Comscore Tracker

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!

Jangan terburu-buru mengeluarkan uangmu

Memiliki sifat konsumtif tentu tidak menyenangkan, apalagi ketika pendapatan kita tidak sebanding dengan pengeluaran. Banyaknya keinginan untuk membeli barang-barang terbaru atau yang sedang trending sering tidak bisa dibendung. Biasanya pembelian tersebut lebih mengutamakan keinginan dan gaya saja daripada kebutuhan.

Meski tidak ada salahnya ketika belanja banyak asalkan sesuai dengan uang yang kita punya, namun penyesalan setelah berbelanja seringkali terjadi. Hal tersebut dikarenakan barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi dan justru membuat kita menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah. Maka dari itu penting untuk terus menjaga diri kita agar terhindar dari sifat konsumtif yang sementara. Di bawah ini terdapat 5 pertanyaan yang bisa kamu jawab sebelum berbelanja agar bisa menghemat uang dan menghindari kerugian barang setelah pembelian.

1. Apakah tidak ada barang yang lebih murah?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/Alexandra Maria

Terkadang dalam berbelanja seseorang terjebak oleh gengsi. Gengsi membuat kita membeli barang yang lebih mahal padahal ada banyak barang yang lebih murah. Agar terhindar dari gengsi, tentunya kamu perlu mengutamakan fungsi sebuah produk daripada harganya. Jangan mudah untuk mengeluarkan uang ketika bertemu barang yang mahal.

Cobalah untuk mencari barang yang lebih murah dahulu. Karena jika ada yang lebih fungsional dan hemat kenapa tidak? Selain itu jangan mudah termakan tren, karena barang-barang yang sedang trending akan lebih mahal dari biasanya. Belilah setelah harganya turun dan wajar untuk dibeli.

2. Seberapa sering barang tersebut digunakan setiap hari?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/mentatdgt

Sifat konsumtifmu biasanya muncul sementara. Maka dari itu untuk meyakinkanmu untuk membelinya, cobalah untuk berpikir seberapa sering barang yang akan kamu beli digunakan setiap hari. Beberapa barang biasanya hanya digunakan sewaktu-waktu dan bukan kebutuhan utama. Tentu kamu bisa memperkirakan seberapa sering barang tersebut digunakan untuk memperhitungkan uang yang kamu keluarkan juga. Jangan mengeluarkan banyak uang hanya untuk barang yang tidak sering kamu gunakan.

3. Berapa hari bekerja agar bisa terbeli barang tersebut?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/Andrea Piacquadio

Butuh berapa lama kamu bekerja agar barang tersebut bisa terbeli? Memiliki banyak uang didompet membuat kita cenderung ingin menghabiskannya. Apalagi jika tanggal muda setelah gajian. Terkadang hal tersebut yang membuatmu lupa agar bisa hidup lebih hemat. Cobalah berpikir ulang setiap ingin membeli barang. Berapa persen dari gajimu juga perlu ditabung bukan?

Jika kamu sangat menginginkan sebuah barang, cobalah untuk menabungnya dan tidak mengorbankan kebutuhan lain, seperti menghabiskan uang gajimu hanya untuk membeli barang tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Tekan Pengeluaran Belanja di Supermarket

4. Apakah memiliki barang tersebut membuat hidupmu lebih mudah?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/mentatdgt

Pertanyaan ini harus kamu jawab jujur. Apa keuntungan setelah kamu membeli barang tersebut, apakah benar-benar sebagai kebutuhan atau hanya keinginan. Terkadang kita tertipu untuk membeli padahal tidak membuat hidup kita lebih mudah, justru sebaliknya. Beberapa barang membuat hidup kita terbebani untuk merawatnya, sehingga ada waktu dan biaya lebih untuk dikorbankan.

Maka sebelum membelinya kamu perlu memperkirakan apakah barang tersebut hanya akan membebanimu atau membuat hidupmu lebih mudah. Ada tips ketika kamu berbelanja, cobalah untuk mengajak orang lain. Jika sendiri kamu akan termakan ego karena tidak ada yang memberi masukan kepadamu. Orang lain bisa memberi sudut pandang lain terhadap apa yang akan kamu beli dan apakah barang tersebut cocok denganmu atau tidak.

5. Apakah ada kebutuhan prioritas yang belum terpenuhi?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/mentatdgt

Beberapa orang sering menyesal setelah membeli sebuah barang. Bisa karena kecewa dengan barang tersebut atau ada kebutuhan lain yang terlupakan. Keperluan seperti biaya-biaya yang wajib kita keluarkan setiap bulan sering terlupakan hanya karena iming-iming ingin berbelanja barang baru. Agar terhindar dari sifat konsumtif dan hanya membeli sesuai apa yang kamu butuhkan, coba untuk mengingat lagi adakah kebutuhan lain yang lebih prioritas.

Jika ada, kamu harus menunda dahulu pembelian barang tersebut. Ingat kembali apa yang kamu butuhkan dan tidak. Agar lebih hemat jangan mudah untuk mengeluarkan uangmu dan selalu pikirkan konsekuensinya.

Jika kamu sudah mantap menjawab 5 pertanyaan diatas berarti kamu sudah lolos dan bisa membeli barang tersebut. Namun jika masih ragu kamu perlu menundanya dan membelinya di lain waktu. Sifat konsumtif biasanya hanya jebakan dan membuat terbebani setelahnya.

Baca Juga: 7 Hal Nyebelin yang Sering Dialami Saat Belanja Online, Pernah Gak?

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya