Comscore Tracker

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!

#IDNTimesLife Kamu bisa berdamai tanpa takut bertengkar

Bertengkar adalah hal yang umumnya lumrah terjadi bagi hampir sebagian orang. Hal ini tentunya disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah perbedaan pendapat. Alasan ini bisa memicu seseorang untuk mudah berselisih paham dan kemudian bertengkar dengan orang lain.

Meskipun dianggap lumrah, namun pertengkaran sejatinya tak boleh bertahan lama dan harus segera diselesaikan agar tak menimbulkan konflik di kemudian hari. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini untuk berdamai setelah bertengkar. 

1. Memilih waktu yang tepat

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!Ilustrasi orang mengobrol(Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

Jangan sembarangan memilih waktu untuk baikan dengan orang yang sedang berkonflik. Bisa saja karena waktu yang belum tepat, menyebabkan konflik kembali terjadi ataupun emosi yang mudah meluap.

Pilihlah waktu yang tepat saat keduanya sudah merasa lebih tenang dan dapat berbicara dengan kepala dingin. Hal tersebut dapat membantumu menyelesaikan permasalahan dan akhirnya berdamai.

2. Mengontrol emosi dengan baik

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!Ilustrasi wanita sedang marah (Pexels/Engin Akyurt)

Emosi yang tidak stabil juga dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit berdamai. Tak heran bila mengontrol emosi menjadi hal terpenting yang harus dijaga.

Tentunya kedua belah pihak harus mampu mengontrol emosi dengan sebaik-baiknya agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Jika salah satunya kesulitan mengontrol emosi, maka bisa menyebabkan kerusakan hubungan.

3. Tidak saling menyalahkan saat berdiskusi

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!Ilustrasi dua orang sedang saling berkonsultasi (Pexels/cottonbro)

Pada saat berdiskusi untuk berdamai dan baikan, poin terpentingnya adalah tidak saling menyalahkan satu sama lain. Cobalah untuk tetap tenang dan berbicara sesuai konteks yang ada.

Kebiasaan untuk saling menyalahkan satu sama lain tak akan memberikan jalan keluar dan solusi pada permasalahan yang ada. Diskusi pun jelas hanya akan memperparah hubungan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lain

4. Mencari orang tepercaya untuk jadi penengah

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!Ilustrasi orang sedang berdiskusi (Unsplash/Tim Gouw)

Untuk berdamai dan menyelesaikan masalah, sebaiknya cari penengah apabila dirasa masalah yang dihadapi terbilang serius. Tentu saja peran penengah sangat penting untuk menentukan keberhasilan perdamaian.

Dikhawatirkan diskusi yang terjadi justru akan membuat satu sama lain saling menyerang dan justru tersulut emosi. Oleh sebab itu, carilah orang tepercaya yang dirasa cukup bijaksana untuk menjadi penengah.

5. Membuat suatu kesepakatan

5 Tips Berdamai Setelah Bertengkar, Jangan Terlalu Lama!Ilustrasi pria sedang berbicara dengan wanita (Pexels/Yan Krukov)

Permasalahan tak akan selesai tanpa adanya suatu kesepakatan. Alasannya karena permasalahan dapat berisiko terulang kembali jika tak ada kesepakatan yang mengikat.

Bicarakan secara baik-baik tentang kesepakatan yang sebaiknya diambil. Carilah kesepakatan yang dinilai mampu memberikan solusi untuk kedua belah pihak.

 

Semua permasalahan yang terjadi tentunya dapat mencapai perdamaian apabila terdapat solusi yang tepat. Jangan biarkan masalah berlarut-larut, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Berdamai dengan Diri Sendiri atas Kesalahan di Masa Lalu

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya