Comscore Tracker

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hari

Mulai dari hal sederhana yang sering tidak kamu perhatikan

Entah dikarenakan tidak menjadwalkan kegiatan atau tidak pandai mengatur waktu, perilaku buang-buang waktu akan mempengaruhi rutinitas kita sehari-hari. Jika sudah menjadi kebiasaan ternyata hal tersebut sangat berdampak pada kesuksesanmu lho. Karena kunci dari sebuah kesuksesan adalah kebiasaan itu sendiri.

Rutinitas yang sehari-hari kita lakukan akan mempengaruhi kesuksesan yang datang pada diri kita. Maka dari itu sangat penting memiliki rutinitas yang bisa mendekatkanmu dengan impianmu di masa mendatang. Berikut ini 5 alasan kenapa kesuksesanmu harus dimulai dari rutinitasmu sehari-hari. 

1. Kesuksesan dibangun dari kebiasaan

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hariPexels/Daria Rem

Rutinitas yang kita jalani sejak bangun tidur hingga tidur kembali membawa dampak yang besar. Beberapa kebiasaan kecil seperti, bangun lebih pagi, datang tepat waktu, atau menepati janji merupakan kebiasaan yang membuat diri kita berkembang lebih baik.

Kebiasaan yang kita lakukan saat ini akan membawa kesempatan untuk meraih kesuksesan ke depannya. Jadi jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang terjadi setiap hari, bisa jadi kesuksesanmu berasal dari sana.

2. Semua berasal dari kesuksesan kecil yang terselesaikan dengan baik

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hariPexels/Andrea Piacquadio

Kesuksesan tidak selalu berupa capaian yang besar. Karena hal-hal kecil sebenarnya bisa memberi dampak yang besar, jika rutin dilakukan. Kesuksesan merupakan jalan yang panjang, dan tidak ada jalan pintas untuk meraihnya.

Alih-alih menunggu kesuksesan yang besar, kamu harus tetap fokus dengan kesuksesan kecil yang sudah kamu raih. Rasa bersyukur atas hasil tersebut sangatlah berguna karena akan membentukmu menjadi mental pemenang. Jangan putus asa meski belum mendapat hasil yang besar dari usahamu. Kesuksesan besar akan datang ketika kamu telah menyelesaikan hal-hal kecil yang setiap hari kamu taklukkan.

Baca Juga: 5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Peneliti

3. Lebih mudah menjaga motivasi dan konsistensi

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hariPexels/EVG photos

Rasa jenuh bisa datang kapan saja, karena terkadang semangat hanya datang di awal. Maka dari itu sangat penting menjaga rutinitas yang kita lakukan sehari-hari agar lebih mudah mengendalikan motivasi dan tetap konsisten. Keinginan yang kuat pada waktu tertentu saja tidak akan membuat kita menjadi lebih baik, perlu konsisten dan menjaga semangat melakukannya terus menerus. Bukankah lebih baik sedikit namun rutin daripada banyak namun jarang.

4. Kesempatan besar harus diciptakan bukan ditunggu begitu saja

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hariPexels/Maria Geller

Pernah mendengar jika “sukses akan datang kepada mereka yang siap”? Mungkin seperti itu sederhananya. Banyak orang memiliki mimpi yang besar hingga meremehkan kesempatan kecil yang datang. Padahal tidak ada kesuksesan tanpa usaha. Mungkin mempersiapkan diri terlebih dahulu lebih penting. Tidak ada yang percuma jika setiap aktivitas kita niatkan untuk sebuah kesempatan besar. Suatu saat kesempatan tersebut pasti akan muncul.

5. Mengevaluasi diri perlu dilakukan setiap hari

5 Alasan Kunci Kesuksesanmu Ditentukan dari Rutinitasmu Sehari-hariPexels/Andrea Piacquadio

Mengevaluasi diri sendiri perlu kita lakukan setiap hari. Kenapa? Karena sadar atau tidak terkadang kita akan selalu melakukan kesalahan. Kesalahan kecil sewaktu-waktu akan menggagalkan rencana yang sudah kita buat sebaik mungkin. Mengevaluasi diri sendiri membuat kita menjadi seseorang yang mampu menerima kritikan dan lebih mengenal diri sendiri.

Pada akhirnya tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu kita akan belajar sehingga tidak melakukan kesalahan tersebut lagi. Mengevaluasi diri juga penting agar kita tetap berada pada tujuan dan arah yang tepat. Kesalahan yang kita sadari lebih awal dapat meminimalisir datangnya risiko yang lebih besar.

Entah besar atau kecil, rutinitas yang kita lakukan sehari-hari akan menentukan kita mendapat kegagalan atau kesuksesan. Kelima alasan di atas mengharuskanmu untuk mengubah rutinitasmu dahulu jika ingin sukses. Semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memiliki Rutinitas yang Konsisten, Gak Asal-asalan

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya