Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!

Ayo siapa yang suka ngegosip? Lebih baik stop deh!

Perilaku suka membicarakan keburukan orang lain atau biasa dikenal dengan gosip mungkin sudah sering kita dengar dan lihat dalam keseharian kita. Seolah, gosip sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita.

Sejatinya, perilaku gosip merupakan perbuatan yang tercela. Apapun alasan yang membenarkan perilaku gosip, jelas itu merupakan pemikiran yang keliru.

Perilaku suka bergosip sudah sepatutnya dihindari dari kehidupanmu. Untuk lebih meyakinkanmu, simak beberapa alasan mengapa berhenti bergosip wajib ada di resolusi tahun barumu.

1. Bergunjing atau bergosip itu merupakan perbuatan yang gak produktif buat hidupmu, bergosip cuma akan buang-buang waktu berhargamu

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!pexels.com/Tirachard Kumtanom

Menghabiskan waktu untuk membicarakan keburukan orang lain itu sama sekali tidak akan membawa manfaat bagi hidupmu. Dengan bergosip, kamu justru hanya akan menyia-nyiakan waktu berhargamu.

Daripada kamu menghabiskan waktumu untuk bergosip, alangkah baiknya jika waktu yang kamu punya kamu habiskan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti, membaca buku, beresin tugas sekolah ataupun pekerjaanmu. Dengan kamu melakukan kegiatan itu, tentu waktumu akan lebih produktif kan?

2. Suka bergosip juga menjadi salah satu bukti kalau kamu gak menyayangi dirimu sendiri loh!

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!unsplash.com/Alex Jones

Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan

Kalau kamu masih suka bergosip dan orang yang kamu bicarakan itu mengetahui perbuatanmu, lantas orang itu melakukan hal yang sama terhadapmu, tentu kamu sendiri tidak mau kan?

Daripada kamu sibuk ngomongin keburukan orang lain, lebih baik kamu fokus dengan kehidupanmu sendiri, belajarlah untuk bisa memperbaiki diri dan rajin-rajinlah untuk introspeksi, karena gak menutup kemungkinan kalau hidupmu ternyata gak lebih baik dari orang yang sering kamu gosipin itu.

Baca Juga: 10 Negara Ini Punya Makanan Spesial Saat Tahun Baru, Apa Saja?

3. Gosip itu merupakan perbuatan yang jelas-jelas dilarang dalam agama

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!unsplash.com/Kristina Flour

Agama apapun sudah pasti melarang umatnya untuk melakukan perbuatan tercela termasuk dengan gosip. Karena sudah jelas, bahwasanya perilaku bergosip itu selain merugikan orang lain juga merugikan diri kita sendiri.

Diam itu emas

Mungkin ungkapan itu bisa kamu terapkan pada kehidupanmu, alih-alih kamu membicarakan keburukan orang lain, justru kamu lebih memilih untuk diam daripada membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat.

4. Suka gosip juga bisa menjadi indikasi kalau sebenarnya hidupmu itu kurang bahagia

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!unsplash.com/MMPR

Terlalu sibuk membicarakan kejelekan orang lain bisa menjadi indikasi kalau ternyata hidupmu kurang bahagia. Kadang, untuk menutupi kekuranganmu, kamu malah mengorek-ngorek kesalahan orang lain agar kekuranganmu sendiri tidak diketahui oleh orang lain.

Kadang kamu juga gak segan membicarakan kejelekan orang lain kepada setiap orang yang kamu temui dengan tujuan agar semua orang tidak menyukai orang yang kamu bicarakan itu, sedangkan kamu sendiri tidak menyadari bahwasanya sebagai manusia, hidupmu sendiri gak akan lepas dari kesalahan bukan?

Maka dari itu, coba renungkan olehmu sendiri, apa yang menyebabkan kamu memiliki kebiasaan suka membicarakan keburukan orang lain, apakah hidupmu kesepian atau mungkin hidupmu kurang bahagia makanya kamu sibuk ngurusin hidup orang?

5. Kalau kamu keseringan ngegosip, lama-kelamaan orang-orang akan berusaha untuk menghindari keberadaanmu karena mereka gak suka dengan kebiasaan burukmu itu

5 Alasan Mengapa Berhenti Bergosip Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu!pexels.com/Pixabay

Kebiasaan bergosip itu bisa memberi dampak yang merugikan bagi hidupmu sendiri. Karena gak menutup kemungkinan kalau kebiasaan burukmu yang satu ini bisa mengakibatkan kamu dijauhi oleh orang-orang di sekitarmu.

Mungkin saja teman atau orang di sekitarmu akan dibuat jengkel dengan kebiasan burukmu itu dan lambat laun mereka mencoba untuk menjauhi keberadaanmu karena mereka sendiri gak betah lama-lama berdiam diri denganmu.

Nah, biar resolusi tahun barumu makin afdal, alangkah baiknya jika berhenti bergosip layak kamu masukan pada daftar resolusi tahun barumu.

Baca Juga: Tanyakan 6 Hal Ini Untuk Tentukan Resolusi yang Tepat di Tahun Baru

Tika Nurohmah Photo Community Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You