Comscore Tracker

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!

Pikirkan sejenak dengan kepala dingin ya!

Memiliki teman merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap individu. Dalam memilih teman, tentu kita tidak boleh sembarangan.

Tapi, pernahkah kamu merasa kurang nyaman atau mungkin gak betah dengan lingkungan pertemananmu yang sekarang? Nah, ada baiknya, sebelum kamu menyalahkan lingkungan tempat dimana kamu berada sekarang, coba tanyakan pada dirimu sendiri mengenai beberapa poin berikut.

1. Apakah kamu sudah memperlakukan teman-temanmu dengan baik?

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!unsplash/ Kristopher Roller

Sering tidak kamu sadari, perlakuanmu pada temanmu kadang bisa membuatnya tidak nyaman atau bahkan membuat dia tidak menyukaimu. Salah satu contohnya adalah perlakuanmu kepada temanmu yang kadang terkesan seenaknya, seperti terlalu sering menyinggung penampilannya, menyindir bentuk tubuhnya, atau mungkin terlalu ikut campur dengan urusan pribadinya.

Sedekat apapun kamu dengan temanmu, bukan berarti kamu punya hak penuh untuk ikut campur dalam urusan pribadinya ya! Maka dari itu, cobalah untuk menjaga perasaannya. Jangan buat dia tidak nyaman dengan perlakuanmu terhadapnya.

2. Bagaimana perilakumu di hadapan temanmu sendiri?

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!unsplash/Priscilla Du Preez

Perasaan gak betah yang kamu rasakan, mungkin saja karena perilakumu yang kurang baik di hadapan temanmu sendiri. Mungkin saja beberapa temanmu tidak menyukai perilakumu yang kadang terlalu kasar dalam berbicara, suka caper, hobinya ngegosip, atau mungkin suka kepo sama kehidupan orang lain.

Sebagian dari temanmu mungkin saja tidak menyukai hal itu dan gak menutup kemungkinan juga kalau ternyata teman-temanmu justru mencoba untuk menghindari keberadaannmu. Perilakumu yang kadang kurang sopan, justru bisa merugikan dirimu sendiri kan?

Coba deh tanya diri kamu sendiri. Apakah selama ini sikapmu kurang baik di hadapan teman-temanmu sehingga kamu dijauhi oleh mereka dan kamu ngerasa kamu jadi gak betah dengan lingkungan pertemananmu sendiri?

Baca Juga: Jika Temanmu Lakukan 5 Hal Ini, Jangan Pernah Lupakan Mereka!

3. Apakah kamu orangnya mudah baper dan gampang men-judge orang lain?

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!unsplash/Spencer Backman

Sifat suka bawa perasaan atau baper ini kadang bisa membuat kamu gak betah dengan lingkunganmu sendiri. Ditambah dengan mudahnya kamu men-judge orang lain, tentu itu akan membuatmu kacau karena pikiran burukmu sendiri.

Mungkin, sering terlintas di benakmu berbagai macam pertanyaan yang timbul dari rasa takutmu karena melihat ada yang beda dengan perilaku temanmu. Seperti, "Kok, hari ini dia gak nyamperin aku?" atau "Kenapa sekarang dia jadi berubah sikapnya ke aku?" Hal tersebut jugalah yang kadang mengakibatkan kamu berpikir bahwa kamu telah melakukan kesalahan pada temanmu sehingga temanmu menjauh darimu.

Padahal, apa yang kamu pikirkan belum tentu benar. Karena bisa jadi sikap temanmu itu disebabkan karena dia sedang punya masalah dengan keluarganya. Mungkin saja kan?

Untuk beberapa hal mungkin pertanyaan itu wajar kamu pikirkan. Tapi, kalau itu keseringan, justru itu akan merugikan pikiran kamu sendiri. Dan akhirnya kamu pun merasa tidak nyaman dan gak betah dengan keberadaanmu saat ini.

4. Bagaimana sikapmu ketika melihat temanmu sedang bahagia atau sedih?

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!unsplash/Lauren Richmond

Penting banget nih buat kamu tanyain ke diri kamu sendiri. Sikap yag kamu ambil ketika melihat seorang teman sedang sedih ataupun bahagia, ternyata bisa menunjukkan sifat asli kamu loh!

Kalau kamu bahagia pas ngeliat teman kamu kena musibah, kemungkinan besar ada yang salah dengan dirimu sendiri. Bukankah seharusnya ketika melihat teman kita bahagia, kita pun ikut bahagia juga? Nah, kalau yang terjadi padamu justru sebaliknya, coba deh periksa, siapa tahu ada yang salah dengan hati kamu.

Karena bisa jadi perasaan gak betah yang kamu rasakan, sumber masalahnya itu justru ada pada diri kamu sendiri.

5. Lantas, bagaimana sikap yang harus kamu lakukan jika ternyata kamu terbukti benar?

Merasa Gak Betah dengan Lingkungan Pertemananmu? Coba Cek 5 Hal Ini!unsplash/Alexandru Zdrobău

Jika 4 poin tadi telah kamu tanyakan, dan ternyata terbukti bahwa kamu tidak melakukan kesalahan, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan jika merasa kurang nyaman atau gak betah dengan lingkungan pertemananmu adalah mencoba untuk memberi pengertian atau nasihat yang baik terhadap temanmu yang kamu anggap memiliki perilaku yang agak meyimpang.

Atau, mungkin adakalanya kamu juga harus bisa bersikap bodo amat dengan keadaan yang terjadi dalam lingkungan pertemananmu.

Belajar cuek dengan keadaan ada kalanya kamu butuhkan lho. Selain untuk menghindari sifat baper tadi, dengan kamu bersikap cuek, secara gak langsung kamu juga diajarkan agar lebih percaya dengan diri sendiri dan menghiraukan omongan buruk dari orang lain terhadapmu.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Teman yang Sering Bertanya tentang Nikah Padamu

Tika Nurohmah Photo Verified Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya