Comscore Tracker

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawan

Siapa nih yang udah pernah nyobain jadi relawan?

Tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional. Adanya peringatan terhadap hari relawan akan memberikan kesempatan bagi organisasi kerelawanan ataupun relawan individu untuk menunjukkan kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam upaya mencapai tujuan pembangunan milenium.

Menurut UNDP (United Nations Development Programme) tahun 2005, kerelawanan adalah sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keinginan sendiri. Yang membawa manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan, maupun bagi volunteer itu sendiri serta tidak didorong oleh alasan keuangan.

Simak selengkapnya, beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu menjadi seorang relawan.

1. Dengan menjadi relawan, kita bisa bertemu dengan orang baru dan juga bisa memperluas jaringan

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@rawpixel

Menjadi relawan biasanya mengharuskan kita untuk bisa terhubung dengan orang banyak, dan tak jarang itu adalah orang yang justru belum kita kenal sama sekali. Tapi, karena memiliki tujuan yang sama, yaitu sebagai relawan, pada akhirnya kita akan mengenal orang-orang baru tersebut. Keuntungan berkenalan dengan orang baru adalah, kita bisa memperluas koneksi pertemanan kita, dan bisa jadi dengan menjadi relawan justru kita bisa menemukan kesempatan baru.

2. Menjadi relawan akan mengajarkan kita untuk bisa lebih peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar kita

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@matthiaszomer

Dengan menjadi relawan, kita dituntut untuk lebih peka terhadap isu ataupun permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Relawan akan mengajarkan kita untuk tidak berdiam diri jika ingin ada perubahan ataupun kemajuan.

3. Menjadi relawan akan membantu kita untuk lebih meningkatkan kepedulian dalam membatu sesama

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@rawpixel

Dengan menjadi relawan, kita akan diajarkan untuk lebih peduli dan tidak tidak tutup mata pada apa yang terjadi di sekelilingnya. Menjadi relawan bukan hanya pada saat bencana alam saja. Mengajar anak jalanan, itu juga merupakan salah satu bentuk kegiatan kerelawanan dalam bidang pendidikan.

Baca Juga: Ini Lho 6 Pelajaran Berharga dari Para Relawan Asian Games 2018

4. Dengan menjadi relawan, kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru yang bisa meningkatkan skill kita di bidang sosial

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@hillaryfox

Terjun ke dunia kerelawanan, pasti akan sangat banyak memberikan kita pengalaman dan ilmu baru tentang kehidupan sosial yang ada dalam kehidupan kita. Dengan menjadi relawan, mungkin kita akan tahu tentang bagaimana cara memperlakukan orang yang sedang membutuhkan bantuan, kemudian bagaimana cara kita menyikapi isu-isu sosial dan berusaha untuk mengatasinya.

5. Menjadi relawan, mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan pada hidup kita

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@pixabay

Keinginan untuk membantu meringankan beban hidup seseorang, terkadang membuat kita berpikir sejenak bahwasanya di luar sana, masih banyak orang yang memerlukan uluran tangan kita, masih banyak anak yang putus sekolah karena terhambat dengan biaya. Dengan menjadi relawan, justru kita akan diajarkan untuk bisa lebih mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita, dan tidak lupa untuk selalu membantu sesama.

6. Menjadi relawan mengajarkan kita untuk ikhlas melakukan kebaikan, meskipun tidak akan mendapatkan imbalan

Hari Relawan Internasional: Ini 6 Manfaat Menjadi Seorang Relawanpexels.com/@pixabay

Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau menjadi relawan berarti kita rela melakukan kebaikan meski tanpa diberi imbalan. Tapi, dari sanalah kita diajarkan tentang bagaimana sebuah keikhlasan itu ada, rela dalam membantu sesama tanpa mengharapkan balasan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika menjadi seorang relawan. Tetap semangat untuk para relawan-relawan kebaikan di semua penjuru dunia, karena kalian telah rela mengorbankan banyak hal, termasuk waktu dan tenaga yang kalian punya. Selamat Hari Relawan Internasional!

Baca Juga: 5 Tips Ini Mantapkan Langkahmu Menjadi Relawan, Berani Coba Gak?

Tika Nurohmah Photo Verified Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya