Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi Diri

Mungkin ini tempat yang baik untukmu

Hampir setiap orang pernah mengalami stres akibat tuntutan yang ada dalam hidupnya. Terkadang stres yang berkepanjangan akan mengakibatkan seseorang kehilangan tujuan dan tidak fokus untuk menyelesaikan persoalan. Beragam cara orang-orang lakukan untuk bisa terhindar dari ancaman stres dan meredakan stres tersebut.

Ketika keadaan yang mencemaskan tersebut terjadi, refleksi diri sering dijadikan pilihan dalam mengelola stres. Refleksi diri merupakan salah satu pengelolaan stres dengan cara berani instropeksi diri untuk belajar dari masalah yang terjadi sebelumnya. Refleksi diri sangat penting karena bisa menaksir benang merah dari permasalahan yang terjadi dan menentukan solusi.

Agar dapat berpikir jernih terutama untuk memilih dan menentukan apa yang harus kamu selesaikan, memilih tempat yang tepat adalah kuncinya. Refleksi diri memerlukan tempat yang tenang dan nyaman sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan kondisi lingkungan sekitar. Jadi kamu dapat fokus dengan diri sendiri.

Berikut ini merupakan 5 tempat yang bisa jadi referensi untuk kamu jika akan melakukan refleksi diri.

1. Alam terbuka

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi DiriPexels/Artem Beliaikin

Alam terbuka memberikan kesan yang beragam. Akan ada pengalaman dan pengetahuan baru ketika kita memutuskan untuk mencoba perjalanan baru di alam terbuka, akan ada panorama yang mampu membuat pikiran rileks dan melupakan sejenak urusan seharian.

Perjalanan yang terencana bisa membuat lepas dari beban yang selama ini membelenggu, sehingga kamu bisa dengan jernih melakukan evaluasi dan memutuskan langkah yang harus kamu tempuh. Tidak ada salahnya kamu juga bisa mengajak seseorang yang kamu percaya untuk menceritakan masalah yang selama ini kamu hadapi.

2. Kamar tidurmu

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi DiriPexels/bruce mars

Kamar tidurmu adalah tempat untuk melepas penat seharian dan tempat paling nyaman untuk istirahat. Kamu bisa memulainya dari sana, tanpa biaya dan tenaga yang banyak. Kamu bisa evaluasi seharian mulai dari kamu bangun tidur hingga menjelang tidur.

Refleksi diri yang kamu lakukan setiap hari bisa jadi pemecah masalah dan membuatmu semangat lagi menjalani hari.

Baca Juga: 5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diri

3. Tempat perawatan tubuh atau spa

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi DiriPexels/Breakingpic

Kamu bisa memilih perawatan spa untuk menghilangkan stres dan penatmu seharian. Sebagian wanita memilih tempat ini karena selain bermanfaat bagi tubuh, perawatan spa dirasa mampu memanjakan tubuh agar jauh lebih rileks dan bugar. Manfaat ini akan lebih terasa apabila telah usai menyelesaikan banyak aktivitas dengan menguras waktu dan tenaga.

Selain itu, dengan pijatan lembut dan sentuhan atau terapi lainnya dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Efek relaksasi dari spa bisa membuatmu lebih peduli untuk merawat dirimu sendiri.

4. Rumah ibadah

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi DiriPexels/Abdullah Ghatasheh

Tidak ada salahnya mengembalikan semua masalah kepada Yang Maha Esa. Sebagai tempat untuk beribadah dan berserah diri kepada Tuhan, rumah ibadah membawa pesan esensial bahwa setiap manusia tidak hanya hidup sekarang namun masih ada kehidupan setelah ini.

Berdoa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri  dan merupakan penghubung kepada Tuhan. Meditasi dengan doa dapat digunakan mengusir pengaruh dan pikiran negatif dari berbagai masalah dalam hidup. Doa menjadikan hidup kamu lebih bermakna.

5. Museum atau galeri seni

5 Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Jadikan untuk Refleksi DiriPexels/Snow White

Sebagai tempat menyimpan dan memajang benda dengan nilai seni dan budaya yang tinggi museum sekiranya bisa menjadi tempat refleksi diri. Bagi sebagian orang mengunjungi museum atau galeri seni dapat memberikan perasaan senang dan memberikan afeksi untuk menyelami jati dirinya. Karena memang karya seni merupakan hasil kegelisahan yang dialami seseorang dalam bentuk sebuah karya.

Barang-barang seni memiliki sisi emosional dan magis tersendiri, termasuk dapat mempengaruhi kreativitasmu. Mengunjungi galeri seni merupakan wisata intropeksi dan refleksi diri.

Refleksi diri merupakan kebutuhan bagi siapapun. Memilih tempat yang tepat bisa membuatmu lebih tenang dalam menghadapi masalah yang kamu alami, juga penting untuk mengenal diri kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin "Berbenah Diri"

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya