Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang Lain

Menjadi populer dibentuk dari kebiasaan, bukan pencitraan ya

Hampir sebagian orang ingin lebih dikenal dan populer dalam suatu komunitas atau lingkungan. Menjadi populer (dalam artian positif) membuatmu mudah dipercaya secara personal. Kamu menjadi sosok yang penting dalam lingkungan tersebut. Terutama ketika menjadi pekerja profesional, terlihat populer menunjukkan personal branding yang membuatmu memiliki kompetensi lebih dari yang lain.

Ternyata kunci untuk dikenal dan populer berasal dari interaksi. Dengan menambah kebiasaan-kebiasaan kecil ketika bertemu orang lain, akan memberi kesan pertama yang berpengaruh pada interaksi selanjutnya.

Orang lain akan menilaimu sebagai seseorang yang percaya diri dan terbuka kepada siapa pun. Hal itu yang menjadikanmu menarik. Lalu apa saja yang bisa membuatmu lebih populer tersebut? Berikut ini 5 perilaku sederhana yang bisa kamu terapkan.

1. Memberi senyuman ketika berinteraksi

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang LainPexels/bruce mars

Ketika berinteraksi dengan orang lain, tersenyum menunjukkan bahwa kamu telah menyetujui ucapannya. Kamu akan cenderung tidak menahan penilaian maupun kritik, karena perilaku tersebut bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Kamu cukup menambahkan senyum untuk membalas pernyataan orang lain, dan dampak dari perilakumu tersebut bisa membuat orang lain senang kepadamu. Terutama kepada orang yang baru kamu kenal. Sesering mungkin memberikan senyuman membuatnya tidak canggung dan penting untuk kelanjutan interaksi seterusnya. Mudah bukan?

2. Mudah mengucapkan “terima kasih” dan “minta maaf"

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang LainPexels/Chanita Sykes

Setiap orang senang dihargai. Agar kamu bisa menjadi populer lakukan hal tersebut. Hargai apa yang sudah dilakukan orang lain dan evaluasi apa yang sudah kamu lakukan. Mengucap “terima kasih” terkadang sulit dilakukan.

Biasanya dikarenakan sudah terlalu kenal dan menganggap bantuan orang lain adalah hal yang biasa, atau terkadang lupa untuk mengucapkannya. Selalu ingat baik bantuan besar atau kecil, segeralah untuk mengapresiasi bantuan orang lain dengan mengucap “terima kasih”.

Dan juga, seringkali kamu tidak sadar melakukan kesalahan sehingga membuat orang lain tersinggung. Untuk mengantisipasinya, ketika kamu merasa ada yang berubah darinya, akui kesalahan dan cobalah meminta maaf atas apa yang sudah kamu lakukan. “Apakah ada yang salah dari perlakuanku?”

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Perlu Memikirkan Komentar Orang Lain, Gak Guna! 

3. Mudah memberi pujian yang tulus

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang LainPexels/Min An

Pujian adalah perilaku sederhana yang banyak membawa manfaat. Kamu bisa memberi pujian dalam hal-hal sederhana, seperti kebiasaan baik yang dia lakukan, penampilannya, sifat dan perilaku. Jadi tidak harus selalu menunggu prestasi-prestasi besar. Memberikan pujian pada orang lain membuatnya lebih percaya diri dan menunjukkan bahwa dirimu tidak memiliki pikiran negatif tentangnya.

Namun, tentu kamu harus memberikan pujian tersebut secara tulus, cukup berikan pujian saat kamu kagum dengan apa yang sudah dia lakukan saja. Sehingga tidak membuatmu seakan mereka-reka pujian tersebut.

4. Fokus dan berikan perhatian penuh kepada orang lain

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang LainPexels/Jopwell

Menjadi populer berasal dari perlakuan baikmu kepada orang lain. Memberikan perhatian penuh membuatmu tidak menomorduakannya ketika berkomunikasi. Ini penting, perilaku seperti sibuk bermain hp, mata tidak fokus, atau menyambi aktivitas lain adalah hal yang harus kamu hindari.

Jauhkan barang-barang yang membuatmu tidak fokus pada topik pembicaraan. Jika orang lain sadar ketika kamu tidak memperhatikannya, itu bisa menjadi percakapan terakhir kalian. Dengarkan dulu apa yang ingin orang lain sampaikan, jika itu penting kamu harus memprioritaskan untuk membantunya. Jadilah pendengar yang baik.

5. Memiliki hobi yang rutin dilakukan

5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang LainPexels/Dennis Leinarts

Menjadi seorang yang populer mengharuskan kamu melakukan kebiasaan yang jarang dilakukan orang lain. Kamu akan dikenal menjadi seorang ahli dalam bidang tertentu. Memiliki hobi khusus atau mengikuti sebuah komunitas, merupakan cara membentuk kebiasaan yang positif.

Kebiasaan ini bisa dilakukan dengan mencari apa yang disukai dan niat untuk bisa konsisten melakukannya. Kamu tidak perlu menguasai banyak hal, cukup ahli dalam bidang tertentu dan orang lain akan mengakui kemampuanmu.

Menjadi populer sangat dipengaruhi bagaimana kebiasaanmu sehari-hari. Kuncinya pada interaksi dan kesan pertama yang kamu berikan. Seminimal mungkin kamu perlu menghindari konflik dengan orang lain. Kesan buruk tersebut bisa meruntuhkan popularitas yang kamu bangun selama ini.

Baca Juga: 5 Hikmah yang Kita Dapat Ketika Dibanding-Bandingkan dengan Orang Lain

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya