Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang Lain

Kesuksesan memiliki jalannya masing-masing 

Langkah besar selalu diawali dari langkah kecil yang kita buat setiap hari. Termasuk keputusan yang kita ambil untuk menjalaninya. Kesuksesan tidak akan lepas dari keputusan-keputusan yang kita pilih dalam hidup. Seseorang yang sudah memiliki impian yang kuat tidak akan ragu dengan pilihan hidupnya, terutama ketika memiliki pilihan yang berbeda dengan orang lain.

Seringkali seseorang terpengaruh untuk mengambil jalan yang sama dengan orang lain. Sifat ini sering dinilai cari aman, karena takut mengambil risiko. Padahal tidak selalu cara yang sama akan berhasil diterapkan, karena kegagalan bisa datang dalam beragam bentuk. Maka dari itu jika pilihan hidup yang kamu ambil berbeda dari orang lain, tidak masalah. 5 alasan berikut ini bisa membuatmu tetap yakin untuk menempuh jalan tersebut.

1. Setiap orang memiliki arti kesuksesan yang berbeda 

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang LainPexels/Andrea Piacquadio

Kesuksesan sangatlah subjektif. Setiap orang memiliki makna yang berbeda dalam mengartikannya. Bagi sebagian orang, memiliki banyak materi adalah kesuksesan, beberapa yang lain kebahagiaan untuk orang-orang terdekat adalah kesuksesan dan sebagainya.

Perbedaan makna setiap orang dalam mengartikan kesuksesan menjadikan setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mewujudkannya. Maka dari itu seseorang yang menempuh jalan yang berbeda memiliki arti kesuksesannya sendiri. Jangan berkecil hati jika kamu memiliki cara tersendiri dalam meraih impianmu. Selain itu, kesuksesan tidak bisa dibanding-bandingkan satu sama lain kok.

2. Cara yang sama belum tentu sama berhasilnya 

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang LainPexels/Andrea Piacquadio

Jika temanmu bisa sukses dengan cara tertentu, jangan mengira bahwa kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya. Mungkin ini merupakan prinsip yang harus kamu pegang teguh ketika berusaha. Bahwa cara yang telah sukses dilakukan orang lain belum tentu sama berhasilnya ketika kamu lakukan.

Berhenti menilai bahwa kesuksesan bisa diukur dengan metode tertentu. Kesuksesan akan datang atas apa yang kamu korbankan selama ini. Lebih baik kamu memiliki standar kesuksesanmu sendiri daripada meniru apa yang dilakukan orang lain. Jangan takut gagal jika kamu memiliki cara tersendiri untuk kesuksesanmu.

3. Lebih bisa menerima kegagalan karena sejak awal ada konsekuensi yang harus diterima 

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang LainPexels/Andrea Piacquadio

Seseorang yang mengambil jalan yang berbeda dengan orang lain sama dengan telah mengambil risiko. Mengambil risiko membuat seseorang memiliki mental yang kuat, karena akan menanggung konsekuensi atas apapun hasilnya. Kamu bisa mendapat banyak pelajaran dari sini, yang belum tentu didapatkan banyak orang.

Keputusan yang berbeda membuat seseorang memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan. Tidak jarang seseorang dengan tipe seperti ini telah mempertimbangkan banyak opsi ketika gagal, bukannya lari dari tanggung jawab. Kegagalan merupakan konsekuensi yang harus kita terima ketika ingin berhasil.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Teman agar Dirimu Lebih Berkembang, Terapkan Cara Ini! 

4. Membuat perjalanan hidupmu lebih bermakna 

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang LainPexels/Andrea Piacquadio

Jalan yang kita pilih mungkin tidak akan selalu mulus karena berbeda dengan orang lain. Seringkali kita akan kesulitan mencari solusi dari masalah yang terjadi, karena tidak semua orang mengalami permasalahan yang sama. Namun dari sini kamu akan mengetahui makna hidup yang dalam. Pengalaman yang tidak bisa didapatkan orang lain yang membuatmu memiliki sudut pandang baru dan pelajaran berharga. Kesuksesanmu bisa sangat bermakna bagimu.

Terkadang seseorang yang mengambil jalan berbeda bukannya tanpa persiapan. Dirinya telah tahu kelebihan apa yang harus dikembangkan dan berusaha selalu memperbaiki kekurangan. Tidak jarang karena pilihan hidup seperti ini seseorang bisa mengenal dirinya semakin dalam.

5. Yang paling penting kamu bahagia ketika menjalani prosesnya 

5 Alasan Gak Perlu Takut Memilih Jalan yang Berbeda dengan Orang LainPexels/Andrea Piacquadio

Kebahagiaan adalah hal utama dalam menjalani usaha. Sesulit apapun pilihan yang kamu lalui akan terasa mudah jika kamu sudah bahagia dan menyukainya. Bahagia membuat kita konsisten karena tidak ada paksaan untuk melakukannya, daripada mengikuti pilihan orang lain namun tidak menikmatinya. Mulailah mencari apa yang kamu suka, dan bagaimana dirimu bisa berkembang untuk menjadi lebih baik. Jangan dengarkan perkataan negatif dari orang lain, tunjukkan bahwa kesuksesanmu justru tidak dilalui dengan cara yang orang lain lakukan.

Jangan patah semangat meski jalan yang kamu tempuh berbeda dengan pemikiran orang lain. Justru kamu memiliki pola pikir yang istimewa dan idealisme tersebut merupakan kelebihan yang patut kamu banggakan.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Menentukan Pilihan Hidup, Renungkan dengan Mendalam!

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya