Comscore Tracker

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimu

#IDNTimesLife Jangan buru-buru emosi

Setiap orang memang memiliki pandangannya tersendiri mengenai segala sesuatu. Hal ini juga yang membuat pendapat seseorang bisa menjadi lebih luas hingga sampai mengomentari orang lain. Salah satunya adalah dengan saling membandingkan satu sama lain.

Jika kamu menjadi orang yang paling sering ditargetkan sebagai bahan perbandingan, kamu tentu perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa tetap cuek menghadapinya.

1. Dominankan perasaan positif

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimuilustrasi orang tersenyum (Pexels/Elina Sazonova)

Emosi yang meledak-ledak biasanya disebabkan dari perasaan negatif yang dominan berada di dalam hati. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus mampu untuk memenuhi perasaan positif yang ada di dalam dirimu. Melalui cara tersebut, maka kamu dapat menunjukkan perasaan yang lebih santai dan tak mudah terpengaruh oleh omongan orang.

2. Kontrol emosi dengan stabil

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimuilustrasi wanita marah (Unsplash/Malicki M Beser)

Emosi juga menjadi salah satu bentuk perasaan yang penuh dengan hal negatif. Tanpa kontrol yang baik, bukan tak mungkin justru emosi dapat membawamu ke arah yang tidak lebih buruk.

Untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang tidak mudah temperamen, maka kamu perlu mengontrol emosi dengan baik. Lewat cara tersebut, kamu pun tak mudah terpengaruh dengan omongan orang.

3. Belajar untuk memperbanyak rasa syukur

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimuilustrasi orang tersenyum (Pexels/Andrea Piacquadio)

Rasa syukur merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menangkal ucapan buruk dari orang lain. Kamu harus mampu untuk melatih rasa syukurmu karena melalui cara tersebut, kamu dapat menerima dirimu apa adanya. Dengan cara demikian, segala perbandingan pada dirimu bukanlah menjadi persoalan yang serius.

Baca Juga: 5 Akibat Buruk dari Kebiasaan Membandingkan Anak dengan Orang Lain

4. Jadikan motivasi untuk bangkit lebih jauh

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimuilustrasi wanita bekerja (Unsplash/Brooke Cagle)

Dibandingkan dengan orang lain memang menjadi hal yang tidak menyenangkan, namun jangan terus melihat pada konotasinya yang negatif. Kamu juga bisa menjadikan perbandingan tersebut sebagai bentuk motivasi untuk terus maju dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Tentunya dengan begitu, omongan negatif tak akan menjadi masalah lagi bagimu.

5. Tutup telinga dan anggap saja tak pernah terjadi

5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimuilustrasi orang mendengar musik (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tak semua orang mampu untuk menahan rasa marah ketika mengetahui bahwa dirinya dibandingkan dengan orang lain. Jika kamu sedang merasakan hal yang demikian, kamu hanya perlu menutup telingamu dan menganggap bahwa semuanya tak pernah terjadi. Cara tersebut akan membuatmu lebih kuat dan tidak mudah terbawa perasaan.

 

Meski memang tak mudah, namun bersikap temperamen dalam menghadapinya juga tak akan menyelesaikan masalah sama sekali. Cuek saja, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Bukan Zamannya Lagi Membandingkan Perempuan Karier Vs Rumahan

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya