Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiri

Ada cara-cara khusus yang perlu kamu perhatikan

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling berhubungan satu sama lain, khususnya dalam beraktivitas sehari-hari. Selayaknya orang-orang lain, hubungan yang terjalin tersebut tidaklah selalu berjalan lancar sebab ada banyak pula kemungkinan untuk terlibat konflik satu sama lain.

Salah satu penyebabnya adalah saat kamu menyinggung perasaannya, misal demi menjaga hak pribadi. Nyatanya kamu tetap dapat menghindar agar tak menyinggung perasaan orang lain, bahkan tanpa perlu merugikan diri sendiri. Caranya adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Gunakan pemilihan kata dan intonasi yang tepat saat berbicara

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiriilustrasi pasangan mengobrol (pixabay.com/@Surprising_Shots)

Perlu dipahami bahwa ada banyak sumber yang bisa membuat seseorang tersinggung perasaannya. Di antara banyaknya hal tersebut, lidah adalah sumber utamanya. Hal ini disebabkan banyaknya orang yang merasa tersinggung sebab ucapan yang dilontarkan oleh orang lain, mungkin juga termasuk dirimu.

Itulah mengapa selalu gunakan pemilihan bahasa yang tepat saat berkomunikasi. Memilih penggunaan kata dan intonasi yang lembut tentu akan menghindari orang lain untuk merasa tersinggung.

2. Berani berkata tidak dengan alasan yang logis

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiriilustrasi pasangan berbicara (pexels.com/@Alex_Green)

Kamu mungkin pernah berada dalam situasi yang membingungkan, khususnya pada saat diminta untuk melakukan sesuatu. Meski demikian, kamu bisa saja langsung menolaknya jika memang keberatan, namun tidak bisa sembarangan dalam memberikan ucapan penolakan sebab dapat menyinggung perasaan orang lain.

Cara yang tepat adalah dengan berani berkata tidak pada permintaan orang lain yang menurutmu kurang sesuai. Meski demikian, selalu ikuti kata tidak dengan ucapan yang sopan dan sekaligus menyertakan alasan logisnya. Dengan demikian, itu akan menghindarkan orang lain untuk merasa tersinggung.

Baca Juga: 5 Perasaan Ini Bisa Bikin Kalian Jadi Boros Tanpa Sadar

3. Melakukan manajemen emosi dengan baik

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiriilustrasi orang marah (Unsplash/engin akyurt)

Emosi adalah salah satu hal umum yang dimiliki oleh seseorang sebab ini menjadi sifat alami manusia. Meski demikian, rentang emosi setiap orang bisa berbeda-beda dan tergantung pada karakteristik bawaan yang dimiliki oleh mereka.

Itulah mengapa saat penting untuk melakukan manajemen emosi diri dengan baik. Hal tersebut akan membantu menghindari ledeakan emosi yang bisa membuatmu menyinggung perasaan orang lain.

4. Hindari komunikasi dengan orang lain saat keadaanmu sedang lelah

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiriilustrasi adu domba (unsplash.com/@javaistan)

Berkomunikasi dengan orang lain ternyata juga perlu melihat situasi dan kondisi yang ada pada dirimu. Salah satunya apabila kamu sudah merasa dalam kondisi yang lelah secara fisik dan emosi.

Kamu lebih baik menghindari orang lain jika sudah merasa lelah sebab bila dipaksakan akan mudah meledak emosinya. Hal tersebut bukan tak mungkin hanya akan menyakiti perasaan dari lawan bicaramu.

5. Ketahui apa yang menjadi batasanmu

5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiriilustrasi berpikir (unsplash.com/@anthonytran)

Berinteraksi dengan orang lain adalah satu poin yang perlu kamu perhatikan. Baik secara lisan maupun tindakan, kamu perlu memberikan batasan yang jelas dan memang dapat diperhatikan secara detail.

Alasannya adalah bila kamu terlalu bersikap santai tanpa batasan, khawatir kamu akan melampauinya. Jika sudah demikian, lawan bicaramu akan mudah tersinggung tanpa kamu sadari. Sebagai contohnya adalah bila tidak memiliki batasan dalam bercanda, akan sangat mudah dalam menyinggung lawan bicara dengan alibi candaan.

 

Melalui hal-hal di atas, kamu jadi dapat menerapkan cara yang tepat agar tak menyinggung perasaan orang lain. Terpenting adalah dengan tetap menjaga lisan dan sikap sebaik mungkin agar tak sampai melebihi batas. Jangan sepelekan perasaan orang lain, ya!

Baca Juga: 5 Pesan bagi yang Gak Sengaja Menyakiti Perasaan Orang Lain

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya