Comscore Tracker

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

Buang kebiasaan buruk, yuk! #IDNTimesLife

Bermalas-malasan merupakan sebuah hal yang dapat memberikan kenyamanan. Namun hal tersebut tentunya akan membuat seseorang menjadi kecanduan sehingga banyak kegiatan menjadi tidak dilakukan. Apakah kamu termasuk seseorang yang kecanduan bermalas-malasan?

Beranjak dari kebiasaan bermalas-malasan memang bukanlah hal yang gampang dilakukan. Namun, kamu wajib melakukannya agar tidak berdampak buruk bagi kehidupanmu sehari-hari. Coba lakukan beberapa hal di bawah ini agar kamu bisa terhindar dari yang namanya kebiasaan bermalas-malasan.

1. Menghapus aplikasi media sosial dari gawaimu

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu LakukanIlustrasi media sosial (unsplash.com/dole777)

Media sosial memang menyimpan banyak hal menarik sehingga bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu. Dengan adanya hal tersebut, orang tersebut pun akan berselancar di sana secara terus menerus sehingga pekerjaannya menjadi terabaikan.

Menghapus aplikasi media sosial dari gawai merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan jika ingin menghilangkan kebiasaan bermalas-malasan. Meskipun susah, kamu wajib membiasakannya agar tidak banyak pekerjaan yang tertunda.

2. Ketika bangun tidur, bergegaslah untuk beranjak dari kasur

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu LakukanIlustrasi minum kopi (unsplash.com/Parker Johnson)

Rasa malas paling berat itu biasanya muncul ketika seseorang baru membuka mata selepas tidur. Daya tarik kasur yang sangat kuat membuat diri enggan beranjak dari sana. Agar bisa terhindar dari kebiasaan bermalas-malasan, alangkah lebih baik jika kamu langsung bergegas bangkit dari kasur. Jangan biarkan tubuhmu berada terus-terusan di sana karena hanya akan menimbulkan rasa nyaman yang berdampak buruk.

Baca Juga: Ayo, Jangan Malas Lagi! Ini 5 Alasan Kamu Mesti Kerja dan Punya Gaji

3. Cobalah untuk langsung mandi meskipun air terasa dingin

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu LakukanIlustrasi mandi (unsplash.com/bruce mars)

Mandi selepas bangun tidur merupakan hal yang sangat ampuh untuk menghilangkan rasa malas. Hal itu terjadi karena ketika pagi, air pasti akan terasa dingin. Jika kamu mandi menggunanakan air tersebut, matamu pasti akan langsung melek karena kedinginan.

Meskipun menimbulkan efek kaget, namun hal itu sangatlah ampuh agar kamu tidak mengantuk lagi. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk langsung mandi meskipun airnya sangat dingin, ya!

4. Perbanyak bertemu orang-orang untuk berinteraksi

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu LakukanIlustrasi pertemanan (unsplash.com/Ben Duchac)

Rasa malas itu bisa membuat seseorang menjadi enggan bersosialisasi karena terlalu nyaman menjalani keseharian dengan kesendirian. Agar bisa terbebas dari rasa malas, kamu wajib melawannya dengan cara perbanya bertemu orang.

Hal tersebut pasti akan memantik keinginanmu untuk berinteraksi sehingga banyak kegiatan ang harus dilakukan di luar. Rasa malas pun lambat laun pasti akan menghilang, kok!

5. Jangan tidur terlalu larut

Agar Gak Kecanduan Bermalas-malasan, 5 Hal Ini Wajib Kamu LakukanIlustrasi tidur (unsplash.com/Gregory Pappas)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa rasa malas itu bisa saja muncul ketika seseorang terlalu mengantuk. Rasa kantuk semacam itu sebenarnya mudah dihilangkan dengan cara memperbaiki waktu tidurmu. Cobalah untuk berhenti begadang agar pola tidurmu menjadi teratur.

Namun jika kamu masih tetap ingin tidur sampai larut malam, maka keesokan paginya rasa malas pasti akan menggebu-gebu. Ubahlah kebiasaan tersebut karena hal itu tentunya akan berdampak buruk pula bagi kesehatanmu.

Menghilangkan kecanduan bermalas-malasan memang bukanlah hal yang sepele. Namun jika hal tersebut tidak segera dihilangkan, maka bersiaplah hidupmu pasti akan berantakan.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawai

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya