5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!

Mendekati gebatan juga harus melihat responnya

Proses pendekatan atau PDKT dengan gebetan yang dilakukan oleh setiap orang memang tidak selalu berjalan lancar. Mungkin ada beberapa hal yang membuat proses pendekatan jadi tidak berjalan dengan mulus sebagaimana mustinya, sehingga membuat hubungan tersebut jadi berjalan berantakan dan bahkan harus hancur sebelum memulainya.

Sebetulnya pada saat proses pendekatan sudah ada sinyal-sinyal khusus yang mungkin bisa menjadi indikasi apakah kamu bisa terus bertahan atau sebaiknya mundur saja. Oleh sebab itu, jika kamu menemukan gebetan memiliki beberapa tanda berikut ini dalam menjalin hubungan, maka sebaiknya cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mundur saja.

Baca Juga: 5 Cara Lakukan Interaksi Positif dengan Gebetan di Media Sosial

1. Dia tak pernah berinisiatif menghubungi duluan

5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!ilustrasi mengirim pesan (unsplash.com/Francisco Venâncio)

Hubungan percintaan semestinya bisa berjalan dengan baik tanpa masalah melalui kualitas komunikasi yang dimiliki. Namun, tidak semua orang ternyata bisa memiliki kualitas komunikasi yang baik karena tidak sedikit pula yang justru buruk atau bahkan hanya satu pihak saja yang seolah berusaha untuk membangun komunikasi tersebut.

Jika kamu menyadari bahwa gebetanmu seolah kurang respon dan lambat dalam merespon pesan, serta tidak memiliki inisiatif untuk menghubungi duluan mungkin saja memang ia tidak benar-benar tertarik denganmu. Semestinya memang jika gebetanmu juga memiliki minat terhadapmu, maka proses komunikasinya akan seimbang dan antusiasmenya akan sama dari kedua pihak.

2. Sering menolak untuk bertemu

5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kamu dan gebetan mungkin selama ini hanya berkomunikasi melalui pesan singkat atau telepon saja, namun sebetulnya cara tersebut tidak selalu efektif. Tentu saja dianggap tidak efektif karena memang berkomunikasi secara daring dan langsung jelas akan sangat berbeda, sehingga cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan bertemu satu sama lain.

Sayangnya jika gebetanmu justru sering sekali menolak untuk bertemu denganmu karena berbagai alasan, maka bisa jadi ia memang tidak serius denganmu. Semestinya jika memang ia memiliki minat yang sama, maka ia juga akan selalu berusaha untuk bertemu dan bukan hanya terus menolak, sehingga pada akhirnya pendekatan tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mustinya.

Baca Juga: 5 Pembahasan Ini Penting Kamu Bicarakan ke Gebetan Sebelum Jadian

3. Cenderung bersikap sesukanya

5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro studio)

Mungkin sikap setiap gebetan bisa saja berbeda-beda, termasuk caranya dalam memperlakukanmu. Semestinya memang tidak ada perbedaan signifikan dari cara gebetan dalam memperlakukanmu, begitu pun sebaliknya karena memang harus bisa memperlakukan satu sama lain dengan sebaik mungkin.

Tentu akan sangat disayangkan apabila gebetan cenderung bersikap sesukanya padamu dan bahkan seolah tidak menghargai perasaanmu sama sekali. Kamu bisa melihat bagaimana cara gebetan dalam merespons perasaan dan perhatian yang kamu berikan, sehingga kamu bisa menebak sikapnya dengan mudah. Jika kamu merasa gebetanmu sering sekali mengabaikanmu atau tidak menghargai usahamu, maka bisa jadi memang dia tidak peduli dan hanya ingin bersikap sesukanya saja.

4. Sikapnya plin-plan dan tidak konsisten

5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!ilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Kamu mungkin selalu mencari kejelasan dari setiap hubungan yang terjalin bersama gebetan, sehingga tidak ingin dipermainkan begitu saja. Namun, terkadang sulit sekali untuk menebak perasaan seseorang karena bisa saja perasaan yang dimilikinya terus berubah seiring berjalannya waktu, termasuk sikap plin-plan yang mungkin dirasakannya dan jadi tidak konsisten sama sekali.

Mungkin gebetanmu pada awalnya memberikan sinyal positif saat kamu mendekatinya, namun bisa jadi tiba-tiba menunjukkan penolakan. Hal seperti ini jelas akan membingungkanmu karena sikap tidak konsistennya, sehingga kamu jadi harus terus menerka-nerka setiap sikap yang ditunjukkannya.

5. Terlihat memiliki ketertarikan dengan orang lain

5 Tanda Kamu Harus Mundur dari Gebetan, Jangan Makan Hati!ilustrasi pasangan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Kamu tentunya tidak ingin apabila gebetan sampai memiliki ketertarikan dengan orang lain, apalagi jika memang kamu sudah benar-benar tertarik dengannya. Namun, sering kali hal ini sulit untuk ditebak karena perasaan seseorang mungkin saja bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu, termasuk tertarikannya padamu.

Bisa saja gebetanmu justru terlihat memiliki ketertarikan dengan orang lain dan hal ini sudah pasti akan membuatmu merasa kecewa, sebab hubungan yang dijalani seolah bertepuk sebelah tangan. Jika memang dirasa sudah seperti ini dan tidak bisa diperbaiki, maka sebaiknya mundur saja daripada justru semakin menambah rasa sakit hati.

Mengenali tanda-tanda di atas penting agar kamu jadi tidak perlu membuang waktu atau pun energi dalam mendekati seseorang yang tak bisa memberikan timbal balik yang sama. Kamu masih bisa mencari seseorang yang dapat memperlakukanmu dengan baik, serta menghargaimu sebagaimana mustinya. Jangan mudah kecewa, ya!

Baca Juga: 4 Pengalaman Kencan Bareng Gebetan di Restoran All You Can Eat

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya