Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!

Jangan sampai kebiasaan berutang melekat terus menerus

Utang merupakan salah satu faktor yang paling banyak menyebabkan kesulitan finansial pada orang-orang. Memperoleh utang memang terkesan sangat mudah saat ini, namun cara membayarnya lah yang akan sulit.

Kadang kala justru beban memiliki utang ini diperoleh dari hal-hal yang terkesan sepele, bahkan menjadi kebiasaan sendiri. Untuk menghindari hal itu, kamu sebaiknya jangan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini yang dapat membuatmu mudah terlilit utang.

1. Hanya fokus dengan jumlah minimal, bukan total tagihan

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!Ilustrasi kartu kredit (Unsplash/Avery Evans)

Khusus untuk para pengguna kartu kredit rasanya memang sangat mudah untuk sampai terlilit utang. Alasannya karena memang penggunaan kartu kredit yang dinilai sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Tak hanya itu saja, kadang kala banyak orang yang hanya terfokus pada jumlah minimal tagihannya saja. Padahal, sebaiknya lunasi total tagihan untuk mencegah adanya keterlambatan yang justru menambah beban tagihan.

2. Malas membawa uang tunai

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!Ilustrasi uang di dompet (Pexels/Karolina Grabowska)

Pada saat ini memang penggunaan uang tunai sudah cukup jarang digunakan untuk masyarakat yang tinggal diperkotaan. Alasannya juga sederhana saja sebab ada banyak cara untuk melakukan transaksi menggunakan uang elektronik.

Kebiasaan sepele seperti ini juga tak bisa dianggap sebelah mata sebab dapat memungkinkanmu terlilit utang bisa sering melakukannya. Oleh sebab itu, perhitungkan lah jika ingin membawa uang tunai, sehingga tidak sampai meminjam atau berutang.

Baca Juga: Hidup Terlilit Utang, 5 Akibat kalau Sifat Borosmu Terus Dibiarkan! 

3. Mudah menggampangkan sesuatu

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!Ilustrasi wanita belanja (Unsplash/ Boxed Water Is Better)

Kesalahan yang paling umum dilakukan orang-orang adalah mudah menggampangkan sesuatu. Padahal kamu perlu tahu bahwa utang bukan lah hal yang sederhana untuk digampangkan.

Jangan menunda-nunda pembayaran utang agar justru bebannya tak menumpuk. Kebiasaan sepele seperti menggampangkan sesuatunya akan membuatmu mudah terlilit utang.

4. Kurang memperhitungkan

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!Ilustrasi pembayaran uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Ada banyak alasan mengapa orang meminjam uang, salah satunya adalah karena kurang memperhitungkan segala sesuatunya. Padahal jika kamu dapat memperhitungkan semuanya dengan baik, maka kebiasaan berutang dapat diminimalisir.

Pastikan untuk selalu menimbang segala sesuatunya dengan bijak. Jangan sampai salah perhitungan sehingga membuatmu mudah dalam terlilit utang.

5. Mementingkan gengsi

5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Mudah Terlilit Utang, Hindari!Ilustrasi perempuan berbelanja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Gengsi memang rasanya sulit hilang pada kepribadian setiap orang. Hal ini membuat gengsi kadang kala banyak memengaruhi manusia melalui kepribadiannya.

Meski dianggap sebagai hal yang manusiawi, namun gengsi dapat kamu atur sebaik mungkin agar tak sampai dengan mudah mengontrolmu. Terlalu mengikuti gengsi akan membuatmu mudah terjerumus ke dalam lilitan utang. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang seperti ini agar tak sampai menyusahkanmu.

Dengan menghindari beberapa hal di atas, maka kamu pun bisa menghindari kemungkinan untuk terjerumus dalam lilitan utang. Jauhi kebiasaan-kebiasaan di atas, ya!

Baca Juga: Utang dan Piutang, Kenali 6 Perbedaannya Yuk!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya