Comscore Tracker

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi Diri

Sulit berubah ketika sudah jadi kebiasaan

Introspeksi diri merupakan perilaku yang sulit untuk dilakukan. Diperlukan kejujuran dan mental yang kuat agar bisa mengakui kesalahan dan memperbaikinya. Namun introspeksi diri perlu kita lakukan dalam hal apapun. Bahkan ketika kita sudah merasa melakukan yang terbaik. Setiap orang pasti tidak akan luput dari kesalahan.

Sayangnya kita sering menunda-nunda untuk melakukan introspeksi diri. Sikap menunda-nunda ini bisa berdampak buruk apalagi jika hal tersebut sudah terbiasa. Sikap acuh dan menyepelekan menjadi muncul dalam diri kita. Karena itu kamu perlu mengetahui kelima hal berikut ini yang bisa membuatmu menunda-nunda untuk melakukan introspeksi diri. Apa saja?

1. Merasa sudah berusaha secara maksimal 

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi DiriPexels/Andrea Piacquadio

Jangan salah bahwa perasaan percaya diri yang berlebihan bisa membuatmu jarang untuk introspeksi diri. Rasa percaya diri memang sangat dibutuhkan dalam berusaha, namun ternyata rasa percaya diri yang berlebihan sangatlah berbahaya. Kamu bisa menjadi seseorang yang anti-kritik dan tertutup.

Kamu merasa sudah melakukan semuanya dengan maksimal, dan tidak merasa melakukan kesalahan. Padahal sebaliknya, rasa pede sering membuatmu tidak jeli melihat kesalahan. Sikap seperti ini perlu kamu hindari karena bisa membuatmu aman dan tanpa ancaman sehingga jarang melakukan introspeksi diri. Jangan sampai hasil di akhir membuatmu banyak kecewa.

2. Berbohong pada diri sendiri 

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi DiriPexels/Andrea Piacquadio

Berbohong pada diri sendiri sering tidak kamu sadari disebabkan karena hal-hal remeh. Biasanya kamu terlalu menyepelekan atau menolak intuisimu. Pasti kamu pernah mengalami hal tersebut. Peristiwa tertentu terkadang membuatmu berpikir dua kali, namun sayangnya kamu menolak untuk percaya pada intuisi tersebut. Kebohongan tersebut menunjukkan bahwa kamu belum mengenal dirimu lebih dalam.

Berbohong pada diri sendiri biasanya disebabkan karena sudah terlalu nyaman dan aman pada posisi yang sekarang. Terlalu betah pada zona nyaman bisa membuatmu terlena untuk introspeksi diri. Sama dengan perilaku berbohong lainnya, berbohong pada diri sendiri bukanlah perilaku yang baik. Jika terlalu sering dilakukan kamu akan kehilangan kepekaan dengan perasaanmu.

3. Tidak ingin terlihat lemah oleh orang lain 

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi DiriPexels/mentatdgt

Terkadang kita terlalu menganggap serius omongan orang lain. Introspeksi sering diartikan ketika kita telah melakukan banyak kesalahan.  Sehingga tidak jarang kita dicap lemah dan sumber kesalahan oleh orang lain. Perasaan minder ini bisa membuatmu jarang introspeksi.

Perilaku ini menunjukkan bahwa kamu belum bisa jujur pada dirimu sendiri, terutama untuk mengakui kesalahan. Padahal mengakui kesalahan meski berat harus kamu ungkapkan. Memendam kesalahan agar orang lain tidak mengakuinya malah akan membuatmu melakukan kesalahan yang sama lagi. Introspeksi diri diperlukan sikap jujur kepada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Introspeksi Diri Setelah Putus, Biar Siap Move On!

4. Belum bisa memanajemen waktu dengan baik 

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi DiriPexels/Andrea Piacquadio

Faktor ini masih sering terjadi, bahwa sebenarnya ada niatan untuk introspeksi diri namun tidak bisanya memanajemen waktu yang baik sehingga tidak sempat melakukannya. Memang melakukan introspeksi diri perlu meluangkan waktu tersendiri. Terkadang sibuknya pekerjaan membuat seseorang tidak menyempatkan untuk melakukannya.

Meski sibuk, seharusnya bukan alasan untuk tidak melakukan introspeksi diri. Belum bisanya menentukan skala prioritas merupakan penyebab seseorang tidak bisa memanajemen waktunya dengan baik. Setidaknya introspeksi diri dilakukan secara rutin. Jika dijadwalkan semakin lama akan terbiasa dan mudah dilakukan.

5. Tidak sadar untuk mencari kesalahan atau sering terlupakan

5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi DiriPexels/Andrea Piacquadio

Introspeksi diri mengharuskanmu untuk mencari kesalahan dirimu sendiri. Namun beberapa orang sering enggan untuk mencari-cari kesalahan yang pernah dilakukan. Bahkan terkadang kita sering lupa dengan kesalahan yang pernah dilakukan. Karena itu salah satu hal yang membuatmu tidak melakukan introspeksi diri dikarenakan kamu tidak mau mencari kesalahan tersebut.

Padahal setiap orang pasti akan melakukan kesalahan sekecil apapun. Solusinya adalah kamu bisa mencatat setiap kesalahan yang pernah kamu lakukan. Jangan melupakan kesalahan begitu saja karena ada banyak pembelajaran yang bisa kamu petik setelahnya. Terutama menghindari kesalahan kedua kalinya.

Kelima hal di atas sering dijadikan alasan untuk menunda melakukan introspeksi diri. Dalam hal apapun introspeksi diri perlu dilakukan, bahkan ketika kamu merasa pada performa terbaikmu.

Baca Juga: Jangan Egois! 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Sering Introspeksi Diri

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya