Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!

#IDNTimesLife Jangan mudah terpancing emosi, ya

Single shaming mungkin sedikit mengingatkan kita pada istilah body shaming yang bermakna penghinaan terhadap bentuk fisik. Tapi pada single shaming, biasanya merujuk suatu hinaan pada seseorang yang masih berstatus single atau sendiri.

Single shaming pada awalnya tak lebih dari sekadar candaan semata, yang kemudian menjadi tindakan tak menyenangkan bagi mereka yang merasa disudutkan. Nah, kamu dapat membalas mereka yang melakukan single shaming melalui beberapa langkah berikut ini.

1. Jelaskan alasan mengapa kamu masih single

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!ilustrasi orang mengobrol (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Tak perlu tersulut emosi apabila kamu menjadi korban dari tindakan single shaming. Cukup jelaskan secara singkat dan padat tentang mengapa kamu masih melajang. Bila memang orang tersebut meresponmu dengan positif, maka tak jadi persoalan lagi. Namun, bila ia justru semakin mengejekmu, maka biarkan saja karena sebenarnya ia hanya ingin mempermalukanmu saja dengan candaannya yang bahkan tidak lucu.

2. Ajak bercanda

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!ilustrasi orang mengobrol (Pexels/Keira Burton)

Jika kamu menanggapi orang yang melontarkan kalimat-kalimat berbau single shaming memang tak akan ada habisnya. Dari pada tersulut emosi dan justru bertengkar, maka sebaiknya ajak bercanda saja.

Kamu dapat menanggapi perkataannya dengan candaan agar suasana tak dingin dan terkesan serius. Namun, jika dirasa sudah di luar batas, maka sebaiknya kamu memutuskan untuk tidak melanjutkan obrolan.

3. Katakan jika kamu tak ingin gagal

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Alex Green)

Memiliki hubungan percintaan faktanya bukanlah sebuah hal yang sederhana. Bahkan, orang yang sudah menikah pun bisa berakhir dengan perceraian bila salah melangkah. Alih-alih pusing memikirkan omongan orang, kamu dapat mengatakan padanya bahwa kamu sedang meminimalisir kemungkinan untuk gagal sehingga lebih baik melajang terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Suka Bacaan Ringan, Jangan Ada Lagi Book Shaming

4. Buktikan dengan prestasi kariermu

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!ilustrasi wanita bekerja (Unsplash/Brooke Cagle)

Dari pada bingung membalasnya dengan omongan, kamu dapat membalas perkataannya dengan prestasi yang kamu miliki. Prestasi tersebut dapat berupa pencapaian kariermu yang baik dan mengagumkan. Cara tersebut akan mampu menampar orang-orang yang pernah berbicara tak baik tentangmu.

5. Cuekin saja

5 Cara Menghadapi Orang yang Single Shaming Padamu, Bikin Geregetan!ilustrasi bertengkar (Unsplash/Liza Summer)

Langkah tercepat dan terefektif untuk menangkis omongan orang adalah dengan tidak perlu mendengarkannya. Biarkan saja orang berkata apa tentangmu selama tidak merugikan. Cuekin saja agar nantinya tak bertengkar satu sama lain.

Menanggapi single shaming tentu saja tak perlu melalui cara yang merepotkan, apalagi sampai tersulut emosi. Biarkan orang berkata apa yang terpenting kamu dapat menunjukkan versi terbaik dirimu pada orang lain. Tutup kuping saja, deh!

Baca Juga: Selain Body Shaming, 5 Hal Ini Bisa Bikin Insecure Soal Fisik

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya