Comscore Tracker

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasangan

#IDNTimesLife Diskusikan solusi terbaik soal urusan keuangan

Mengatur keuangan memang menjadi hal yang cukup krusial bagi kebanyakan pasangan, khususnya untuk mereka yang sudah menikah. Banyak pasangan yang pada akhirnya memutuskan untuk menggabungkan rekening demi memudahkan proses pengaturan keuangan.

Padahal, sebetulnya hal tersebut adalah mutlak hak dari tiap-tiap pasangan untuk setuju atau tidak. Jika kamu dan pasangan tidak setuju untuk menggabungkan rekening keuangan, maka beberapa alasan berikut ini bisa menjadi landasan alasannya.

1. Pengaturan keuangan yang berbeda

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasanganilustrasi uang di dalam dompet (Pexels/Karolina Grabowska)

Hal yang jelas berbeda dari setiap orang adalah cara mereka dalam mengatur keuangan. Setiap orang yang bahkan telah menikah pun memiliki prioritasnya masing-masing dalam mengatur keuangannya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu dan pasangan tidak menggabungkan rekening agar pengaturan keuangan tidak saling berbentrokan.

2. Utang yang mungkin dimiliki pasangan

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasanganilustrasi uang dollar (Pexels/Pixabay)

Utang atau pun cicilan menjadi dua hal yang wajib kamu ceritakan pada pasangan. Hal ini tentu akan memengaruhi pengaturan keuangan keluargamu. Alasan untuk tak menggabungkan rekening keuangan juga bertujuan untuk membagi kewajiban masing-masing dalam menyelesaikan utang atau cicilan. Melalui hal tersebut, maka kamu dan pasangan dapat saling bertanggung jawab pada kewajibannya.

3. Mempertahankan kemandirian finansial

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasanganilustrasi kartu atm (Pexels/Pixabay)

Sebelum menikah mungkin kamu sudah termasuk orang yang memiliki kemandirian dalam hal finansial. Untuk mempertahankan kemandirian tersebut, sebaiknya rekening pribadi tidak saling digabungkan dengan pasangan. Maka kamu akan tetap mempertahankan kemandirian finansialmu tanpa perlu terpengaruh oleh pasangan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orangtua Millennial dalam Merencanakan Keuangan 

4. Antisipasi soal perceraian

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasanganilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/cottonbro)

Tidak ada pasangan yang ingin gagal dalam membina hubungan, apalagi sampai berakhir menjadi perceraian. Namun, tak ada yang tahu mengenai hal tersebut sehingga kamu perlu mengantisipasinya. Tidak menggabungkan rekening pribadi dengan pasangan juga akan membantu dalam menghindari konflik bila perceraian terjadi.

5. Membagi kewajiban rumah tangga bersama

5 Alasan untuk Tak Menggabungkan Rekening Keuanganmu dengan Pasanganilustrasi mengatur keuangan (Pexels/Karolina Grabowska)

Membagi kewajiban dalam rumah tangga adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pasangan. Namun, tentu tak musti harus dengan cara menggabungkan rekening satu sama lain.

Kamu dan pasangan bisa saling membagi kewajiban dalam rumah tangga, bahkan tanpa perlu saling menggabungkan rekening. Dengan cara tersebut, maka kamu dan pasangan tetap dapat mengatur keuangan dengan baik.

 

Keinginan untuk menggabungkan rekening atau tidak merupakan hak setiap pasangan. Jangan sampai juga hal tersebut membuat masalah di kemudian hari. Pertimbangkan lagi, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama Pandemi

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya