Comscore Tracker

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga Dewasa

Benar gak nih perbedaannya? 

Setiap negara memang biasanya memiliki kebudayaan dan adatnya yang berbeda-beda, termasuk juga saat mendidik anak-anak. Hal ini tentu saja akan membedakan pola pikir dan perkembangan anak di tiap negaranya. Sama halnya dengan Indonesia dan Amerika yang masing-masing para remaja di sana memiliki gaya pergaulan yang berbeda, baik itu sejak kecil bahkan hingga dewasa. 

Bila kamu penasaran apa saja kira-kira perbedaan gaya pergaulan antara remaja Indonesia dan Amerika, berikut lima daftarnya. 

1. Pendidikan agama di bangku sekolah

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga DewasaPexels/Abdullah Ghatasheh

Sebagai negara yang menjunjung sila pertama dari Pancasila  yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, memang semua masyarakat di Indonesia diwajibkan untuk memeluk agama yang ada. Hal ini membuat para anak-anak terbiasa mendapatkan pelajaran agama bahkan sejak kecil. Berbeda halnya dengan anak-anak di Amerika yang cenderung menganggap bahwa agama adalah urusan personal orang lain sehingga tak ada pendidikan agama di bangku sekolah umum.  

2. Merayakan ulangtahun

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga DewasaPexels/Rene Asmussen

Untuk urusan yang satu ini, Indonesia memiliki variasi kegiatan yang lebih banyak dan tak biasa. Dari mulai melakukan tasyakuran bahkan hingga saling ceplok telur mentah dan terigu pada yang sedang berulang tahun. Sementara, remaja di Amerika lebih cenderung merayakannya bersama dengan orang-orang terdekat, seperti makan malam bersama contohnya. 

3. Seragam sekolah

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga DewasaPexels/Pixabay

Indonesia memiliki aturan yang jelas mengenai seragam, dari mulai taman kanak-kanak bahkan hingga sekolah menengah atas. Aturan mengenai seragam dimaksudkan agar setiap anak setara, tanpa ada perbedaan dari segi status sosial. Sementara, sekolah di Amerika tak memiliki aturan mengenai seragam. Siswanya dibebaskan mengenakan pakaian apapun selama itu sopan dan rapih. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Diterima Dalam Pergaulan, Apa Kamu Merasakannya?

4. Kemandirian

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga DewasaPexels/Vlada Karpovich

Hal yang satu ini biasanya terlihat bahkan sejak anak sudah memasuki usia dewasa. Orangtua di Indonesia cenderung akan sulit melepaskan anak untuk tinggal mandiri sebelum saatnya menikah. Namun, orangtua di Amerika lebih cenderung melepaskan anaknya untuk tinggal mandiri saat mereka sudah memasuki usia matang atau cukup dewasa.

5. Menikah

5 Perbedaan Kehidupan Indonesia dan Amerika dari Remaja Hingga DewasaPexels/Sandro Crepulja

Sudah bukan hal aneh bila memasuki usia 20 lebih biasanya para anak-anak muda di Indonesia sudah mulai dilontarkan pertanyaan seputar menikah. Hal ini karena memang menikah dianggap sebagai sesuatu yang wajib dan diidam-idamkan oleh semua orang. Sementara, orangtua di Amerika menyerahkan segala pilihan menikah terhadap anak-anak mereka. Bahkan, mereka tetap dapat memiliki anak meskipun tidak menikah. 

Beberapa perbedaan di atas jelas terlihat bahwa memang antara gaya pergaulan dari anak-anak Indonesia dan Amerika jelas berbeda. Meskipun begitu, menghormati merupakan cara terbaik untuk menunjukan toleransi. Betul? 

Baca Juga: 5 Langkah Bijak Merangkul Kembali Teman yang Menjauh dari Pergaulan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya