Comscore Tracker

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Muda

#IDNTimesLife Jangan jadi generasi muda yang boros soal uang

Masa muda adalah masa di mana segala kesenangan banyak dilakukan oleh orang-orang. Meski dipenuhi kesenangan di masa ini, namun kesalahan dalam mengambil langkah akan sangat berpengaruh pada masa depanmu.

Tak banyak orang yang mampu menahan diri untuk tidak mengikuti tuntutan hidup di masa mudanya. Kamu harus mampu meninggalkan beberapa gaya hidup berikut ini jika ingin sukses di usia muda.

1. Memiliki hobi mahal dan mewah

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Mudailustrasi orang menyetir (Pexels/Cameron Yartz)

Setiap orang boleh memiliki hobi yang beragam dan tak ada yang dapat mengatur hal tersebut. Namun, hal yang perlu dipastikan adalah jenis seperti apa hobi yang kamu miliki? Memiliki hobi mahal yang penuh kemewahan adalah salah satu yang sebaiknya kamu hindari. Perbanyak usaha di masa muda untuk persiapan menuju finansial yang lebih mandiri.

2. Mengadakan pesta besar untuk gengsi

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Mudailustrasi pesta (Pexels/mentatdgt)

Untuk kalangan anak muda masa kini, pesta diidentikkan sebagai sesuatu hal yang wajib untuk mematenkan circle sosial mereka. Tingginya gaya hidup bahkan menuntut banyak anak muda untuk rutin mengadakan pesta hanya demi memuaskan gengsi semata.

Meski faktanya hal tersebut sangatlah boros dan tidak bijak untuk dilakukan. Jika ingin melakukan pesta ulang tahun misalnya, lakukanlah secara sederhana dengan mengadakan aktivitas sosial yang justru memberikan dampak positif terhadap sesama.

3. Gemar menggunakan layanan paylater

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Mudailustrasi belanja online (Pexels/Tim Douglas)

Gaya hidup masa kini memang seakan dimanjakan oleh beragam fasilitas yang memudahkan aktivitas. Salah satunya adalah penggunaan paylater untuk beragam aplikasi dengan aneka fungsi yang berbeda.

Dari mulai belanja hingga liburan dapat menggunakan paylater sebagai jalan pintasnya. Padahal kebiasaan ini hanya akan menumpuk-numpuk tagihan sehingga membuatmu jadi kesulitan dalam menabung karena harus membayar utang.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Terapkan Disiplin pada Diri Sendiri agar Cepat Sukses

4. Gonta-ganti ponsel keluaran terbaru

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Mudailustrasi bermain ponsel (Pexels/Tony Schnagl)

Memiliki hobi untuk mengoleksi ponsel tentu menjadi hal yang sah-sah saja, namun kebiasaan gonta-ganti ponsel di masa muda sangat tidak dianjurkan. Kamu harus menyesuaikan kebutuhanmu sebagai patokan dalam mengelola keuangan. Jangan gunakan gengsimu dalam menguasai segala jenis keperluanmu.

5. Tampil berbeda dengan baju baru setiap ada acara

5 Tipe Pergaulan yang Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Mudailustrasi berbelanja (Pexels/freestocks.org)

Jika kamu memiliki kebiasaan yang seperti ini di masa muda, sebaiknya hindari dan berhenti. Kebiasaan untuk tampil dengan beragam baju yang berbeda hanya akan membuatmu tampil penuh gengsi. Hal tersebut juga akan membuat keuanganmu menjadi tidak terkontrol sehingga mudah boros.

 

Isilah masa mudamu dengan banyak hal positif dan hindari segala tuntutan yang bahkan akan membuatmu sulit sukses di masa depan. Jauhi sifat konsumtif, ya!

Baca Juga: 5 Perilaku Unik yang Hanya Dimiliki oleh Seorang Pengusaha Sukses

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya