Comscore Tracker

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion 

Semua orang pasti pernah mengalaminya kok

Bekerja sesuai passion adalah harapan setiap orang. Meski tidak mudah dalam meraihnya, namun bukan berarti hal tersebut mustahil. Ada banyak pengorbanan yang harus kamu keluarkan demi mengejar passion. Terkadang kamu harus bisa membagi waktumu agar hidupmu seimbang dan tidak ada yang berantakan.

Mungkin mengejar passion akan sulit di awal, namun jika kamu cukup bahagia menjalaninya alangkah lebih baik untuk terus mengupayakannya. Mengejar passion membuatmu lebih mencintai dan menghargai apa yang kamu kerjakan. Berikut ini beberapa jenis pengorbanan yang akan kamu hadapi ketika mencoba meraih passionmu. Jangan mudah menyerah ya!

1. Di awal kamu harus rela tidak dibayar demi meningkatkan keterampilanmu  

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion imdb.com

Mengerjakan passion sekaligus mendapat uang adalah hal yang menyenangkan. Namun terkadang kamu tidak seberuntung itu. Terkadang yang terjadi kamu harus rela tidak dibayar demi bisa meningkatkan keterampilan. Bahkan di awal kamu perlu mengeluarkan biaya sendiri untuk segala keperluanmu. Beberapa hasil karyamu juga tidak akan langsung laku dijual, perlu perjuangan dan motivasi yang besar untuk tetap bertahan pada produktivitas tersebut. Memang tidak akan instan untuk meraihnya, namun jika kamu tetap mencintai apa yang kamu kerjakan hal tersebut akan lebih mudah. 

2. Pikiranmu akan dipenuhi ide-ide yang terkadang membuatmu stres 

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion imdb.com

Apakah yang kamu pikirkan seharian adalah tentang pekerjaan tersebut? Jika iya, kamu telah mengerjakan sesuai passionmu. Tanpa disadari apa yang selalu kamu pikirkan merupakan suara hatimu yang paling dalam. Meskipun stres memikirkan pekerjaan tersebut, namun kamu tidak pernah berpaling untuk hal lain.

Seseorang yang sudah fokus dan semangat melakukannya tidak akan pernah berhenti memikirkannya. Kamu terus mencari cara baru dan belajar hal-hal baru agar tidak tertinggal dengan yang lain. Jadi kamu hanya perlu menikmati prosesnya sampai meraih apa yang kamu impikan.

3. Tidak sembarang mengerjakan dan harus menggunakan 'hati' 

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion imdb.com

Perbedaan seseorang yang mengerjakan sesuai passion dan yang tidak terlihat dari seberapa tulus kamu melakukannya. Paksaan dan tuntutan dari orang lain hanya akan membuatmu terkekang. Hal ini sangat berpengaruh pada kreatifitasmu. Kamu menjadi sangat tergantung dari mood sehingga sering menunda-nundanya.

Kamu harus menumbuhkan motivasi bahwa apa yang kamu kerjakan adalah untuk dirimu sendiri. Memang orang lain tetap akan memberimu target, namun kamu harus tetap mengerjakannya dengan “hati” dan bertanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga: Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!

4. Terkadang kamu harus siap waktu tidurmu berkurang 

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion imdb.com

Seringkali apa yang menjadi passionmu merupakan tujuan jangka panjang yang kamu miliki. Jadi bukan sesuatu yang instan untuk diraih. Kamu harus rela menghabiskan banyak waktumu untuk berkutat pada aktivitas tersebut. Seseorang yang mengerjakan sesuai passion tidak akan mudah jenuh, malah sebaliknya kamu mengerjakannya sampai tidak kenal waktu.

Kamu tidak pernah memiliki alasan untuk tidak melakukannya dalam kondisi apa pun. Kamu lebih jeli dan teliti mengerjakannya agar hasil yang maksimal sehingga tidak jarang kamu mengeceknya berulang-ulang.

5. Gak jarang akan banyak orang yang berkomentar, tetapi dengarkan yang positif saja ya 

5 Jenis Pengorbanan yang Harus Kamu Keluarkan Demi Mengejar Passion imdb.com

Apa yang kamu kerjakan pasti tidak akan terlepas dari komentar orang lain. Mungkin komentar buruk bisa membuatmu patah semangat. Namun kamu tidak perlu ambil pusing dengan komentar tersebut. Terkadang kamu perlu menumbuhkan sikap tidak peduli, karena tidak semua hal bisa kamu kendalikan.

Yang perlu kamu pahami ketika ada seseorang yang tidak menyukainya pasti akan ada orang lain yang menyukainya. Jadi yang harus kamu lakukan adalah fokus pada orang-orang yang menyukai karyamu bukan sebaliknya.

Itulah kelima pengorbanan yang wajib kamu keluarkan ketika mencoba mengejar passion. Pengorbanan tersebut akan membentuk mentalmu semakin kuat dan ketika kamu mampu melewati masa-masa tersebut semua akan berjalan lebih mudah.

Baca Juga: 7 Alasan Masuk Akal Kenapa Kamu Tidak Harus Bekerja Sesuai Passion

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya