Comscore Tracker

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Teman

Kamu suka curhat gak sama temen kamu?

Kedekatan kita dengan seorang teman, bisa dibilang kurang lengkap kalau belum pernah mencurahkan isi hati satu sama lain. Entah itu hanya sekedar membicarakan kekonyolan yang pernah kamu lakukan, kebahagiaan yang sedang kamu rasakan, atau mungkin menceritakan masalah yang tengah menimpamu saat ini.

Beberapa hal berikut merupakan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu sering curhat dengan teman dekatmu.

1. Kamu akan merasa lebih lega dan tenang dalam meyikapi persoalan yang sedang ataupun pernah kamu alami

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Temanpexels/Pixabay

Merasa lebih lega dan tenang adalah salah satu keuntungan yang akan kamu dapat jika sering curhat dengan teman. Gak bisa dipungkiri memang, kegiatan mencurahkan isi hati atau yang lebih kita kenal dengan curhat itu ternyata bisa membawa pengaruh yang baik bagi keadaan hati seseorang.

Kalau sekarang kamu sedang merasa sedih ataupun khawatir akan terjadi suatu hal, coba deh curahkan isi hatimu pada teman dekatmu. Siapa tahu kamu bisa lebih tenang setelah kamu mencurahkannya.

2. Dengan mencurahkan isi hatimu pada teman, perasaan stres yang selalu mengganggu pikiran kamu juga bisa berkurang loh!

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Temanunsplash/Yuri Levin

Selain mendapatkan ketenangan, perasaan stres yang kamu rasakan juga bisa berkurang loh dengan kamu curhat. Mungkin kamu sendiri pernah ngalamin keadaan dimana kamu punya masalah, yang akhirnya menyebabkan kamu merasa stres gara-gara pikiran kamu sendiri.

Nah, dengan kamu nyeritain masalahmu sama teman, tentu beban pikiran yang kamu rasakan akan lebih berkurang dan kamupun bisa lebih menenangkan dirimu sendiri. 

Baca Juga: Kamu Sering Jadi Tempat Curhat? 7 Karakter Ini Pasti Ada Padamu

3. Kamu bisa dapat lebih banyak solusi ataupun jalan keluar dari masalah yang sedang kamu hadapi

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Temanpexels/mentatdgt

Ketika kamu menceritakan perasaaan ataupun masalah yang sedang menimpamu, temanmu pasti akan memberikan saran ataupun solusi untuk membantu menyelesaikan persoalan yang sedang kamu alami. Namanya juga teman kan?

Makanya, kalau kamu sedang ada masalah, jangan segan-segan untuk menceritakannya pada teman kamu sendiri. Siapa tahu kamu bisa dapet solusi buat nyelesaian persoalan yang sedang kamu hadapi.

4. Kamu gak akan menyiksa dirimu sendiri karena telah menyembunyikan persoalan yang sedang kamu hadapi dan rasakan

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Temanunsplash/Becca Tapert

Dengan mencurahkan isi hatimu pada teman, secara tidak langsung kamu sedang membantu dirimu sendiri untuk bangkit dan tidak menanggung masalah yang kamu hadapi itu sendiri.

Coba deh kamu bayangkan, ketika kamu punya masalah dan kamu bingung gimana nyelesaian masalahnya, terus kamu membiarkan dirimu sendiri memendamnya. Bukankan itu akan meyiksa batinmu sendiri?

Kalau kamu mau berbagi cerita dengan temanmu, justru itu akan membantumu untuk mengurangi sedikit banyaknya beban yang ada dipikiranmu.

5. Membantu mempererat hubungan pertemanan menjadi lebih baik lagi

5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Temanpexels/Buro Millennial

Kalau kamu sering curhat tentang hal apapun sama temanmu, itu bisa jadi indikasi kalau hubungan pertemananmu dengannya sudah semakin erat lho. Bagaimana tidak, kamu sendiri telah memberikan dia kepercayaan dengan segala macam cerita yang kamu sampaikan. Itu artinya kamu punya keyakinan kalau temanmu bisa menjaga rahasiamu dengan baik ataupun bisa membantumu bangkit ketika kamu sedang merasa terpuruk.

Tapi inget yah, sesering apapun kamu curhat sama teman, hanya Tuhanlah tempat terbaik untuk mencurahkan segala keluh kesahmu. Selain itu bisa jadi temanmu juga sedang menyimpan masalah. Oleh karena itu take and give dalam hubungan pertemanan juga diperlukan.

Baca Juga: Pendengar yang Baik, 4 Zodiak Ini Layak Dijadikan Tempat Curhat

Tika Nurohmah Photo Verified Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya