamu harus tetap mengembangkan diri agar tidak menjadi manusia yang kurang akal.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Dikelilingi Orang-Orang Baik, Wajib Disyukuri!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya