Comscore Tracker

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!

Menjadi produktif tak harus menyiksa diri

Banyak yang beranggapan bahwa sebuah kesuksesan itu bisa diraih jika seseorang mau bekerja keras. Dalam dunia kerja, anggapan semacam itu sebenarnya perlu diubah agar lebih optimal. Maksudnya di sini adalah kamu memang perlu mengasah sikap produktif di dalam diri, namun dengan cara yang lebih bijak.

Kamu bisa banget mengedepankan praktik "kerja cerdas" agar dapat meraih semua goals dengan mudah. Ada beberapa tips produktif yang bisa kamu lakukan tanpa harus membuatmu tertekan. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini, ya!

1. Buatlah daftar tanggung jawab yang harus dikerjakan dengan memerhatikan porsinya

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!Ilustrasi bekerja (pexels.com/sam lion)

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa lebih produktif adalah membuat skala prioritas. Kamu bisa memilih pekerjaan dari terberat hingga yang paling ringan. Jika sudah dipisahkan, kamu bisa memilih hal apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu.

Agar tidak memberatkan, coba deh untuk menyelesaikan pekerjaan yang porsinya secara bergantian. Maksudnya adalah kamu saat ini perlu menyelesaikan pekerjaan yang berat, namun besoknya itu bisa memilih sebaliknya.

2. Jangan bekerja secara non-stop, beristirahatlah setiap 30 menit

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!Ilustrasi lelah (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Apakah kamu sering mengerjakan sesuatu dari pagi sampai malam secara non-stop? Jika iya, coba deh untuk mengganti metode semacam itu, sebab akan berdampak buruk bagi pikiranmu. Terkadang, kamu perlu bekerja secara lebih cerdik dengan beristirahat setiap 30 menit.

Waktu istirahatnya tidak butuh waktu lama, kamu hanya perlu menenangkan diri selama 5 menit saja. Hal tersebut pasti akan membuat pikiranmu menjadi tidak rawan terkena stres. Namun untuk menggunakan metode ini perlu latihan yang cukup, sebab kamu harus mengalahkan rasa malas saat sedang beristirahat.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu buat Kamu yang Ingin Produktif, Simak! 

3. Jika tidak mampu menyelesaikannya, coba minta bantuan seseorang yang lebih expert

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!Ilustrasi berbicara (pexels.com/mikhail nilov)

Ketika menghadapi pekerjaan yang menurutmu benar-benar sulit, janganlah kamu terus memaksakan diri untuk menyelesaikannya. Ingatlah, bahwa kamu itu masih memiliki kolega yang bisa dimintai bantuan. Saat pekerjaanmu terasa berat, coba deh untuk meminta bantuan ke orang-orang yang lebih expert.

Hal tersebut perlu dilakukan agar hasil pekerjaanmu tidak asal-asalan. Selain itu, kamu juga gak akan mudah stres sebab memikirkan hal-hal yang di luar kemampuanmu. Bersikap bijaklah dalam bekerja, agar semua tanggung jawab bisa diselesaikan dengan baik.

4. Jangan pernah mengerjakan sesuatu yang mepet dengan deadline

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!Ilustrasi bekerja (pexels.com/sam lion)

Siapa nih yang suka mengerjakan sesuatu namun senantiasa mepet dengan deadline? Percaya deh, kalau hal tersebut itu hanya akan menyiksamu, lho! Memang kamu pasti akan memiliki tingkat fokus yang tinggi, tetapi hal tersebut tidaklah cukup.

Kamu memerlukan waktu lembur yang lebih lama sehingga akan berpengaruh kepada kesehatanmu. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa memulai strategi bekerja secara produktif tanpa mengorbankan kesehatan diri, ya!

5. Bisa melihat peluang yang berguna untuk memudahkan pekerjaanmu

5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!Ilustrasi riset (pexels.com/athena)

Untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, kamu bisa menggunakan berbagai macam cara. Namun, kamu juga perlu menyiasatinya dengan menemukan cara pengerjaan yang ampuh.

Salah satunya adalah dengan terbiasa melihat peluang yang ada. Maksud dari peluang di sini adalah kamu harus bisa menemukan jalan pintas untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa mengubah hasil.

Hal semacam itu sebenarnya bisa ditemukan jika kamu mau menganalisis pekerjaanmu terlebih dahulu. Contohnya adalah jika pekerjaanmu memerlukan aplikasi Microsoft Excel, kamu bisa mencari rumus-rumus yang dapat memudahkanmu dalam menyelesaikannya.



Sebenarnya tidak perlu mengeluarkan tenaga yang berlebih jika kamu ingin bersikap produktif. Oleh karena itu, mulai sekarang coba deh untuk mempraktikkan kelima hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tips Selalu Konsisten dalam Hal Apapun agar makin Produktif

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya