Comscore Tracker

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan Sosial

Masa muda adalah masa pencarian jati diri

Aktif di kehidupan sosial sangat dibutuhkan ketika seseorang menginjak usia dewasa. Bertemu banyak orang bisa memberikan banyak pengalaman dan sudut pandang baru. Karena itu orang yang mudah bersosialisasi cenderung terbuka dan mudah memahami perbedaan dan toleransi.

Apakah kamu seseorang yang senang berorganisasi atau berinteraksi dengan orang lain? Berikut terdapat 5 keuntungan bagi seseorang yang selalu aktif dalam kehidupan sosialnya.

1. Menambah ide dan wawasan dengan bertemu banyak orang baru

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan SosialPexels/Tomaz Barcellos

Aktif di kehidupan sosial membuatmu lebih percaya diri ketika bertemu setiap orang. Kamu sudah terbiasa bagaimana orang lain akan menilai dan mengenalmu. Hal ini memungkinkanmu untuk mengenal banyak sifat dan karakter tiap orang. Kamu sudah terbiasa dalam banyak situasi saat berkenalan dengan banyak orang-orang baru. Akibatnya kamu jadi lebih mengenal dirimu sendiri dan rasa percaya dirimu meningkat.

Selain itu kepercayaan diri membantumu bekerja lebih produktif. Kamu menghabiskan waktu dengan banyak orang yang memungkinkanmu mendapat banyak ide dan wawasan. Dari hal tersebut kamu memiliki banyak rencana untuk selalu memperbaharui kinerjamu. Orang yang aktif di kehidupan sosial tidak akan kehabisan ide.

2. Membuat ingatanmu semakin tajam

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan SosialPexels/ELEVATE

Bertemu banyak orang membuatmu mengingat banyak momen. Hampir setiap hari kamu bertemu orang-orang yang berbeda dengan pemikiran yang juga berbeda. Selalu ada bahan pembicaraan yang membuatmu senang. Interaksi tersebut membuatmu lupa dengan permasalahan dan pemikiran negatif lainnya.

Ketika banyak pikiran negatif yang hilang, ingatanmu akan banyak diisi ide- ide positif untuk bisa kamu realisasikan. Kamu menjaga pikiran positif tersebut dalam kepalamu sehingga membuat ingatanmu terjaga. Selain itu, bukan hanya ingatanmu semakin tajam namun juga terhindar dari sifat pesimis dengan banyak hal

Baca Juga: 5 Perbuatan Terhormat Ini Patut Diterapkan dalam Kehidupan Sosial

3. Kesehatan mentalmu terjaga dan terhindar dari penyakit mental

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan SosialPexels/Helena Lopes

Apakah kamu mudah frustrasi dengan sebuah permasalahan dan berdampak pada kesehatan mentalmu? Seseorang yang terlalu sering sendiri dan memendam emosinya bisa memicu datangnya penyakit mental, terutama depresi. Seorang yang aktif di kehidupan sosial jarang mengalami hal tersebut. Jika lingkungan pertemananmu sehat, di sanalah kamu bisa mengobati dan mencurahkan dirimu pada orang lain.

Ada banyak saran dan masukan yang bisa kamu terima. Dengan syarat kamu terbuka dan jujur dengan permasalahan. Ketika kamu terhubung dengan orang lain, kamu telah mengeluarkan banyak trauma dan pikiran-pikiran negatif. Komunikasi adalah jalan terbaik dan mudah untuk membuatmu sehat secara mental

4. Memperbanyak relasi dan mencari peluang kerja

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan SosialPexels/Lisa Fotios

Semua orang sepakat aktif di kehidupan sosial membuatmu memiliki banyak teman. Jika kamu pandai mengenali orang lain dia bisa bermanfaat dan membantumu dalam banyak hal. Termasuk mencari peluang kerja. Akan ada banyak informasi yang jika kamu jeli bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang.

Selain itu seorang yang aktif di kehidupan sosial tidak akan betah menganggur. Dengan banyaknya relasi yang kamu punya, orang lain bisa membantumu menemukan pekerjaan atau bahkan merekrutmu. Memiliki banyak relasi membuat hidupmu lebih tenang, termasuk dalam hal mencari pekerjaan

5. Mudah mendapat pasangan

Tidak Betah di Rumah, Ini 5 Keuntungan Terus Aktif di Kehidupan SosialPexels/Marx Ilagan

Jangan salah jika seseorang yang aktif di kehidupan sosial bisa cepat move on dan mendapat pasangan yang baru. Teman lawan jenis tentu mudah kamu dapatkan ketika sering bertemu banyak orang. Tidak jarang mereka akan merekomendasikan dan mengenalkan teman yang dia kenal agar kamu tidak bersedih hati soal pasangan.

Jika kamu masih sering terkendala tentang masalah jodoh, lebih baik kamu memperbaiki kehidupan sosialmu agar lebih aktif lagi. Kamu bisa mengawalinya dengan basa-basi, dan jangan terlalu gengsi ketika membicarakan soal pasangan

Aktif di kehidupan sosial memberikan banyak manfaat yang tidak akan pernah kamu kira. Termasuk bisa membuatmu lebih mudah menikmati hidup dan bahagia menjalani rutinitasmu. Bisa jadi salah satu cara agar hidupmu berubah menjadi lebih baik adalah dengan aktif di lingkungan sosialmu.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Bertahan di Lingkungan Toksik Tanpa Terpengaruh

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya